Advertorial

Dinilai Lebih Mudah dan Aman, Investasi Digital Jadi Pilihan Generasi Muda

Kompas.com - 30/05/2022, 15:10 WIB

KOMPAS.com – Tidak dimungkiri bahwa selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, tren investasi justru mengalami kenaikan.

Para generasi muda, seperti generasi milenial dan gen Z, menjadi investor pemula yang meramaikan dunia investasi. Pasalnya, kebanyakan dari generasi tersebut mulai sadar akan pentingnya mempersiapkan dana untuk masa depan.

Adapun instrumen investasi yang kerap dipilih generasi muda adalah saham dan reksa dana. Selain itu, investasi emas juga menjadi favorit milenial.

Berinvestasi saat ini pun menjadi lebih mudah karena telah tersedia di berbagai platform digital. Dalam berinvestasi saham, misalnya, calon investor dapat membuka rekening saham dan melakukan jual beli saham lewat aplikasi yang disediakan oleh perusahaan sekuritas. Hal yang sama juga berlaku pada instrumen investasi reksa dana dan emas.

Keuntungan lain dalam investasi digital adalah investor dapat menyesuaikan instrumen yang dipilih dengan tujuan investasi. Pada produk reksa dana, misalnya. Investor dapat membeli produk reksa dana pasar uang untuk investasi jangka pendek. Sementara, untuk target jangka panjang, investor dapat memilih reksa dana saham.

Selain itu, investasi digital juga tidak membutuhkan modal yang besar. Contohnya, untuk investasi emas investor dapat membelinya dalam nimonal rendah, mulai dari Rp 5.000. Setelah itu, investor dapat mengatur sendiri bujet yang akan dialokasikan untuk membeli emas.

Meski demikian, investasi secara digital juga memiliki risiko. Salah satunya, investasi bodong yang kasusnya sempat heboh belakangan ini.

Oleh karena itu, calon investor harus pintar dalam menentukan perusahaan sekuritas pilihan. Lebih baik, investor memilih platform investasi yang tepercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu platform yang bisa dipilih adalah Tokopedia. Selain sebagai e-commerce, Tokopedia memiliki fitur Tokopedia Emas. Fitur ini memungkinan masyarakat menjadi investor dan menabung emas secara digital dengan mudah.

Fitur tersebut pun telah terdaftar serta diawasi oleh OJK dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Dengan demikian, Anda dapat dengan aman berinvestasi emas di Tokopedia.

Tokopedia menggandeng dua partner penyedia tabungan emas bagi investor, yaitu Pegadaian dan Pluang. Keduanya memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri.

Sebelum membeli emas, investor juga dapat mengetahui harga emas hari ini melalui aplikasi Tokopedia. Selain itu, terdapat juga grafik harga emas hari ini. Fitur ini dapat membantu investor baru menentukan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas.

Dengan menabung emas di Tokopedia Emas, investor muda juga dapat melakukan transaksi di mana dan kapan saja, meskipun di hari libur.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.