Advertorial

100 Fasilitas Kelas Dunia Bakal Hadir di PIK 2 The New Jakarta City

Kompas.com - 09/06/2022, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Megaproyek Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 sudah tak asing di telinga masyarakat, terutama bagi warga Jakarta. Kawasan yang disebut sebagai The New Jakarta City ini menjadi salah satu properti yang paling diminati.

Dengan lahan seluas 2.650 hektare (ha), populasi penghuni PIK 2 dan sekitarnya diperkirakan mencapai 305.000 jiwa. Jumlah ini didapat berdasarkan asumsi bahwa tiap rumah dihuni oleh empat anggota keluarga dengan total hunian di PIK 2 mencapai lebih dari 76.000 unit.

Populasi sedemikian besar dinilai potensial oleh Agung Sedayu Group dan Salim Group selaku developer PIK2, untuk mengembangkan kawasan prestisius dengan fasilitas lengkap yang melebihi real estate lain.

Per Juni 2022, tercatat 100 fasilitas utama di PIK 2. Seluruh fasilitas ini terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, fasilitas yang saat ini sudah dapat digunakan oleh penghuni,

Kedua, fasilitas yang sudah selesai didesain dan kini dalam tahap penyelesaian pembangunan. Ketiga, fasilitas-fasilitas jangka panjang yang saat ini masih dalam tahap perencanaan.

Fasilitas tahap 1

Fasilitas yang saat ini sudah bisa dinikmati oleh penghuni adalah beberapa fasilitas rekreasi. Salah satunya, Jalasena. Fasilitas ini merupakan trekjoging dan bersepeda yang mengelilingi kawasan Pantai Maju Golf Island.

Ada pula Pantai Pasir Putih PIK 2 yang terbentang sepanjang kurang lebih 4 kilometer (km). Area ini merupakan tujuan wisata favorit masyarakat Ibu Kota. Di dalamnya terdapat marketing gallery PIK 2.

Bagi pencinta olahraga, pihak pengembang juga menyiapkan area hijau Greenbelt seluas sekitar 60 ha. Lokasinya terletak di pusat central business district (CBD). Fasilitas ini dapat dioptimalkan penghuni untuk bersepeda, stand up paddle, kayak, dan jalan santai.

Fasilitas lain yang tak kalah menarik adalah Pusat Sepeda dan Sedayu Indo Golf yang merupakan lapangan golf dengan 18 holes karya pegolf profesional asal Amerika Serikat, Jack Nicklaus. Lapangan ini merupakan satu-satunya lapangan golf di Indonesia yang dikelilingi laut, serta dilengkapi driving rangeclub house megah, dan restoran eksklusif.

Ada pula Wisata Alam Mangrove, yakni hutan bakau di lahan seluas 100 ha. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas wisata di sini, mulai dari menginap di hotel, menyusuri sungai dengan perahu dayung dan speed boat, hingga bersantap di The Mangrove Café by Jiro.

Fasilitas kuliner juga tersedia untuk menambah kenyamanan penghuni saat berekreasi, salah satunya adalah Pantjoran PIK. Fasilitas ini baru saja diperluas dan dipercantik pada awal 2022 dengan pagoda sebagai landmarknya.

Fasilitas lainnya adalah The Cove at Batavia PIK, yakni promenade tepi pantai yang dilengkapi restoran terapung The Thalassa Phinisi Boat Bar and Gastro, Urban Farm PIK, Sentosa Seafood, Restoran Padang Pagi Sore, Holywings, Beach Food Street di Pantai Pasir Putih PIK 2, Food Street 1 dan 2, serta Blackowl Dining and Liberation.

Selain area kuliner, beberapa pusat perbelanjaan juga hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti Kemchicks Supermarket dan Indomaret Drive Thru. Tak ketinggalan, tersedia pula fasilitas pendidikan Tzu Chi International School yang berlokasi di seberang mal PIK Avenue.

Beragam fasilitas yang disediakan bertujuan untuk memanjakan penghuni dan masih akan ditambah dengan fasilitas-fasilitas lain yang sedang dalam tahap pembangunan sebagai Fasilitas Tahap 2.

Fasilitas tahap 2

Financial District dan Menara Syariah PIK2 direncanakan menjadi pusat bisnis dan industri halal terbesar di Asia Tenggara. Saat ini, keduanya sedang dalam tahap konstruksi.

Rans Prestige Sportstainment yang akan menjadi sarana olahraga untuk Rans Cilegon FC dan Rans PIK Basketball, serta Rans Carnaval City Zoo juga akan hadir di PIK 2. Tahap groundbreaking telah dilakukan pada 22 November 2021 dan direncanakan selesai pada akhir 2022.

