Advertorial

Universitas Jember Gelar Semarak Bulan Pancasila

Kompas.com - 01/06/2022, 10:58 WIB

KOMPAS.com - Menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Rabu (1/6/2022), Universitas Jember (UNEJ) menggelar rangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila. Kegiatan diselenggarakan selama Juni 2022.

Adapun rangkaian acara diisi berbagai aktivitas mulai dari kegiatan akademis, seperti deklarasi meneguhkan UNEJ sebagai kampus Pancasila, peluncuran taman edukasi kebangsaan, seminar nasional, kuliah kebangsaan, anugerah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) terbaik, anugerah kepala desa Pancasila, hingga cerdas cermat Pancasila untuk siswa tingkat sekolah menengah Atas (SMA) sederajat.

Ada pula kegiatan bernuansa seni budaya dengan agenda lomba paduan suara, lomba twibbon dan lomba TikTok bertema Pancasila, dan malam puncak anugerah prestasi yang menampilkan berbagai seni budaya, salah satunya reog.

“Sebagai perguruan tinggi yang menyatakan diri sebagai Kampus Kebangsaan yang religius, UNEJ berkomitmen untuk turut serta dalam mengembangkan dan membumikan nilai-nilai Pancasila,” ujar Rektor UNEJ Iwan Taruna dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/6/2022).

Iwan menjelaskan bahwa UNEJ sudah melakukan beragam cara untuk itu. Di antaranya memasukkan mata kuliah Pancasila dalam kurikulum perkuliahan, kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Kemenko PMK) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Kerja sama kami adalah melalui berbagai aktivitas akademik, mendirikan pusat pengkajian Pancasila, dan semarak Ramadhan untuk menumbuhkembangkan toleransi dan moderasi beragama, dan berbagai usaha lainnya,” tambahnya.

Gelaran Semarak Bulan Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, menurut Iwan, juga merupakan salah satu upaya pihaknya. Iwan menginformasikan, pembukaan rangkaian acara dimulai dengan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Nasional. 

“Kami, keluarga besar UNEJ akan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila Nasional yang tahun ini dipusatkan di kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) secara daring dari auditorium UNEJ tepat pada hari ini, Rabu. Nanti, seluruh peserta upacara akan memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengingatkan kayanya khazanah budaya Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa bertepatan dengan Hari Pancasila, keluarga besar UNEJ akan melaksanakan deklarasi untuk meneguhkan kampus tersebut menjadi Kampus Pancasila, serta menolak segala bentuk intoleransi, radikalisme, ekstrimisme dan terorisme.

“Sekaligus meluncurkan taman edukasi kebangsaan, serta launching (gelaran) Semarak Bulan Pancasila,” jelas Iwan.

Sebagai bagian acara, Iwan juga menjelaskan mengenai tema seminar nasional yang diangkat, yakni “Relasi Negara dan Agama dalam Perspektif Pancasila". Acara ini menghadirkan pembicara utama pimpinan MPR bersama Ketua BPIP, serta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Seminar nasional dijadwalkan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2022. Sementara untuk kuliah kebangsaan yang digelar pada Sabtu (25/6/2022), UNEJ berencana mengundang Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai pembicara utama.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila akan ditutup melaluiMalam Penganugerahan Prestasi Pancasila. Acara ini sekaligus menjadi puncak acara dan jatuh pada akhir Juni 2022.

Selain menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya bangsa, UNEJ akan memberi penghargaan bagi mereka yang berprestasi dan menjadi pemenang dari berbagai lomba yang sudah digelar.

“Kami akan menetapkan guru mata pelajaran PPKN terbaik berdasarkan model pembelajaran yang mereka laksanakan, serta memilih kepala desa mitra UNEJ berprestasi sebagai bentuk apresiasi kami bagi kepala desa yang sudah membangun desanya berdasarkan nilai Pancasila,” ujar Iwan Taruna.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.