Advertorial

Permudah Layanan bagi Peserta, Taspen Tanda Tangani Kerja Sama dengan Himbara dan Tapera

Kompas.com - 31/05/2022, 16:56 WIB

KOMPAS.com – Sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan kualitas layanan bagi peserta, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) di Auditorium Kantor Pusat Taspen, Jakarta Pusat, Selasa (31/5/2022).

Adapun bank Himbara yang ikut bekerja sama adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Sementara, dari pihak Tapera, ada PT Gemilang Hartadinata Abadi. Kerja sama ini diharapkan dapat memudahkan peserta Taspen dalam mendapat layanan yang optimal, mudah, dan lancar.

Penandatanganan PKS dihadiri oleh Direktur Utama PT Taspen ANS Kosasih, Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, Komisioner BP Tapera Adi Setianto, dan Direktur Utama PT Gemilang Hartadinata Abadi Cuncun Muliawan.

“Sebuah kehormatan bagi Taspen dapat bekerja sama dengan mitra layanan yang sudah terbukti unggul dalam melayani nasabah di dunia perbankan,” ujar Kosasih dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Ia melanjutkan, kerja sama tersebut merupakan upaya Taspen untuk meningkatkan kualitas layanan yang prima kepada peserta dalam hal pembayaran Tabungan Hari Tua (THT), program Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) melalui rekening bank.

Lewat kerja sama itu pula, Kosasih menambahkan, Taspen akan memperluas bisnis dan layanan yang sudah terjalin dengan BP Tapera. Hal ini akan meningkatkan kualitas layanan untuk peserta Taspen.

Selain itu, Kosasih mengatakan bahwa pihaknya juga bersinergi dengan PT Gemilang Hartadinata Abadi dalam lingkup tabungan sejahtera kepemilikan emas. Hal ini dapat memberikan imbal hasil yang menguntungkan di masa depan.

“Ke depan, kami akan terus berupaya meningkatkan kemudahan layanan untuk para peserta melalui beragam program yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini,” ujarnya.

Penandatanganan PKS Taspen dengan Himbara dan Tapera di Auditorium Kantor Pusat Taspen, Jakarta Pusat, Selasa (31/5/2022)Dok. Taspen Penandatanganan PKS Taspen dengan Himbara dan Tapera di Auditorium Kantor Pusat Taspen, Jakarta Pusat, Selasa (31/5/2022)

Melalui kerja sama tersebut, para pensiunan dapat melakukan enrollment, autentikasi, pengembalian Surat Pengesahan Tanda Bukti Diri (SPTB), serta permintaan informasi melalui Bank BRI dan Bank BNI.

Tak hanya itu, peserta juga bisa mengakses layanan Tapera di seluruh jaringan kantor cabang Taspen. Untuk diketahui, Tapera memberikan perluasan fasilitas pembiayaan kredit pembelian rumah (KPR), kredit pembangunan rumah (KBR), dan kredit renovasi rumah (KRR) bagi peserta yang akan pensiun dalam waktu dekat.

Dengan demikian, para peserta akan lebih mudah mendapatkan akses layanan dari mitra layanan dan Tapera yang tersebar di seluruh Indonesia.

Peserta aktif dan pensiunan yang dikelola oleh Taspen pun dapat mengikuti program Taspen Emas. Salah satu keuntungan dari program kepemilikan logam mulia ini adalah pembayaran yang dapat dicicil. Hal ini akan mempermudah para peserta aktif dan pensiunan untuk mulai berinvestasi pada emas yang lebih fleksibel dan dapat dijual setiap saat dengan nilai investasi yang baik.

Pada kesempatan sama, Sunarso mengapresiasi Taspen atas komitmen kerja sama tersebut.

“BRI turut berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik untuk menyalurkan semua hak dan juga mempermudah akses layanan Taspen kepada para peserta,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebagai mitra Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jaminan sosial bagi aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat negara, Taspen telah bekerja sama dengan sejumlah bank, seperti Bank Mandiri Taspen, Bank Bukopin, dan Bank Woori Saudara.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com