Advertorial

Taspen Group Siap Tingkatkan Kesejahteraan ASN di Lingkungan Pemkot Surakarta

Kompas.com - 26/05/2022, 21:20 WIB

KOMPAS.com -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri atau Taspen (Persero) siap membantu meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Hal ini sejalan dengan komitmen Taspen Group untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepesertaan program Taspen bagi ASN.

Direktur Utama Taspen A N S Kosasih dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menandatangani perjanjian kerja sama untuk menegaskan komitmen tersebut, Rabu (25/5/2022).

Penandatanganan dilakukan di rumah milik almarhum Sabar Djiwo Martono, seorang ASN anggota program Taspen yang merupakan pensiunan kepala sekolah SD Negeri 2 Sawahan, Boyolali, Jawa Tengah.

Sebagai informasi, kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama turut dihadiri Direktur Operasional Taspen Ariyandi, Komisaris Bank Mandiri Taspen Zudan Arif Fakrulloh, Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber P Sinaga, dan Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama.

Beberapa layanan bagi ASN Pemkot Surakarta yang tercantum dalam perjanjian kerja sama adalah Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

Selain itu, Taspen Group akan mengoptimalkan pemanfaatan inovasi aplikasi pengelolaan gaji atau SIMGAJI untuk ASN Pemkot Surakarta dan bersinergi dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial (TJSL) di wilayah Kota Surakarta.

Kosasih mengatakan, Taspen sebagai perusahaan pengelola jaminan sosial memiliki komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan memberi kemudahan bagi seluruh ASN di seluruh Indonesia.

Taspen Group turut melakukan kegiatan tanggung jawab sosial berupa bantuan renovasi rumah bagi keluarga almarhum pensiunan ASN Sabar Djiwo Martono. DOK. Taspen Taspen Group turut melakukan kegiatan tanggung jawab sosial berupa bantuan renovasi rumah bagi keluarga almarhum pensiunan ASN Sabar Djiwo Martono.

“Penandatanganan kerja sama dengan Pemkot Surakarta ini merupakan wujud aktif dalam meningkatkan kesejahteraan ASN dan pensiunan ASN di Surakarta melalui beragam produk dan layanan andal dari Taspen Group,” ujar Kosasih, menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/5/2022).

Ke depan, Kosasih mengatakan, Taspen senantiasa berupaya untuk adaptif terhadap perkembangan teknologi. Dengan demikian, Taspen dapat menciptakan produk dan layanan terbaik kepada seluruh peserta.

“Kami berharap seluruh inovasi produk dan layanan dari TASPEN Group dapat bermanfaat bagi warga Kota Surakarta, khususnya para ASN aktif maupun pensiunan,” kata Kosasih.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama, komitmen Taspen dalam meningkatkan kesejahteraan ASN di Surakarta juga ditunjukkan lewat serangkaian kegiatan.

Adapun kegiatan tersebut antara lain, penyerahan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) serta kegiatan TJSL berupa bantuan renovasi rumah kepada istri almarhum Sabar Djiwo Martono.

Apresiasi atas upaya dan komitmen Taspen untuk ASN Pemkot Surakarta disampaikan oleh Gibran. Ia mengatakan, dengan perjanjian kerja sama tersebut ASN dan pensiunan ASN, pejabat negara, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkungan Pemkot Surakarta memperoleh perlindungan dan kesejahteraan.

“Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Surakarta, khususnya ASN aktif dan pensiunan Pemkot Surakarta,” tambah Gibran.

Untuk dapat meningkatkan kualitas layanan, lanjut Kosasih, Taspen Group juga melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan perusahaan.

Komitmen Taspen diharapkan dapat meningkatkan perlindungan sosial dan kesejahteraan bagi ASN, pensiunan ASN, pejabat negara, dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkungan Pemkot Surakarta. DOK. Taspen Komitmen Taspen diharapkan dapat meningkatkan perlindungan sosial dan kesejahteraan bagi ASN, pensiunan ASN, pejabat negara, dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkungan Pemkot Surakarta.

Hal itu diwujudkan dengan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (PP APHTN-HAN) pada Jumat (20/5/2022).

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan kapabilitas SDM terkait hukum jaminan sosial Indonesia.

“Taspen senantiasa aktif mencari peluang untuk bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan layanan dan kesejahteraan para ASN di Indonesia. Kami berharap dapat melakukan sinergi dengan pemerintah kota atau daerah lainnya untuk memastikan layanan optimal diberikan kepada para ASN dan pensiunan ASN secara merata,” ujarnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.