Advertorial

Agar Usaha Makin Cuan, Terapkan 4 Strategi Customer Centric dari OY! Indonesia Berikut

Kompas.com - 27/05/2022, 10:40 WIB

KOMPAS.com – Kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan penting yang harus dicapai dalam bisnis, baik berskala besar maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pasalnya, jika merasa puas dengan produk dan layanan, konsumen akan kembali membeli dan loyal kepada brand bersangkutan. Bahkan, konsumen tersebut bisa saja membagikan pengalamannya memakai produk atau layanan melalui media sosial atau secara langsung kepada teman dan kerabat.

Agar bisa mendapatkan hal tersebut, pemilik usaha perlu menerapkan strategi bisnis yang memprioritaskan konsumen (customer centric).

Strategi customer centric tidak sekadar menjadikan pelanggan sebagai prioritas. Lebih dari itu, saat menjalankan strategi tersebut, pemilik usaha juga harus memahami keinginan, kebutuhan, serta preferensi pelanggan.

Untuk memudahkan pelaku bisnis menerapkan pendekatan tersebut, perusahaan teknologi finansial (tekfin) yang sudah berpartner dengan beragam bisnis berskala besar dan UMKM, OY! Indonesia, menawarkan empat strategi customer centric. Apa saja? Simak ulasan berikut.

  1. Pertahankan konsumen yang sudah ada

Guna meningkatkan bisnis, pemilik usaha biasanya terpaku pada strategi untuk mendapatkan konsumen baru. Meski cara itu merupakan keharusan, merawat dan konsumen yang sudah ada juga tak kalah penting.

Selain lebih hemat biaya ketimbang mendapatkan konsumen baru, pemilik usaha akan mendapatkan keuntungan lain ketika berhasil mempertahankan konsumen.

Saat konsumen sudah setia dan loyal, potensi mereka merekomendasikan produk kepada teman atau kerabat semakin besar. Apalagi, saat ini, konsumen cenderung memilih produk setelah mendapatkan rekomendasi dari orang terdekat ketimbang iklan.

Itu berarti, pemilik usaha juga bisa mendapatkan konsumen baru dengan cara mempertahankan konsumen yang sudah ada.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu fokus pada konsumen setia dan pastikan mereka puas dengan produk serta layanan Anda.

  1. Kumpulkan feedback dari konsumen

Sebagai pemilik usaha, Anda perlu mengumpulkan feedback atau masukan konsumen terkait produk atau layanan. Masukan ini akan membantu Anda dalam menciptakan atau menyempurnakan produk atau layanan sesuai kebutuhan konsumen.

Untuk mendapatkan masukan konsumen, Anda bisa melakukan survei kepuasan pelanggan melalui platform survei online. Adapun jenis survei yang bisa dilakukan pelaku UMKM adalah customer effort score (CES), customer satisfaction score, milestone survey, dan net promoter score ( NPS).

  1. Buat brand mudah diakses di berbagai platform

Dalam menerapkan strategi customer centric, pemilik usaha perlu menyediakan akses komunikasi yang mudah kepada konsumen. Dengan demikian, konsumen tidak akan kesulitan bila ingin menanyakan seputar produk, memberi masukan, atau mengajukan komplain.

Saat ini, Anda dapat menyediakan berbagai kanal komunikasi yang dapat dijangkau konsumen, seperti media sosial, layanan customer service melalui telepon, serta chat WhatsApp.

Anda juga bisa membuat situs web yang memuat produk sekaligus informasi seputar brand. Melalui situs webAnda bisa pula menyediakan halaman frequently asked questions (FAQ), serta kolom “hubungi kami” untuk memudahkan konsumen memahami produk Anda.

  1. Sediakan ragam pilihan metode pembayaran

Dahulu, metode pembayaran bukanlah hal utama yang perlu diperhatikan pemilik bisnis. Kini, berkat perkembangan teknologi digital, pemilik bisnis wajib menyediakan ragam pilihan metode pembayaran yang memudahkan konsumen bertransaksi.

Dengan demikian, konsumen bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi mereka. Ragam pilihan ini juga bisa mempercepat keputusan konsumen dalam membeli produk.

