Advertorial

5 Bisnis yang Bisa Dikembangkan dengan Aplikasi Kasir Pintar

Kompas.com - 06/06/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com – Penggunaan aplikasi online dalam kegiatan usaha pelaku bisnis sudah menjadi hal wajib. Dengan aplikasi online, seperti aplikasi kasir pintar berbasis point of sale (POS), proses bisnis bisa disederhanakan sehingga pengembangan usaha menjadi lebih mudah.

Lalu, apa saja jenis bisnis yang dapat dikembangkan dengan aplikasi kasir pintar berbasis POS? Simak ulasan berikut.

  1. Bisnis restoran

Sistem POS dapat menjadi solusi yang merakyat untuk mewujudkan layanan bintang lima pada bisnis restoran. Pasalnya, melalui satu aplikasi, Anda bisa mengatur berbagai layanan profesional untuk menunjang pengalaman pelanggan.

Aplikasi kasir pintar berbasis POS juga memungkinkan Anda untuk menerima pesanan pelanggan yang berasal dari mana pun secara langsung dari sistem. Selain itu, sistem online delivery pada aplikasi dapat melayani pelanggan secara cepat untuk meningkatkan penjualan dan menghindari antrean.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati hidangan secara dine in, POS menyediakan fitur pemesanan menu melalui gadget. Fitur ini menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang langsung terhubung ke aplikasi kasir Anda.

  1. Bisnis makanan cepat saji

Tak hanya untuk restoran, aplikasi kasir pintar juga bisa menunjang aktivitas bisnis makanan cepat saji. Cara kerjanya hampir sama pada saat digunakan pada bisnis restoran.

Selain itu, aplikasi kasir pintar juga menyediakan fitur penomoran antrean yang akan memudahkan pembayaran di depan kasir. Hal ini membuat pelayanan pesanan cepat saji menjadi lebih terorganisasi.

  1. Bisnis katering

Untuk pelaku usaha katering rumahan, sistem POS dapat membantu mempermudah pengelolaan usaha sekaligus mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih maju. Pasalnya, sistem POS dapat membuat bisnis tampak lebih profesional dan meyakinkan di mata pelanggan.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi kasir online untuk mengembangkan menu katering dengan menampilkan pilihan paket yang menggugah selera.

Saat pelanggan setia meminta opsi untuk membayar di kemudian hari, Anda tidak perlu khawatir jika terlewat menagih. Pasalnya, aplikasi kasir online memiliki fitur pintar untuk membantu Anda mencatat tagihan pelanggan.

  1. Kedai kopi

Bisnis kedai kopi semakin menjamur, khususnya di kalangan anak muda, dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu cara untuk dapat bertahan di tengah persaingan ketat bisnis tersebut adalah dengan memiliki sistem pembayaran yang mumpuni.

Misalnya, melalui fitur self-order di dalam sistem POS yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan mandiri.

Fitur self-order juga dapat menjadi solusi bagi pelanggan yang ingin memilih pembayaran nontunai. Terlebih, jenis pembayaran ini sedang tren di kalangan pelanggan. Dengan fitur self-order, Anda dapat menghindari antrean pelanggan.

  1. Toko serba ada

Pengusaha toko kelontong atau serbaada kerap mengalami kesulitan dalam memantau stok di toko. Kendala ini dapat diatasi dengan kehadiran fitur inventory pada aplikasi POS.

Fitur tersebut dapat mendata barang secara akurat. Mulai dari stok masuk, stok terjual, transfer stok, hingga analisis pergerakan stok bisa diperoleh secara rinci.

Anda juga bisa menerapkan harga jual produk secara dinamis berkat fitur yang ada di kasir pintar. Pada setiap transaksi, harga grosir bisa ditetapkan sesuai kategori pelanggan, jumlah pembelian barang, serta jumlah transaksi tertentu.

Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan bisnis melalui pilihan opsi harga grosir.

Itulah lima jenis usaha yang bisa dikembangkan dengan aplikasi kasir pintar dari Olsera. Salah satu pelaku usaha yang sudah merasakan manfaat pengembangan bisnis menggunakan aplikasi kasir pintar Olsera POS dari Olsera adalah Outline Barbershop.

Pemilik Outline Barbershop Adit mengaku mudah dalam menggunakan Olsera POS berkat desain interface aplikasi tersebut.

Selain itu, ia juga secara mudah bisa memberikan diskon dengan fitur Loyalty Poinkepada pelanggan.

Adit mengaku bahwa sebelum menggunakan Olsera, ia kerap kesulitan dalam hal pencatatan data pelanggan. Berkat fitur profesional yang dimiliki Olsera POS, usahanya dapat berkembang seperti sekarang.

“Aplikasi kasir online Olsera POS memiliki harga terjangkau. Selain itu, Olsera juga sudah menggunakan cloud yang bisa digunakan di mana saja untuk memantau perkembangan bisnis,” ujar Adit dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Selain Adit, pelaku usaha lain juga sudah merasakan manfaat sistem POS dari Olsera dalam mengembangkan bisnis mereka. Pasalnya, Olsera POS menyediakan fitur lengkap yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Olsera, Anda bisa mengunjungi laman olsera.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com