Advertorial

Sematkan Snapdragon 8 Gen 1, OPPO Find X5 Pro 5G Semakin Garang

Kompas.com - 21/06/2022, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Di tengah arus persaingan industri ponsel pintar yang ketat, setiap produsen dituntut untuk mampu menghasilkan produk berkualitas. Terlebih, ponsel pintar masa kini harus mampu menunjang kebutuhan multitasking pengguna.

Demi menjawab kebutuhan tersebut sekaligus mempertegas statusnya di industri ponsel pintar, produsen asal China, Oppo, menghadirkan flagship terbaru, yakni Oppo Find X5 Pro 5G.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G adalah bagian dari lini Find X5 Series yang merupakan suksesor dari lini Find X3 Series.

Smartphone flagship terbaru dari Oppo tersebut memiliki performa jempolan karena telah dibekali dengan chipset atau system on chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1.

Seperti diketahui, chipset adalah salah satu komponen penting yang berpengaruh besar terhadap performa sebuah smartphone.

Semakin tangguh chipset yang disematkan, maka semakin gesit pula performa smartphone dalam memproses berbagai aplikasi.

Kinerja dari chipset atau SoC juga bergantung pada beberapa komponen chip lain yang ada di dalamnya, seperti pengolah grafis (GPU) dan penunjang kinerja artificial intelligence (AI) atau NPU.

Snapdragon 8 Gen 1 sendiri merupakan penerus dari Snapdragon 888 dan 888+ yang diproduksi oleh Qualcomm. Chipset ini umum digunakan pada smartphone kelas atas.

Chipset tersebut merupakan produk pertama yang dilengkapi dengan arsitektur ARMv9 dan terdiri dari tiga klaster prosesor.

Pada klaster pertama, Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi dengan Cortex-X2 berkecepatan clock 3,0 gigahertz (GHz).

Untuk klaster kedua, ada tiga core Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5 GHz. Sementara pada klaster ketiga, Qualcomm menyematkan empat core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GHz.

Dari sisi grafis, chipset itu hadir dengan GPU Adreno 730. Kehadiran komponen ini membuat Oppo Find X5 Pro 5G memiliki performa 30 persen lebih tinggi dan mampu menghemat daya hingga 25 persen ketimbang generasi sebelumnya.

Berdasarkan pengujian AnTuTu, chipset penerus Snapdragon 888 tersebut memiliki skor sebesar 2.704.548.

Adapun kinerja dari chipset tersebut juga didukung dengan random access memory (RAM) sebesar 12 gigabyte (GB) dan penyimpanan internal 256 GB.

Hadirkan berbagai fitur

Sebagai chipset berkelas premium, kehadiran Snapdragon 8 Gen 1 telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

Salah satu fitur penting yang ada pada chipset tersebut adalah Sight Technology yang dilengkapi dengan image signal processor (ISP) 18-bit. Fitur tersebut dihadirkan untuk membuat hasil jepretan kamera menjadi lebih berkualitas, termasuk pada Oppo Find X5 Pro 5G.

Dengan fitur tersebut, kamera yang didukung dengan Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kecepatan hingga 3,2 gigapiksel per detik.

Selain itu, kamera juga mampu menangkap lebih dari 4.000 data, seperti rentang dinamis, warna, dan ketajaman gambar.

Berkat fitur itu pula, kamera Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghasilkan rekaman video high dynamic range (HDR) 8K dalam format HDR10+ premium yang dapat dimuat dalam satu miliar warna.

Selanjutnya, Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi teknologi AI generasi ke-7 dengan prosesor Qualcomm Hexagon berperforma tinggi dan efisien.

Dengan teknologi tersebut, Snapdragon 8 Gen 1 mampu menampilkan akselerator tensor pada smartphone dua kali lebih cepat dengan memori bersama hingga dua kali lebih besar.

Dari segi keamanan, Snapdragon 8 Gen 1 telah didukung dengan berbagai fitur terkini, seperti trust management engine.

Fitur tersebut berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan memberikan root of trust tambahan, baik untuk aplikasi maupun layanan.

Terdapat pula Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang memungkinkan kecepatan wireless fidelity (Wi-Fi) meningkat hingga 3,6 gigabyte per second (Gbps) melalui Wi-Fi 6 dan 6E.

Berkat segala kelebihan tersebut, tak heran Oppo Find X5 Pro yang mengandalkan Snapdragon 8 Gen 1 sebagai dapur pacu memiliki performa jempolan.

Kalian tidak perlu menunggu lagi karena Oppo Find X5 Pro 5G ini sudah hadir di Indonesia. Oppo Find X5 Pro 5G dengan pilihan warna Ceramic White dan Glaze Black dijual dengan harga Rp 14.999.000,- dan dapat dibeli di Oppo Brand store, Oppo Official store dan mitra toko yang menjual Oppo Find X5 Pro 5G serta e-commerce partner terkemuka seperti Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Bagi yang penasaran mengenai spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G, silakan kunjungi tautan berikut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.