Advertorial

Dukung Merdeka Belajar, Guru Binar Selenggarakan Hari Belajar Online Bertajuk Pelatihan Mandiri

Kompas.com - 14/06/2022, 13:56 WIB

KOMPAS.com – Era globalisasi menuntut guru untuk semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.

Hal itu selaras dengan pendekatan “Merdeka Belajar” yang digaungkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Melalui pendekatan ini, guru memiliki kebebasan untuk berinovasi, belajar secara mandiri, dan kreatif.

Oleh karena itu, guru didorong untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan sehingga dapat memberikan pembelajaran yang bermakna untuk siswa.

Sebagai komitmen dalam pengembangan kompetensi guru dan dukungan terhadap program pemerintah, Guru Binar menggelar Hari Belajar Online 2022 sejak Selasa (7/6/2022). Adapun tema yang diusung adalah “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Mandiri.”

Sekilas, Guru Binar merupakan platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang holistik, terintergrasi, dan sistematis serta peserta dapat belajar kapan saja dan di mana saja secara online (swapacu).

Hari Belajar Online tahun ini Guru Binar menggandeng Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan menghadirkan webinar berseri selama tiga hari dengan 12 topik yang dibawakan secara langsung oleh narasumber dari Guru Binar dan PMM.

Lebih dari 3.000 peserta yang berprofesi sebagai guru dari berbagai jenjang di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam acara tersebut.\

“Melalui rangkaian kegiatan ini, kami percaya bahwa pembelajaran secara mandiri diharapkan menjadi bibit-bibit yang bisa ditularkan kepada rekan sesama guru, bahkan ke siswa kita yang akan menjadi pembiasaan di masa mendatang,” ujar Head of Guru Binar Juliana dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Adapun puncak acara Hari Belajar Online 2022 berlangsung pada Senin (13/6/2022). Acara ini dikemas dalam bentuk talk show dengan menghadirkan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Ristek Dr Iwan Syahril Phd.

Pada kesempatan sama, Iwan mengapresiasi inisiatif dan kepedulian Guru Binar yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation karena terlibat pada pendidikan Indonesia.

“Khususnya, kepada guru-guru karena membangkitkan semangat mereka untuk terus belajar melalui rangkaian kegiatan ini” ujar Iwan.

Hari Belajar Online 2022 merupakan salah satu agenda positif bagi ekosistem pendidikan di Tanah Air yang diselenggarakan oleh Guru Binar, terutama bagi para guru, agar semakin berkembang. Ini merupakan tugas seluruh stakeholder di lingkup pendidikan.

Sebagai program tahunan, pekan Hari Belajar Online dapat membukakan akses bagi guru-guru di Indonesia. Tidak hanya dalam menggali pengetahuan-pengetahuan baru dalam dunia pendidikan, tetapi juga menjadi media dalam pengembangan kompetensi guru.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.