Advertorial

Siaran TV Analog Diberhentikan Secara Bertahap, Ini Rekomendasi TV 40 Inci untuk Nonton Siaran TV Digital

Kompas.com - 13/06/2022, 10:28 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah segera menghentikan siaran televisi (TV) analog per April 2022 secara bertahap di sejumlah wilayah dan digantikan siaran TV digital.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan perangkat TV yang dimiliki dapat menangkap siaran TV digital untuk menikmati tayangan TV nasional.

Caranya, kunjungi laman https://siarandigital.kominfo.go.id/. Pilih menu Perangkat TV Digital, dan klik Televisi pada kolom nama perangkat. Kemudian, isi kolom selanjutnya dengan nama merek dan tipe TV yang dimiliki.

Apabila merek dan tipe TV yang dimiliki muncul pada kolom pencarian, Anda bisa menikmati siaran TV digital. Jika tidak, TV Anda tidak bisa menangkap sinyal digital.

Agar tetap dapat menonton tayangan kesayangan, Anda dapat mengganti TV lama menjadi TV digital. Opsi lain, Anda bisa memilih produk smart TV yang mampu menangkap siaran TV digital sekaligus program siaran lainnya.

Di antara berbagai merek TV di pasaran, terdapat dua merek perangkat elektronik yang sudah menyediakan smart TV digital dengan ukuran 40 inci, yakni TV Polytron dan TV Samsung. Berikut penjelasannya.

  1. Smart TV digital Polytron 40 inci

Polytron adalah salah satu merek TV yang terdaftar mampu menerima siaran TV digital berdasarkan laman Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemekominfo). Ada dua tipe produk smart TV berukuran 40 inci yang bisa menerima siaran TV digital dari merek ini.

Opsi pertama adalah PLD 40AG9953 yang sudah dilengkapi dengan teknologi light emitting diodes (LED). Jika ingin layar yang lebar, Anda bisa memilih PLD 43AG9953 yang berukuran 43 inci. Tipe ini juga didukung dengan teknologi LED. 

  1. Smart TV digital Samsung 40 inci

Samsung juga menyediakan beberapa tipe TV digital yang sudah terdaftar di situs web Kemenkominfo. Jika ingin smart TV Samsung dengan layar sekitar 40 inci, terdapat dua tipe yang bisa Anda pilih.

Pertama, Smart TV Samsung UHD 4K Smart TV RU7100 Series 7. Dibekali layar dengan resolusi 4K, TV ini mampu menyajikan kualitas gambar yang lebih menarik. TV ini tersedia dengan ukuran 43 inci.

Kedua, Crystal UHD 4K Smart TV TU6900. Sama dengan tipe sebelumnya, TV ini juga dilengkapi dengan layar beresolusi 4K dengan bentang 43 inci. Selain itu, produk ini juga tersedia dalam ukuran 50 dan 55 inci.

Untuk membeli produk TV Polytron dan TV Samsung lainnya, Anda dapat mengunjungi gerai elektronik terdekat. Selain itu, Anda juga dapat membeli TV secara online di marketplace, seperti Tokopedia.

Jangan lupa, pastikan TV yang Anda beli sudah mendukung siaran TV digital, ya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.