Advertorial

3 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar

Kompas.com - 14/06/2022, 15:39 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat laju digitalisasi semakin pesat. Pasalnya, selama pandemi aktivitas yang biasanya dilakukan secara tatap muka menjadi begitu terbatas. Aplikasi pertemuan virtual menjadi solusi untuk mengatasi situasi tersebut.

Pesatnya digitalisasi memengaruhi hampir semua sektor, termasuk pendidikan. Selama pandemi, perangkat digital menjadi krusial untuk dimiliki demi memastikan KBM tetap berjalan. Hal ini karena adanya keterbatasan tatap muka antara pengajar dan pelajar.

Saat ini, walaupun pembelajaran tatap muka (PTM) sudah mulai dilakukan di beberapa jenjang pendidikan, proses belajar mengajar melalui perangkat digital tetap dijalankan. Oleh sebab itu, perangkat penunjang KBM, seperti laptop, harus tetap dimiliki oleh pelajar.

Nah, bagi pelajar, memilih laptop dapat dikatakan tidak mudah. Dari banyaknya merek dan tipe laptop yang dijual di pasaran, pelajar harus mempertimbangkan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan belajar. Bujet yang dikeluarkan pun sebaiknya tidak berlebihan.

Agar tidak salah pilih, berikut adalah tiga rekomendasi laptop dengan kelebihan fitur-fiturnya yang cocok untuk pelajar.

  1. Huawei Matebook D14

Huawei Matebook D14 dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi yang cocok untuk pelajar.

Laptop berukuran 14 inci tersebut memiliki desain yang tipis dan ringan. Pengisi dayanya pun didesain sebesar ukuran saku. Kabel penghubungnya juga tersedia dalam bentuk tipe C. Dengan begitu, membawa laptop beserta buku pelajaran menjadi lebih praktis. Ukuran dan bobot laptop juga tidak membuat tas pelajar terasa berat.

Huawei Matebook D14 juga memiliki fitur Phone Collaboration. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan aplikasi ponsel di laptop sehingga cocok untuk mengerjakan tugas sekolah dan kuliah.

Tak hanya itu, laptop ringan kekinian tersebut juga memiliki fitur Direct Access File yang memudahkan pengiriman file dari laptop ke ponsel dan sebaliknya.

Laptop Huawei Matebook D14 juga mendukung segala jenis port, salah satunya USB tipe C. Jadi, proses transfer data dari ponsel ataupun perangkat lain dapat dilakukan secara mudah.

  1. Lenovo V14

Lenovo V14 merupakan laptop berukuran 14 inci dari V series yang dirilis oleh perusahaan teknologi Lenovo. Desain perangkat yang tipis dan ringan membuat produk ini direkomendasikan untuk pelajar.

Dari segi penyimpanan, laptop Lenovo V14 dilengkapi random access memory (RAM) sebesar empat gigabita (GB) jenis DDR4 dengan kecepatan 3.200 megahertz (MHz). Jika dimaksimalkan, RAM bisa mencapai 12 GB. Dengan spesifikasi ini, aplikasi penunjang pelajaran hingga gim pun dapat diproses dengan optimal.

Laptop Lenovo V14 juga dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3, port yang lengkap, konektivitas WiFi dan Bluetooth yang cepat, serta AccuType keyboard. Fitur-fitur ini cocok untuk pelajar yang memakai laptop seharian untuk belajar mengerjakan tugas dengan internet.

Lalu, laptop tersebut juga dilengkapi webcam berkualitas 720 piksel (p) sehingga gambar yang ditampilkan saat video conference untuk pembelajaran jarak jauh cukup jernih.

Selain itu, Lenovo V14 juga dilengkapi dengan Windows dan Microsoft Home Student orisinal. Jadi, laptop bisa langsung digunakan tanpa harus menginstal program Windows dan Microsoft terlebih dahulu.

  1. Lenovo Ideapad Slim 3

Mirip dengan seri Lenovo V14, Lenovo Ideapad Slim 3 juga berukuran 14 inci dengan desain yang tipis dan ringan. Namun, tampilan Ideapad Slim 3 lebih terlihat elegan karena berbahan aluminium.

Laptop Lenovo Ideapad Slim 3 sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen dengan penyimpanan RAM 4 GB yang dapat dimaksimalkan hingga 12 GB, serta port yang lengkap.

Konektivitas WiFi dan Bluetooth dari laptop ini pun cepat sehingga memudahkan pelajar untuk menyambungkan saluran internet ataupun pengiriman data melalui perangkat lain.

Kelebihan yang membedakan Lenovo Ideapad Slim 3 dengan Lenovo V14 adalah fitur Hard Drive yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan disc.

Selain itu, Lenovo Ideapad Slim 3 juga memiliki dua slot RAM. Jadi, performa laptop ini lebih lancar dan tahan lama.

Itulah tiga rekomendasi laptop yang cocok untuk pelajar. Seluruh laptop tersebut dapat kamu beli di toko elektronik terdekat. Kamu juga dapat membeli laptop secara online di marketplace, seperti Tokopedia.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.