Advertorial

Ogah Beralih dari TV Analog? Ini 4 Kelebihan TV Digital yang Bisa Dinikmati

Kompas.com - 10/06/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com – Sejak April 2022, pemerintah mulai menjalankan pemberhentian siaran televisi (TV) analog atau analog switch-off (ASO) secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk segera beralih memakai TV atau perangkat yang mendukung siaran digital.

Sebagai informasi, perbedaan siaran TV analog dan digital terletak pada sinyal yang dipancarkan. Siaran TV analog memancarkan sinyal melalui gelombang radio. Sementara, siaran TV digital dipancarkan melalui data informasi.

Karena perbedaan tersebut, kualitas yang dihasilkan oleh keduanya pun tidak sama. Dengan TV digital, penonton bisa merasakan langsung pengalaman baru menonton. Berikut empat kelebihan dari siaran TV digital.

  1. Kualitas siaran stabil

TV analog memancarkan sinyal melalui gelombang radio yang amat dipengaruhi oleh cuaca. Apabila cuaca buruk, kualitas tayangan menjadi buruk, seperti gambar bersemut dengan suara keresek. Hal ini dapat mengganggu momen menonton.

Sebaliknya, siaran TV digital diterima sebagai data. dan tidak bergantung pada cuaca. Dengan kata lain, penonton tidak akan lagi menemui tayangan bersemut dengan suara keresek. Selama TV masih menangkap sinyal, kualitas tayangan tidak akan terganggu.

  1. Channel siaran lebih banyak

Karena siaran TV analog akan ditiadakan, pemerintah pun mengimbau lembaga-lembaga penyiaran untuk bermigrasi ke TV digital. Kapasitas penerimaan sinyal TV digital pun cukup kuat untuk menerima banyak channel. Jadi, penonton dapat menikmati banyak konten dari berbagai lembaga penyiaran.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 42 channel terdaftar pada siaran TV digital. Hal ini membuat penonton memiliki banyak pilihan saluran untuk ditonton.

  1. Banyak fitur

Pada TV digital, terdapat tiga fitur yang bisa diakses oleh penonton. Pertama, Electronical Program Guide (EPG) yang menampilkan jadwal acara, deskripsi, serta waktu tayang.

Kedua, Parental Lock. Dengan fitur ini, tayangan yang ditampilkan dapat diatur dan dibatasi sesuai dengan usia penonton. Ketiga, Peringatan Dini Bencana berupa pesan pop up yang memberikan peringatan apabila ada bencana.

  1. Resolusi tayangan lebih bagus

Siaran TV digital yang stabil membuat tayangan menjadi lebih berkualitas. Tentunya, hal ini berpengaruh pada resolusi tayangan. Karena tayangan tidak pernah terganggu, TV yang digunakan di rumah pun dapat maksimal dalam menyiarkan tayangan favorit.

Meski demikian, pengguna perlu mengetahui bahwa kualitas resolusi tayangan TV digital bergantung pada perangkat yang digunakan.

Oleh karena itu, pilihlah perangkat dari merek berkualitas saat memutuskan beralih pada penggunaan TV digital.

TV Digital Polytron Cinemax Soundbar PLD 43BV1558 Dok. Polytron TV Digital Polytron Cinemax Soundbar PLD 43BV1558

Adapun salah satu produk TV digital berkualitas adalah TV Digital Cinemax Soundbar PLD 43BV1558. Produk TV digital terbaru keluaran Polytron ini dapat mendukung siaran TV digital tanpa harus menggunakan perangkat tambahan.

Didukung dengan teknologi light emitting diodes (LED),TV Digital Cinemax Soundbar PLD 43BV1558 menampilkan tayangan TV dengan daya listrik rendah. Produk ini juga didukung dengan three dimension picture noise reduction yang membuat tayangan TV digital makin jernih.

Hebatnya, selain memiliki fitur yang mendukung tampilan gambar menjadi lebih bersih dan jernih, TV Digital Cinemax Soundbar PLD 43BV1558 juga dilengkapi dengan soundbar+subwoofer yang mampu menghasilkan suara menggelegar.

TV digital ini sangat cocok untuk memaksimalkan pengalaman menonton film favorit Anda sehingga menjadi lebih berkesan.

Perlu diketahui, produk TV tersebut juga dilengkapi dengan dua universal serial bus (USB) input, tiga high definition multimedia (HDMI) input, dan audio visual (AV) input. Ketiga fitur ini memudahkan penonton dalam memanfaatkan TV untuk menampilkan tayangan di luar siaran yang sudah tersedia.

Lebih praktis, TV Digital Cinemax Soundbar PLD 43BV1558 juga dilengkapi dengan fitur eco mode. Fitur ini dapat mendeteksi kecerahan dan menampilkan tayangan dengan sempurna. Jadi, penonton tak perlu mengatur ulang kecerahan layar.

Untuk diketahui, Polytron menawarkan 5 tahun garansi termasuk Panel LED untuk setiap pembelian TV Digital Cinemax Soundbar PLD 43BV1558. Produk ini dapat dibeli di gerai teknologi terdekat atau secara online di situs web Polytron, www.polytron.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com