Advertorial

Gubernur Kepri Serahkan Bantuan kepada Masyarakat Karimun

Kompas.com - 19/05/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan senilai total Rp 2,7 miliar kepada masyarakat Kabupaten Karimun, Kepri, Kamis (19/5/2022). Bantuan ini diserahkan di dua lokasi berbeda, yakni di Gedung Nasional Karimun dan Balai Sri Gading Kundur Karimun.

Bantuan tersebut berupa insentif untuk seluruh rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW), operasional untuk pos pelayanan terpadu (posyandu), transportasi laut untuk siswa sekolah, serta apresiasi kepada pelajar berprestasi.

Terdapat 1.082 RT dan 389 RW yang mendapat bantuan masing-masing Rp 1,2 juta dari Gubernur Ansar. Dengan demikian, total bantuan yang diberikan kepada RT dan RW di Karimun mencapai sekitar Rp 1,8 miliar.

Selanjutnya, terdapat 189 posyandu yang menerima bantuan masing-masing senilai Rp 5 juta. Total, bantuan yang diberikan Ansar untuk fasilitas masyarakat ini senilai Rp 945 juta.

Ansar mengatakan, RT dan RW merupakan lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa atau kelurahan. Lembaga ini pun memiliki peran vital dalam pembangunan desa.

“RT dan RW adalah ‘mulut’ dan ‘telinga’ pemerintah yang berfungsi sebagai penyampai kebijakan, baik dari pemerintah desa, daerah, maupun pusat. Sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat sekaligus menjadi pihak yang hadir di tengah konflik masyarakat, mereka harus tampil karena memiliki pemahaman lebih,” ujar Ansar dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Insentif tersebut juga merupakan pengganti dari bantuan sepeda motor yang dijanjikan Ansar saat kampanye pencalonan gubernur.

Mantan Bupati Bintan itu mengaku bahwa dirinya telah berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait bantuan sepeda motor tersebut. Namun, bantuan tersebut tidak dapat direalisasikan karena terkait dengan mobilisasi aset.

“Karena RT dan RW akan terus mengalami pergantian, aset sepeda motor berpotensi menjadi masalah nantinya. Namun, janji tetap kami realisasikan, meskipun dalam bentuk lain" jelasnya.

Ansar menambahkan, kehadiran posyandu juga tidak kalah penting sebagai salah satu bentuk upaya kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan oleh masyarakat.

"Sebagai lembaga kemasyarakatan yang bermitra dengan pemerintah desa dan kelurahan, keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif (terkait kesehatan) kepada masyarakat. Utamanya, terkait upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak,” sambung Ansar.

Ansar berharap, posyandu dapat mendukung dan menyukseskan agenda nasional, yakni Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 di Provinsi Kepri.

Agenda tersebut akan berlangsung selama satu bulan mulai 18 Mei hingga 18 Juni 2022 dengan target capaian sebesar 95 persen.

"Saya yakin dan percaya bahwa melalui dukungan dari posyandu, kami dapat mencapai target tersebut. Sebab, posyandu merupakan salah satu pintu layanan imunisasi anak" kata Gubernur Kepri.

Melalui pemberian bantuan tersebut, Gubernur Kepri berharap RT dan RW serta kader posyandu lebih semangat dalam bekerja sebagai perpanjangan tangan pemerintah, baik untuk pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi.

“Terutama, dalam menyampaikan setiap kegiatan atau program pembangunan kesehatan masyarakat, serta memaksimalkan upaya penurunan angka stunting di Kepri,” ujar Ansar.

Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan transportasi laut senilai Rp 489 juta kepada delapan sekolah di Buru, Kundur, Durai, dan Moro. Adapun siswa berprestasi diberikan apresiasi berupa piagam penghargaan.

"Apresiasi ini semoga dapat menjadi motivasi kepada para siswa untuk terus berkarya dan melakukan yang terbaik sebagai generasi berkualitas dalam mendukung pembangunan Provinsi Kepri," tuturnya.

Sebagai informasi, acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua TP-PKK Karimun Raja Asmah Aunur Rafiq, dan Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Tanjungpinang Wan Abdul Rahman.

Turut hadir pula jajaran Staf Khusus Gubernur Kepri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Kepri, Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, dan Pimpinan OPD Kabupaten Karimun.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com