Advertorial

Gelar Wisuda Bertajuk “Go Beyond” 2022, UPH Cetak Rekor MURI

Kompas.com - 15/06/2022, 20:53 WIB

KOMPAS.com – Kemajuan dunia yang dinamis menuntut setiap individu untuk giat mengembangkan diri. Ini perlu dilakukan agar menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan transformatif.

Sebagai institusi pendidikan, Universitas Pelita Harapan (UPH) merespons hal tersebut dengan berkomitmen memberikan pendidikan berkualitas tinggi. Upaya ini dilakukan untuk melahirkan lulusan profesional yang kompeten di bidangnya.

Komitmen tersebut juga mendasari UPH dalam mengusung “Go Beyond” sebagai tajuk acara wisuda tahun akademik 2021/2022.

Adapun gelaran tersebut melantik 1.802 wisudawan dari program doktor, magister, sarjana, sarjana terapan, dan diploma III. Acara ini diselenggarakan secara tatap muka (onsite) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) di UPH Kampus Lippo Village mulai Rabu (15/6/2022) hingga Jumat (17/6/2022).

Pada acara tersebut, UPH turut mengumumkan lulusan peraih indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi pada tiap strata. Mereka adalah Fiona Angka dari Strata I, Nur Wahyuni Sulistiowati dari Strata II, dan Hadi Poernomo dari Strata III.

Rektor UPH Jonathan Parapak yang melantik para wisudawan berpesan kepada para lulusan untuk membawa perubahan bagi bangsa dengan mengemban visi UPH, yakni pengetahuan sejati, iman kepada Tuhan Yang Mahakuasa, dan karakter mulia.

“Kami yakin, bangsa ini membutuhkan profesional-profesional muda berintegritas tinggi. Anda sudah dipersiapkan untuk mengabdikan ilmu yang telah didapatkan sehingga menjadi berkat bagi bangsa Indonesia,” ujar Jonathan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Paristiyanti Nurwardani. Ia berpesan kepada wisudawan untuk menjadi SDM unggul yang adaptif dan fleksibel dalam menghadapi tantangan baru di luar kampus.

Raih rekor MURI

Menariknya, gelaran wisuda UPH pada 2022 berhasil mendapatkan piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai “Penyelenggara Dua Kali Uji Publik Disertasi diikuti 1.500 Peserta sebelum Sidang Terbuka”. Adapun disertasi dua kali uji itu dilakukan oleh Hadi Poernomo.

Ketua Umum MURI Jaya Suprana yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, peristiwa itu juga merupakan sebuah kebanggaan bagi MURI. Sebab, rekor yang diperoleh merupakan rekor tingkat dunia.

“(Momen ini) dahsyat sekali. Belum ada (universitas) yang pernah menyelenggarakan disertasi dua kali uji publik sebelum sidang ujian terbuka yang dihadiri 1.500 peserta,” ujar Jaya.

Ia melanjutkan, pemecahan rekor tersebut merupakan salah satu peristiwa akademis yang layak untuk dihormati dan dikenang.

“Peristiwa ini membuktikan sifat dunia akademis yang tidak lagi tertutup, tetapi membuka dirinya untuk merdeka. Sama seperti program pemerintah, yaitu merdeka belajar,” kata Jaya.

Sementara itu, Hadi Poernomo menyampaikan syukur atas penghargaan MURI yang didapat. Ia pun bertekad untuk terus menguji disertasinya. Sebab, ia yakin penemuannya bisa memecahkan masalah yang sedang timbul saat ini, yakni tindak pencegahan korupsi dan permasalahan utang negara.

Melalui wisuda tersebut, UPH berharap, para lulusan dapat terus melakukan inovasi dan bergerak maju menjadi pemimpin bangsa yang transformasional serta siap menghadapi tantangan di masa depan.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.