Advertorial

Dukung Pertumbuhan dan Manfaat Ekonomi Digital, Sekjen Kemenkominfo Tekankan Tiga Isu Prioritas DEWG

Kompas.com - 15/06/2022, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Digital Economy Working Group (DEWG) secara virtual pada Jumat (10/6/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah delegasi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkominfo Mira Tayyiba mengatakan, terdapat tiga isu prioritas yang diangkat dalam salah satu rangkaian kegiatan Presidensi Group of Twenty (G20) tersebut, yaitu konektivitas dan pemulihan pascapandemi Covid-19, literasi dan kecakapan digital, serta arus data lintas batas negara.

Hal itu dikatakan Mira dalam Sofa Talk Series saat mengulik aspek ekonomi pada tiga isu prioritas DEWG G20.

Mira menilai, tiga hal tersebut penting dibahas guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pembahasan ketiga isu prioritas DEWG G20 dapat mendukung pertumbuhan perekonomian, khususnya perkembangan ekonomi digital Indonesia dan manfaatnya bagi dunia usaha dan masyarakat,” ujar Mira dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Sebagai penyelenggara DEWG G20, ia menambahkan, Kemenkominfo telah memulai rangkaian kegiatan hingga dua pertemuan.

Adapun pertemuan pertama diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 29-30 Maret 2022. Sementara, sidang kedua digelar di Yogyakarta pada 17-19 Mei 2022.

“Saat ini, kami sedang mempersiapkan sidang ketiga yang akan diselenggarakan pada Juli di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT),” jelasnya.

Mira menjelaskan, pembahasan tiga isu prioritas selama sidang DEWG berjalan lancar. Hal itu berkat dukungan kuat negara dari anggota G20 atas esensi ketiga isu prioritas yang diusulkan Indonesia.

“Kami juga ingin menegaskan bahwa pembahasan yang berjalan di ruang sidang bukanlah sekadar konsep, melainkan hal nyata, riil, dan membawa manfaat bagi seluruh pihak, terutama dalam aspek ekonomi,” jelasnya.

Untuk mendukung pelaksanaan setiap pertemuan DEWG, lanjut Mira, Kemenkominfo juga mengadakan Sofa Talk Series sebagai forum sosialisasi. Forum ini telah digelar sebanyak enam seri dengan topik pembahasan berbeda-beda.

Program Sofa Talk Series dihadiri Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia Bima Laga, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad, dan Dewan Pakar Institute for Social Economic Digital Indonesia (ISED) Rosdiana Sijabat.

Untuk diketahui, dalam Sofa Talk seri kedua hingga keempat, Kemenkominfo menggali tiga isu prioritas DEWG tersebut secara mendalam. Pada setiap pelaksanaan Sofa Talk Kemenkominfo pun melibatkan mitra National Strategic Stakeholder dan National Knowledge Partner.

“Kemudian, pada Sofa Talk kelima, kami merekapitulasi isu digital pada Presidensi G20 Indonesia dan menjelaskan linimasa mengenai kegiatan pertemuan DEWG,” jelasnya.

Dalam Sofa Talk seri keenam, lanjut Mira, DEWG akan fokus pada aspek ekonomi dari tiga isu prioritas tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya mengundang para pakar ekonomi dari lembaga riset ekonomi independen INDEF dan ISED, serta praktisi dari iDEA.

“Aspek ekonomi dalam tiga isu prioritas DEWG begitu penting untuk diulas dalam mendorong transformasi digital nasional yang menjadi program dan kebijakan strategis pemerintah,” terangnya.

Mira berharap, diskusi tersebut dapat memberi insight sekaligus momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya isu yang diampu oleh DEWG.

“(Isu-isu tersebut) tentu (berperan) penting dalam perkembangan ekonomi digital Indonesia serta mendorong transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” tuturnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.