Adapun metode pembayaran yang banyak digunakan konsumen saat berbelanja adalah dompet elektronik (e-wallet), kartu kredit atau debit, virtual account, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), serta pembayaran via WhatsApp dalam sekali klik.

Guna menyediakan pilihan metode pembayaran tersebut, Anda bisa menggunakan layanan finansial OY! Bisnis dari OY! Indonesia.

OY! Bisnis sendiri menawarkan sistem pembayaran mudah dan efisien yang akan membantu memperluas operasi bisnis, meraih pasar potensial yang lebih luas, serta mempercepat pertumbuhan bisnis.

Adapun salah satu produk unggulan dari OY! Bisnis untuk pemilik usaha adalah OY! Payment Link. Produk ini menawarkan link pembayaran yang terintegrasi dengan dompet digital, virtual account, QRIS, dan kartu debit/kredit.

Melalui OY! Payment Link, pemilik usaha dapat membuat tautan pembayaran dari dasbor. Tautan ini dibuat satu kali untuk pemakaian seumur hidup. Selanjutnya, pemilik usaha bisa mengirim link tersebut kepada konsumen melalui berbagai aplikasi, seperti WhatsApp, direct message di social media, serta aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi.

Menariknya, OY! Payment Link tidak memerlukan integrasi sistem dalam menyediakan kemudahan beragam metode pembayaran kepada konsumen.

Adapun OY! Payment Link memiliki berbagai keunggulan, seperti pencatatan notifikasi transaksi dan pencairan dana yang dapat dilakukan secara real-time. Hal ini membuat pemilik usaha dapat memantau semua aktivitas transaksi di dasbor secara otomatis dan dapat dilihat secara langsung.

Selain itu, pemilik usaha juga tidak perlu menunggu waktu lama untuk pencairan dana karena OY! Bisnis menyediakan opsi real-time settlement. Dengan demikian, aktivitas cashflow pengguna tetap terjaga.

Sebagai informasi, OY! Indonesia tengah mengadakan program #WujudkanBersama OY! Bisnis yang menawarkan berbagai benefit bagi pengguna baru.

Program #WujudkanBersama OY! Bisnis dari OY! Indonesia. DOK. OY! Indonesia Program #WujudkanBersama OY! Bisnis dari OY! Indonesia.

Pendaftaran program itu berlangsung sejak 17 Mei 2022 sampai 17 Juni 2022. Selanjutnya, periode transaksi pada 17 Mei 2022 hingga 10 Juli 2022 dan pengumuman pemenang pada awal Minggu Agustus 2022.

Pengguna baru dapat memasukkan kode referral "WUJUDKANBERSAMA" selama periode pendaftaran agar memenuhi syarat untuk giveaway. Adapun syarat program ini adalah pengguna melakukan transaksi minimal tiga kali. Selanjutnya, pengguna dapat mengumpulkan transaksi sebanyak mungkin untuk memenangkan hadiah.

Selain itu, pengguna juga diwajibkan mengunggah gambar kegiatan usaha beserta impian yang ingin diwujudkan terkait bisnis tersebut di akun Instagram dan TikTok.

Untuk Instagram, saat mengunggah gambar, pengguna wajib menulis caption berupa cerita mengenai mimpi bisnis tersebut, menulis username OY! Bisnis peserta, menandai akun Instagram @oyindonesia, serta menggunakan tagar #WUJUDKANBERSAMA.

Sementara untuk TikTok, pengguna wajib mengunggah video yang menceritakan tentang bisnis yang sedang dijalani dan mimpi apa yang ingin dikabulkan oleh tim OY! Indonesia.

Kemudian, sertakan username OY! Bisnis peserta, tandai akun TikTok @oyindonesia, serta tagar #WUJUDKANBERSAMA di kolom deskripsi TikTok.

OY! Indonesia menyediakan total hadiah senilai Rp 100 juta untuk satu pemenang. Hadiah ini berupa perlengkapan, sewa toko, serta kebutuhan lain untuk menunjang aktivitas usaha pemenang.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lengkapi produk dan jasa usaha Anda dengan platform pembayaran terintegrasi OY! Bisnis dari OY! Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman https://bit.ly/OYWUJUDKANBERSAMA5.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.