Advertorial

Biar Tidak Salah Beli, Ini 4 Tips Membeli AC Sesuai Kebutuhan

Kompas.com - 24/05/2022, 21:20 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, air conditioner (AC) sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat modern. Hampir setiap kantor atau rumah di perkotaan memiliki AC di dalam ruangan.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat AC memiliki berbagai fungsi, seperti meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, mengurangi alergi dan asma, serta mengatasi sulit tidur.

Meski demikian, banyak orang bingung untuk menentukan pilihan AC yang tepat, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali membelinya. Merek dan varian AC yang beragam di pasaran terkadang membuat pembeli ragu untuk menentukan AC pilihan.

Supaya tidak bingung, simak 4 tips memilih AC berikut.

  1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Sebelum membeli AC, konsumen harus mengetahui besaran paardekracht (PK). PK sendiri berasal dari bahasa Jerman yang memiliki arti tenaga kuda dan kerap digunakan pada daya motor atau mobil. Namun, dalam konteks AC, PK dimaksudkan sebagai besaran tenaga yang bisa dihasilkan dari pendingin ruangan.

Untuk menentukan besaran PK, konsumen perlu mengetahui luas ruangan yang akan menjadi lokasi peletakan AC. Hal ini dilakukan agar suhu dingin menyebar ke ruangan secara merata. Selain PK, kapasitas pendinginan juga diukur dalam satuan British Thermal Units (BTU).

BTU merupakan satuan alternatif yang dapat digunakan untuk menentukan pilihan AC sesuai dengan luas ruangan.

Berikut acuan menentukan besaran PK AC:

  • AC 1/2 PK= 5.000 BTU (ukuran ruangan 10 meter persegi)
  • 3/4 PK= 7.000 BTU (ukuran 14 meter persegi)
  • 1 PK= 9.000 BTU (ukuran 18 meter persegi)
  • 1 1/2 PK= 12.000 BTU (ukuran 24 meter persegi)
  • 2 PK= 18.000 BTU (ukuran ruangan 36 meter persegi).
  1. Pilih jenis AC sesuai kebutuhan

Sebagai konsumen, Anda perlu mengenali berbagai jenis AC yang ada di pasaran. Untuk kebutuhan rumah, pendingin ruangan yang banyak digunakan berjenis AC split. Selanjutnya, untuk kebutuhan kantor, AC split dan AC cassette yang dipasang di langit-langit dapat menjadi pilihan.

Sementara itu, AC central yang memiliki kompresor berkekuatan besar dapat digunakan untuk rumah berukuran besar, hotel, serta pusat perbelanjaan.

Jika membutuhkan pendingin ruangan untuk keperluan mobilitas, Anda bisa mempertimbangkan AC standing.

  1. Pilih tipe AC yang dibutuhkan

Saat ini, terdapat dua tipe AC yang beredar di pasaran, yakni AC standar dan inverter. Umumnya, AC standar memiliki daya yang rendah.

Sementara itu, AC inverter bekerja keras saat baru dinyalakan. Selanjutnya, AC ini dapat menurunkan kinerjanya ketika suhu ruangan sudah dingin.

Bila Anda menggunakan AC lebih dari enam jam setiap hari, AC inverter layak jadi pilihan.

  1. Pertimbangkan AC dengan daya listrik kecil

Perkembangan teknologi memungkinkan AC dapat menyala dengan daya listrik kecil. Selain hemat listrik, AC berdaya listrik kecil memiliki kemampuan yang sama baiknya dalam mendinginkan ruangan dengan AC lainnya.

Bahkan, beberapa AC bisa mati saat suhu ruangan telah dingin. Selanjutnya, AC akan Kembali menyala saat suhu ruangan mulai panas. Hal ini dapat menghemat pengeluaran karena AC tidak beroperasi sepanjang waktu.

Itulah cara memilih AC sesuai kebutuhan yang bisa Anda coba. Sekarang, Anda tidak perlu repot mencari AC idaman karena bisa dibeli secara online lewat Tokopedia. Platform e-commerce ini menyediakan berbagai jenis AC dari berbagai ukuran, mulai dari AC 1/2 PK hingga 2 PK. Anda juga dapat mencari AC 1 PK di Tokopedia dari berbagai merk.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan AC idamanmu di Tokopedia dan nikmati promonya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.