Advertorial

Ciptakan Standar Baru Dunia Fotografi! Ini Fitur Andalan OPPO Find X5 Pro 5G

Kompas.com - 20/05/2022, 16:42 WIB

KOMPAS.com – Oppo secara resmi meluncurkan Oppo Find X5 Pro 5G di China pada Februari 2022. Smartphone penerus Oppo Find X3 Pro 5G ini dikabarkan akan segera dipasarkan di Indonesia.

Sebelum resmi diluncurkan, Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal kecanggihan kamera Oppo Find X5 Pro 5G.

Smartphone teranyar Oppo itu memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama beresolusi 50 megapiksel (MP), kamera ultra-wide 50 MP, serta kamera telefoto 13 MP.

Kamera utama dan kamera ultra-wide Oppo Find X5 Pro 5G sudah menggunakan sensor IMX766 besutan Sony. Sementara, kamera telefotonya mampu melakukan optical zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

Untuk kamera depan, Oppo Find X5 Pro 5G dibekali kamera beresolusi 32 MP dan dilengkapi sensor Sony IMX709.

Kecanggihan spesifikasi kamera Oppo Find X5 Pro 5G juga ditunjang dengan berbagai fitur, seperti 4K Ultra Night Video, Night mode photo, MariSilicon X, Hasselblad Natural Color Calibration, serta 120 hertz (Hz) Billion Colour Bionic Display.

Hasil foto Oppo Find X5 Pro 5G

Oppo Find X5 Pro 5G masih mempertahankan kualitas kamera khas smartphone flagship yang sebelumnya tersemat pada Oppo Find X3 Pro 5G.

Saat memotret dalam kondisi cukup cahaya, kamera utama Oppo Find X5 Pro 5G mampu menangkap detail obyek serta warna dengan jelas dan tajam. Hasil gambar pun mirip dengan obyek aslinya sehingga lebih nyata.

Hasil pemotretan Menara Kompas menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G. Kamera Oppo Find X5 Pro 5G mampu menampilkan warna kontras awan mendung dan cerahnya langit biru dengan apik. DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com Hasil pemotretan Menara Kompas menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G. Kamera Oppo Find X5 Pro 5G mampu menampilkan warna kontras awan mendung dan cerahnya langit biru dengan apik.

Kualitas foto tersebut bisa didapatkan berkat kehadiran fitur artificial intelligence (AI) Scene Enhancement 2.0 yang mampu mengenali 29 jenis pemandangan secara otomatis. Fitur ini juga mampu meningkatkan warna dan saturasi untuk masing-masing gambar sesuai obyek yang dipotret.

Bila ingin mengambil gambar beresolusi tinggi tanpa melakukan banyak pembesaran gambar atau zoom, pengguna bisa menggunakan mode 50 MP pada menu Photo. Mode ini hanya menyediakan dua opsi pembesaran gambar, yakni 0,6x dan 1x.

Mode 50 MP cocok untuk pengambilan gambar jarak dekat yang tak membutuhkan pembesaran gambar terlalu banyak. Terlebih, kualitas kamera utama dan kamera ultra-wide Oppo Find X5 Pro 5G sudah memadai untuk pengambilan gambar pada jarak yang dekat sekalipun.

Hasil foto anggrek menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G. DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com Hasil foto anggrek menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G.

Bila mode tersebut tak diaktifkan, Oppo Find X5 Pro 5G secara otomatis akan mengaktifkan mode Ultra-wide/Makro saat pengguna melakukan pembesaran gambar.

Kualitas kamera telefoto smartphone flagship teranyar Oppo itu pun tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, kamera ini mampu melakukan pembesaran gambar, mulai dari 0,6x sampai 20x.

Pada pembesaran hingga 4x, kualitas gambar yang dihasilkan masih terjaga dengan baik. Sementara, pada pembesaran 5x ke atas, fokus gambar menjadi agak kabur.

Dari kiri ke kanan, hasil pembesaran gambar 2x, 4x, dan 8x menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G. Hasil gambar yang diperbesar tetap detail dan saturasi warna tetap terjaga hingga pembesaran 8x. DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com Dari kiri ke kanan, hasil pembesaran gambar 2x, 4x, dan 8x menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G. Hasil gambar yang diperbesar tetap detail dan saturasi warna tetap terjaga hingga pembesaran 8x.

Hal tersebut tergolong wajar mengingat kamera telefoto memang tidak didesain untuk mengambil gambar sampai skala mikroskopis layaknya kamera makro.

Untuk pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya atau malam hari, suksesor Oppo Find X3 Pro 5G tersebut mampu memotret gambar dengan jelas dan kualitas warnanya pun tetap terjaga.

