Advertorial

Bisnis Paket Data Ternyata Menguntungkan, Begini Cara Memulai agar Laris Manis

Kompas.com - 30/05/2022, 15:06 WIB

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 merebak di Tanah Air pada awal 2020, salah satu tren positif di masyarakat adalah kemunculan wirausaha dadakan. Berbagai bidang yang dinilai potensial untuk meraup cuan pun ditekuni. 

Salah satunya adalah berjualan paket data. Selain mudah, bisnis paket data terbilang menguntungkan. Pasalnya, paket data internet kini menjadi salah satu kebutuhan pokok di era digital.

Apalagi, sebagian besar orang masih bekerja dari rumah atau work from home. Bisnis paket data bisa menjadi salah satu ceruk bisnis tepat untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Lantas, bagaimana cara menjadi agen paket data? Berikut Kompas.com rangkumkan langkah-langkahnya.

  1. Miliki perangkat pendukung

Untuk mulai berjualan paket data, langkah pertama yang perlu disiapkan adalah memiliki perangkat pendukung, seperti smartphone dan laptop.

Agar proses jualan lebih optimal, sebaiknya gunakan smartphone khusus untuk melayani konsumen. Tujuannya, agar tak bercampur dengan saluran komunikasi pribadi.

Pastikan smartphone tersebut terhubung dengan internet untuk menjalankan aplikasi jual beli paket data secara mudah dan cepat. 

Sementara itu, kamu bisa menggunakan laptop untuk melakukan pencatatan berbagai transaksi atau menyusun pembukuan sederhana. Dengan begitu, catatan keuangan penjualan dapat dipantau.

  1. Siapkan modal awal

Apa pun bentuk usaha yang dirintis, modal adalah syarat utama yang wajib dimiliki. Demikian pula bagi seseorang yang berencana menekuni bisnis agen paket data.

Berbeda dengan bisnis pada umumnya, usaha agen paket data dapat dimulai dengan modal kecil, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Oleh karena itu, bisnis paket data murah cocok dijalankan oleh kalangan mahasiswa, karyawan, atau ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan tambahan.

Apabila bisnis paket data semakin berkembang dan pelanggan bertambah, kamu bisa menambah modal dengan nominal lebih besar agar makin cuan.

  1. Siapkan tempat jualan pulsa

Agar makin dikenal dan diketahui calon konsumen, langkah berikutnya adalah menyiapkan tempat khusus sebagai gerai atau konter pulsa. Meski begitu, hal ini bersifat opsional.

Tempat yang digunakan sebagai gerai tak harus besar. Halaman rumah berukuran 2 x 3 meter pun bisa kamu maksimalkan untuk berjualan. Untuk menarik minat calon pelanggan, kamu dapat melengkapinya dengan banner berlogo brand bisnismu. Dengan begitu, konsumen mudah mengingatnya bila butuh paket data.

  1. Bergabung menjadi mitra bisnis paket data

Langkah selanjutnya adalah bergabung menjadi mitra bisnis paket data. Kamu bisa menemukan beragam platform layanan-layanan jasa paket data di marketplace atau e-commerce.

Agar tak salah pilih, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu platform paket data dengan pelayanan baik dan tepercaya. Selain itu, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kelengkapan produk, keterjangkauan harga, tingkat responsif dalam memberikan layanan, dan kecepatan transaksi.

Salah satu platform yang bisa kamu pilih untuk mulai berbisnis sebagai distributor paket internet murah adalah Tokopedia. Kamu bisa berjualan pulsa dengan menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia.

Aplikasi Mitra Tokopedia merupakan solusi menarik bagi kamu yang ingin berbisnis pulsa modern, terutama para reseller yang ingin menjual pulsa secara mudah dengan harga beli yang rendah.

Dengan menjadi mitra Tokopedia, pilihan produk yang dapat diperjualbelikan lebih variatif karena tersedia beragam produk yang dapat kamu manfaatkan.

Nah, itulah empat tips untuk memulai bisnis menjadi agen paket data. Mudah bukan?

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.