Fasilitas olahraga berstandar internasional yang juga tengah dalam tahap pembangunan adalah Verde Sports Hub. Di dalamnya tersedia dua lapangan sepak bola berstandar Federation International de Football Association (FIFA), enam lapangan bulu tangkis, dua lapangan basket atau futsal, dan dua lapangan padel tennis.

Untuk memenuhi kebutuhan furnitur, ada pula Indonesia Design District. Sementara, bagi pencinta otomotif, Agung Sedayu Group bakal menyiapkan Distrik Otomotif PIK 2 sebagai pusat otomotif terbesar di Indonesia pada lahan seluas 3 ha. Pun demikian bagi penggemar kuliner, akan hadir restoran seafood Bandar Djakarta terbesar di Jakarta.

Seluruh fasilitas tersebut berlokasi di kawasan PIK 2 Urban Hub yang dibangun di lahan seluas kira-kira 120 ha.

Selain di kawasan PIK 2, fasilitas-fasilitas lain yang tak kalah menarik juga sedang dibangun di kawasan Golf Island dan Ebony Island yang merupakan wajah PIK 2, serta pusat fesyen By The Sea.

Berlokasi di antara Pantai Kita dan Pantai Maju, pembangunan tahap satu kawasan tersebut direncanakan selesai pada akhir Desember 2022. Sementara, tahap dua ditargetkan selesai pada Juli 2023. 

Uniknya, fasilitas tersebut didesain layaknya kafe dan panggung di atas air. Selain Batavia, pengunjung juga dapat menikmati hidangan terbaik di dalam kafe, outdoor area, dan di rooftop sembari menikmati pemandanganbakau, laut, dan matahari terbenam yang menawan di kawasan Sunset Promenade atau Sunset Pieryang menyambung dengan salah satu sisi Batavia.

Ilustrasi rencana Miami Marina PIK 2 Dok. PIK 2 Sedayu Indo City Ilustrasi rencana Miami Marina PIK 2

Fasilitas tahap 3

Selain deretan fasilitas di atas, fasilitas-fasilitas lain juga tengah dalam tahap perencanaan dan pengembangan di PIK 2.

Salah satu fasilitas leisure and entertainment yang sedang dalam tahap pengembangan adalah Sedayu Watertown Mall. Lifestyle mall terbesar ini akan dilengkapi berbagai tenant kenamaan.

Mal tersebut dirancang memiliki desain unik dan mewah dengan danau seluas 7,8 ha yang akan menyajikan water show dan lighting cantik pada malam hari.

Selain itu, akan dibangun pula PIK 2 Center Point yang merupakan leisure and entertainment hub di kawasan seluas 100 ha dengan 15 pusat fasilitas di dalamnya. Salah satunya adalah Asian Town, yaitu destinasi kuliner dan wisata dengan konsep empat negara.

Ada pula restoran Grand Shanghai-China dan supermarket barang-barang khas Tiongkok, Tiong Bahru Market Singapore, Tokyo Hub, dan Shibuya Night Market. Fasilitas ini direncanakan selesai pada 2024.

Mata Elang International Stadium juga direncanakan hadir dengan concert hall yang bisa menampung lebih dari 45.000 penonton. Fasilitas ini dapat digunakan untuk pagelaran musik skala nasional maupun internasional, pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta gelaran skala besar lainnya.

Konstruksi stadium tersebut akan dimulai dalam waktu dekat dan diperkirakan selesai pada akhir 2023.

Sebagai waterfront city development, PIK 2 juga rencananya dilengkapi Jetty dan Marina Center berstandar internasional yang akan menjadi ikon baru Indonesia, yaitu Miami Marina.

Fasilitas tersebut dipersiapkan untuk menjadi salah satu magnet pariwisata di Indonesia, yakni sebagai tempat berlabuh kapal-kapal pesiar sebelum bertolak menuju ke lokasi-lokasi wisata kepulauan di Indonesia.

Area marina tersebut berada tak jauh dari kawasan komersial terpadu PIK 2 Urban Hub. Beberapa fasilitas lainnya yang tengah dalam perencanaan adalah Erajaya Digital Complex, Biggest Sport Apparels Retailer, Kampung Nusantara, serta sejumlah hotel bintang 3, 4, dan 5.

Ilustrasi konsep Marina Bay Rukan CapcayDok. PIK 2 Sedayu Indo City Ilustrasi konsep Marina Bay Rukan Capcay

Fasilitas berikutnya yang juga tengah dalam tahap perencanaan adalah Marina Bay, kompleks rumah kantor (rukan) dengan fasad tematik dari berbagai negara.