Kemampuan tersebut bisa didapat berkat sensor IMX766 dari Sony dan fitur Hasselblad Natural Color Calibration yang mengandalkan sensor warna 13-channel baru. Fitur dari Hasselblad itu mampu menghasilkan warna yang lebih natural dan akurat pada gambar.

Apabila pengambilan gambar saat minim cahaya menggunakan mode biasa dirasa kurang memuaskan, mode Night bisa dipakai sebagai opsi. Mode ini membuat kecerahan warna pada foto menjadi lebih merata dan natural berkat teknologi AI.

Selain itu, mode Night mampu mampu mengambil gambar dengan detail dan dynamic range yang bagus pada kondisi minim cahaya. Pasalnya, kamera ultra-wide Oppo dapat memuat foto landscape yang luas pada malam hari. Gambar yang dihasilkan tetap tajam saat diperbesar beberapa kali.

Selain itu, pada mode Night juga tersedia fitur Tripod Mode yang berguna untuk menstabilkan kamera layaknya menggunakan tripod. Fitur ini cukup penting supaya foto yang dihasilkan tidak blur. 

Fitur night mode yang sangat luar biasa dapat menangkap objek di malam hari dengan sempurna.

Oppo Find X5 Pro 5G mampu memotret foto dengan baik dalam kondisi minim cahaya. Sebagai perbandingan, foto di sebelah kiri menggunakan mode Night, sedangkan foto di sebelah kanan dalam mode Photo. Pencahayaan pada foto di sebelah kiri tampak lebih merata ketimbang foto di sebelah kanan. DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com Oppo Find X5 Pro 5G mampu memotret foto dengan baik dalam kondisi minim cahaya. Sebagai perbandingan, foto di sebelah kiri menggunakan mode Night, sedangkan foto di sebelah kanan dalam mode Photo. Pencahayaan pada foto di sebelah kiri tampak lebih merata ketimbang foto di sebelah kanan.

Tak lupa, Oppo juga menyediakan mode Portrait bila ingin mengambil foto dengan efek bokeh. Pada mode ini, pengguna bisa mengatur fokus serta tingkatan blur yang diinginkan pada foto bokeh

Oppo juga membekali Find X5 Pro 5G dengan fitur high dynamic range (HDR). Fitur ini berguna untuk menyeimbangkan warna serta kontras gambar antara subyek foto dan latar. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan lebih dinamis dan berwarna.

Hasil foto kamera depan

Lalu, bagaimana hasil foto untuk kamera depan? Saat diuji, kamera depan Oppo Find X5 Pro 5G yang beresolusi 32 MP mampu menangkap detail dan saturasi wajah dengan jelas. Pengguna dapat mengaktifkan berbagai mode saat memakai kamera depan, seperti Photo, Video, Portrait, serta Night.

Untuk mode Photo, kamera depannya sudah dibekali dengan fitur HDR, flashaspect ratiotimer, serta pengaturan lanjutan. Fitur HDR direkomendasikan untuk diaktifkan saat foto selfie, terlebih saat cahaya pada latar terlalu terang.

Perbandingan hasil foto selfie dengan fitur HDR (kiri) dan tanpa HDR. Terlihat fitur HDR mampu menampilkan foto subyek dengan latar Menara Kompas dalam kondisi cahaya berlebih. Sementara, tanpa fitur HDR, foto hanya fokus pada subyek dan latar tampak kabur. DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com Perbandingan hasil foto selfie dengan fitur HDR (kiri) dan tanpa HDR. Terlihat fitur HDR mampu menampilkan foto subyek dengan latar Menara Kompas dalam kondisi cahaya berlebih. Sementara, tanpa fitur HDR, foto hanya fokus pada subyek dan latar tampak kabur.

Pasalnya, fitur itu dapat mengurangi kontras cahaya berlebih sehingga saat kamera fokus pada subyek foto, latar foto tetap terlihat.

Oppo juga menyertakan filter yang dapat memberikan efek pada foto bila hasil jepretan kurang memuaskan. Filter tersebut terdiri dari berbagai efek, seperti Radiance, Serenity, Emerald, Natural, Sweet, Delight, Crystal, Misty, Warm, Candy, Black and White, Moonrise, dan Country.

Selain filter, Oppo juga menyematkan fitur Retouch yang dapat mempercantik hasil foto. Fitur ini bekerja dengan cara menghapus bercak pada wajah serta menyesuaikan ukuran mata, hidung, serta dagu sesuai proporsi foto. Pengguna bisa mengatur sendiri fitur Retouch sesuai keinginan untuk mendapatkan gambar yang lebih alami.

