Advertorial

5 Alasan Mengapa Harus Menempuh Pendidikan di Yunani

Kompas.com - 13/06/2022, 13:42 WIB

KOMPAS.com – Yunani, negara yang dijuluki Tanah Para Dewa, memiliki banyak daya tarik. Selain menjadi salah satu destinasi wisata yang eksotis, negara ini menjadi rumah dari 18 situs peninggalan The United Nations Educational Scientific and Cultural Organizations (UNESCO). Tak heran jika Yunani dikelan “perpustakaan kisah klasik dan sejarah”.

Tidak hanya itu, Yunani memiliki reputasi yang baik di kalangan pelajar internasional. Hal itu dibuktikan dengan keberadaan lebih dari 30.000 pelajar asing yang menuntut ilmu di Yunani.

Yunani dinilai sebagai negara yang tepat untuk menuntut ilmu, mulai dari jenjang strata 1 (S1), hingga magister (S2) dan S3. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah alasannya.

  1. Biaya pendidikan yang tidak terlalu mahal

Jika dibandingkan dengan biaya untuk menempuh pendidikan di kota-kota besar di Eropa, biaya pendidikan di Yunani lebih murah. Biaya untuk satu tahun kuliah di Yunani biasanya kurang dari 10.000 euro.

Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa belajar di Athena atau di kampus swasta yang juga bekerja sama dengan kampus internasional lainnya.

Kampus-kampus itu juga menawarkan berbagai program terbaik, mulai dari pendidikan di jenjang S1 hingga pascasarjana.

Untuk diketahui, terjangkaunya biaya pendidikan menjadi salah satu prioritas Menteri Pendidikan Yunani. Harapannya, dengan biaya pendidikan terjangkau, Yunani dapat dijadikan negara tujuan belajar, terutama oleh pelajar asing.

Beberapa kampus di Athena juga sudah menyediakan mata kuliah yang diajarkan dengan multilingual, program sarjana dan magister terpadu, serta kurang lebih 140 pilihan jurusan.

Di Yunani, Anda juga dapat menikmati kuliah secara gratis untuk beberapa program tertentu, kecuali program magister.

  1. Biaya hidup di Yunani juga terjangkau

Salah satu menjadi pertimbangan ketika akan berkuliah di luar negeri adalah mengenai biaya hidup. Yunani menjadi salah satu negara dengan biaya hidup termurah di Eropa, hanya dengan 450 sampai dengan 75 euro, pelajar sudah dapat hidup dengan nyaman.

Oleh karena biaya hidup yang terbilang murah, kebanyakan pelajar di Yunani akan memiliki tempat tinggal sendiri. Biasanya, kebanyakan pelajar akan memilih hostel atau hotel sebagai pilihan yang ramah di kantong.

Namun, pelajar juga bisa memilih untuk tinggal di apartemen studio di Athena dengan biaya hanya 50 sampai 400 euro.

Untuk penggunaan transportasi umum, di Yunani telah disediakan kartu yang bisa digunakan untuk naik bus atau kereta metro dengan biaya yang terjangkau, yakni sebesar 30 euro per bulan. Pelajar juga akan memperoleh potongan harga khusus.

  1. Informasi mengenai visa pelajar mudah didapat

Pelajar asing atau yang bukan merupakan warga Eropa, akan membutuhkan visa pelajar untuk dapat menempuh pendidikan di Yunani.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mendatangi kantor Kedutaan Besar Yunani di negara asal atau dengan mengakses situs resmi Kedutaan Besar Yunani untuk mengetahui lebih banyak informasi.

  1. Cuaca bagus sepanjang tahun

Yunani dikenal sebagai negara yang memiliki iklim hangat sepanjang tahun. Selama musim panas, hujan turun dengan teratur kurang lebih selama dua sampai tiga bulan.

Sementara saat musim dingin, salju jarang turun di Yunani, sehingga suhu rata-rata akan berada di atas nol derajat.

Cuaca di Yunani juga sangat bersahabat dan tidak akan menjadi hambatan untuk beraktivitas, baik pada siang maupun malam hari.

  1. Bantuan beasiswa

Untuk menempuh pendidikan di Yunani, terdapat Lembaga Beasiswa Yunani (IKY) yang memberikan penawaran berupa program beasiswa untuk tingkat S1, magister, dan Doctor of Philosophy (PhD) untuk di semua jurusan.

Beasiswa itu tentunya hanya akan diberikan kepada beberapa pelajar yang memiliki kriteria tertentu. Untuk mengetahui kriteria dan syarat lebih lanjut mengenai beasiswa, Anda bisa mengakses situs website resmi dari IKY.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pelajar ketika bersosialisasi di kehidupan sehari-hari, Yunani juga menyediakan program kursus bahasa dan budaya yang dapat diikuti oleh pelajar asing yang bersekolah di Yunani.

Nah, apabila Anda sedang mencari program kuliah yang bagus di Yunani, bisa melihat beberapa program pendidikan terbaik yang ditawarkan Berlin School of Business and Innovation (BSBI).

Adapun program-program yang ditawarkan telah disesuaikan dengan kebutuhan untuk tiap pelajar dapat mempelajari keahlian penting dan membangun karier.

Dengan bergabung di program BSBI, Anda memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan kerja di perusahaan terbaik di berbagai institusi pelatihan eksklusif di berbagai bidang langsung dari para ahlinya.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya seputar program pendidikan BSBI di Yunani silakan kunjungi situs web BSBI Yunani.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.