Advertorial

Bangun Rumah Bibit hingga Barter Sampah, Berikut Aksi Alfamart Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kompas.com - 05/06/2022, 06:31 WIB

KOMPAS.com - Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, menjadi momentum bagi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) untuk menggelar sejumlah kegiatan.

Hal itu dilakukan Alfamart sebagai wujud kepedulian perusahaan pada bidang lingkungan.

Adapun kegiatan yang digelar Alfamart mulai dari pembangunan rumah budidaya bibit, rumah budidaya maggot, edukasi kantong plastik sekali pakai, program nasional promo tebus murah tas belanja, hingga barter sampah layak daur ulang dengan sembako.

Kegiatan berkonsep restorasi ekosistem tersebut digelar di Kampung Iklim Anthurium, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten.

Corporate Communication General Manager Alfamart Nur Rachman mengatakan, kegiatan sosial yang diinisiasi Alfamart berorientasi lingkungan itu sejalan dengan penerapan prinsip environmental social and governance (ESG).

Prinsip ESG tersebut, kata dia, secara konsisten diterapkan oleh Alfamart sebagai wujud komitmen untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

"Berbagai pihak sudah paham betul bahwa salah satu warisan yang wajib diberikan kepada generasi penerus adalah alam yang bersih dan sehat. Alam harus terus dilestarikan sedari sekarang," ujar Rachman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/6/2022)

Oleh karena itu, imbuh Rachman, Alfamart berinisiatif menggelar kegiatan berbasis lingkungan, khususnya pada momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Terkait pembangunan rumah budidaya bibit, Rachman menjelaskan, hal ini dilakukan untuk mengembangkan bibit tanaman yang nantinya dapat dijual kembali oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, untuk pembuatan rumah budidaya maggot, kata Rachman, dilakukan untuk pengembangbiakan hewan maggot.

Untuk diketahui, maggot adalah organisme larva yang dapat menghancurkan sampah organik yang berfungsi sebagai pupuk alami.

“Adapun promo khusus 1 hari di hari lingkungan sedunia adalah tebus murah tas belanja eco bag seharga Rp 2.000 dengan syarat dan ketentuan berlaku,” terang Rachman.

Dia berharap melalui program promo tersebut, semakin banyak masyarakat terbiasa menggunakan tas belanja yang dapat dipakai berulang kali, alih-alih memakai kantong plastik.

"Edukasi kepada masyarakat terus kami lakukan. Setiap (masyarakat) berbelanja di Alfamart, kami mengimbau membawa sendiri tas belanja atau tidak lagi menggunakan kantong plastik. Dengan begitu, dapat meminimalisasi sampah plastik," jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan kepedulian Alfamart pada lingkungan tak hanya dilakukan saat momentum tertentu, melainkan diimplementasikan secara berkesinambungan.

Pada 2021, misalnya, Alfamart menanam sebanyak 13.000 pohon di berbagai wilayah di Indonesia sebagai upaya konservasi lahan kritis.

Selain itu, Alfamart juga menjalankan komitmennya pada 2022 dengan menjalankan sejumlah program, salah satunya pemulihan ekosistem lingkungan.

Adapun kegiatan pemulihan ekosistem lingkungan yang dilakukan, seperti kampanye stop penggunaan kantong plastik, penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kantor cabang Alfamart, dan aksi penanaman pohon secara masif.

"Kami berharap, masyarakat juga turut ambil peran dalam rangka menciptakan dan melestarikan lingkungan yang lebih sehat," kata Rachman.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.