Kamera Oppo Find X5 Pro 5G mampu menangkap detail pada wajah. Oleh karena itu, Oppo menyediakan fitur Retouch untuk memperhalus dan menyamarkan noda wajah. Foto yang menggunakan fitur Rerouch (kanan) tampak lebih halus karena mampu menyamarkan bercak pada wajah. Hal ini berbeda dengan foto sebelah kiri yang masih menunjukkan bercak wajah DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com Kamera Oppo Find X5 Pro 5G mampu menangkap detail pada wajah. Oleh karena itu, Oppo menyediakan fitur Retouch untuk memperhalus dan menyamarkan noda wajah. Foto yang menggunakan fitur Rerouch (kanan) tampak lebih halus karena mampu menyamarkan bercak pada wajah. Hal ini berbeda dengan foto sebelah kiri yang masih menunjukkan bercak wajah

Selain fotografi, Oppo Find X5 Pro 5G juga andal untuk kegiatan videografi. Pasalnya, smartphone flagship teranyar Oppo ini telah dibekali prosesor gambar MariSilicon X Imagining NPU.

Prosesor tersebut diklaim mampu mengurangi noise pada gambar yang diambil. Sebagai contoh, pengguna dapat merekam video dengan fitur 4K Ultra Night Video. Melalui fitur ini, warna pada video menjadi lebih baik serta noise dapat dikurangi ketimbang memakai pengaturan video malam biasa.

Oppo Find X5 Pro 5G menyediakan perekaman gambar untuk resolusi 720p, 1080p, serta 4K. Selain itu, perekaman video juga tersedia dalam dua opsi tingkat bingkai, yakni 30 frame per second (FPS) dan 60 fPS.

Perekaman videonya juga telah dibekali fitur AI Highlight Video dan Ultra Steady Pro. AI Highlight Video merupakan fitur buatan Oppo menggunakan AI untuk mendeteksi kondisi cahaya di lapangan secara otomatis.

AI Highlight Video bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma otomatis, yaitu Adaptive Brightness Adjustment untuk auto exposure, Adaptive Dynamic Range untuk memperluas rentang dynamic range, dan Adaptive Noise Reduction untuk meredam noise.

Saat kondisi cahaya minim, fitur itu akan mengoptimalkan kualitas video malam hari agar terlihat cerah, tajam, dan alami. Sebaliknya, saat kondisi cahaya terlalu terang pada siang hari, AI Highlight Video akan menyesuaikannya cahaya layaknya fitur HDR. Dengan demikian, video yang dihasilkan menjadi lebih seimbang antara subyek dan latar.

Sementara itu, fitur Ultra Steady Video Pro memungkinkan pengambilan video dengan kamera belakang Ultra Wide-Angle. Fitur ini membantu pengguna untuk melakukan perekaman video yang stabil dari berbagai aktivitas berintensitas tinggi. Sebagai contoh, saat subyek sedang berlari, bermain sepatu roda, skateboard, dan bersepeda.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G dibekali chipset System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Chipset itu dipadukan dengan random access memory (RAM) 12 gigabita (GB) dan penyimpanan internal (ROM) 256 GB.

Oppo Find X5 Pro 5G menggunakan baterai berkapasitas 5.000 miliampere per hour (mAh) dan dukungan fitur pengisian daya cepat (fast charging) SuperVOOC 80 watt (w). Oppo Find X5 Pro 5G juga dilengkapi dengan pengisian tanpa kabel AirVOOC hingga 50 watt (w).

Dari segi desain, penerus smartphone flagship Oppo Find X3 Pro 5G tersebut masih mempertahankan desain mewah dan elegan. Oppo Find X5 Pro 5G memiliki ketebalan 8,5 milimeter (mm) dan bobot 218 gram.

Smartphone tersebut sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12.1. Adapun beragam fitur yang dimiliki smartphone ini meliputi fingerprint di bawah layar (in-screen fingerprint), dukungan 5G, Bluetooth 5.2, NFC, WiFi 6, serta USB Type-C.

Tak lupa, Oppo juga membekali Find X5 Pro 5G dengan sertifikasi anti-air dan debu dengan rating IP68. Hal itu membuat smartphone ini mampu bertahan pada kedalaman air 1,5 meter dalam kurun waktu hingga 30 menit.

Tidak perlu menunggu lama karena Oppo Find X5 Pro 5G akan hadir di Indonesia pada 2 Juni 2022!

Saar ini, OPPO Find X5 Pro 5G sudah bisa dipesan di Indonesia melalui mekanisme Blind Pre Order yang bisa dilakukan di OPPO Gallery, Erafone, dan toko-toko smartphone yang menjual OPPO mulai 14 Mei hingga 1 Juni 2022. Untuk pemesanan melalui Blind Pre Order, dapatkan penawaran ekslusif yaitu proteksi selama 1 tahun, OPPO Care+ dan OPPO Enco X senilai Rp.3.498.000.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan fitur Oppo Find X5 Pro 5G, kamu bisa klik tautan ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.