The Club juga akan hadir sebagai clubhouse terbesar dan terlengkap di PIK 2. Fasilitas ini berlokasi di dalam cluster Pasir Putih Residences, tepat di samping danau dengan hamparan pasir putih di tepinya.

Clubhouse tersebut dibangun di lahan seluas 1,5 ha dengan fasilitas unggulan, yaitu senior club dan kids daycare untuk menunjang kualitas hidup warga. Fasilitas ini juga bakal dilengkapi gym, club restaurant, olympic size swimming pool indoor dan outdoorsupermarket, dan ballroom.

Kemudian, ada pula Beach Club. Sesuai rencana, pada 2023 akan hadir dua exclusive beach club yang bekerja sama dengan brand kenamaan sebagai pengelola, yaitu Land’s End. Konstruksi fasilitas ini direncanakan selesai pada April 2023. Ada pula Dreamville untuk menambah pesona Pantai Pasir Putih PIK 2.

Fasilitas lainnya adalah River Safari at Tahang yang merupakan sport and leisure water activity di sepanjang Sungai Tahang yang berlokasi di area greenbelt PIK 2. Konstruksinya direncanakan selesai pada 2022.

Golf course 27 holes seluas 100 ha dengan seaview yang menakjubkan juga akan hadir di PIK 2 yang dikelilingi klaster perumahan mewah.

Fasilitas tak kalah menarik adalah kawasan EcoPark seluas kurang lebih 54 Ha. Ecopark yang rencananya dinamakan Taman Bhinneka ini didesain sebagai kawasan multireligi dan multikultural dengan adanya Masjid Agung PIK 2, gereja Katolik, wihara, dan kuil. Bangunan-bangunan ini dibangun di sekeliling danau indah seluas kurang lebih 23 Ha.

Untuk fasilitas pendidikan, rencananya akan hadir sejumlah institusi pendidikan kenamaan, seperti Prasetiya Mulya yang akan menyiapkan pendidikan vokasi terbesar, St Johannes Berchmans, Al Azhar Syifa Budi, Tzu Chi International School, Yayasan Pelita Harapan, Hope Academy, dan Sekolah Dian Harapan.

Fasilitas kesehatan (faskes) bertaraf internasional, seperti Rumah Sakit Hermina, Tzu Chi Klinik, dan fasilitas kesehatan terbaik juga akan tersedia di PIK 2. Pembangunan berbagai faskes ini direncanakan selesai pada 2024.

Selain itu, bakal hadir fasilitas hotel dan hospitality yang mengusung konsepmenyerupai Maladewa. Kemudian, ada juga Long Island, open air concert venue, Palm Spring, dan Eurokars.

Tidak ketinggalan beberapa landmark yang diharapkan juga menjadi obyek wisata seperti Patung Dewi Mazu atau dewi pelindung lautan, patung Dewi Kwan Im, patung Jenderal Sudirman, Artwork Gateway North Point, dan lain lain.

Beberapa pusat kegiatan khusus seperti Art & Science Museum, Esplanade, Entrepeneur Hub & Midrise Office, Resort Hotel & Serviced Apartment, Hotel & Waterpark, Miami Beach, Pasir Putih Town Center, Greenbelt Activation & Special Lighting, Nature Playground & Floating Wetland, Aqua Farm& Water Garden, Sport Park & Beach Volley, Iconic Twin Bridge & Floating Lantern Pavillion, Hort Garden & Winter Garden juga turut dipersiapkan.

Beberapa fasilitas lain yang tengah didesain di kawasan Golf Island dan Ebony Island adalah Indigo Promenade, Rodeo Drive, area Retail at Riverwalk, Ebony Marina, serta Love Bridge. Sesuai rencana, shipyard juga akan dibangun di kawasan Ebony Island.

Nah, itulah deretan fasilitas premium yang direncanakan tersedia di PIK 2. Dengan kehadiran fasilitas yang berbeda dengan real estatlain, Anda tak perlu lagi khawatir dalam memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari hiburan, kesehatan, kuliner, hingga rekreasi.

Bagaimana, menarik bukan konsep perencanaan PIK 2? Tunggu apa lagi? Segera hubungi marketing representative PIK 2 di nomor 021 588 8000 atau kunjungi website www.pik2.comuntuk informasi lebih lanjut. Anda juga dapat mengunjungi YouTube PIK 2 Sedayu Indo City pada tautan berikut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.