Advertorial

Selain Borobudur dan Merapi, 3 Tempat Wisata Berikut Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Yogyakarta

Kompas.com - 22/06/2022, 11:52 WIB

KOMPAS.com - Yogyakarta adalah salah satu kota destinasi populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kota yang lazim disebut Jogja ini menawarkan sejuta kenangan sehingga memikat siapa pun untuk kembali ke sana.

Beragam obyek dan atraksi wisata dapat dinikmati, mulai dari mengunjungi Candi Borobudur, melihat keindahan senja di Pantai Parangtritis, menyantap jajanan di angkringan kaki lima, hingga menikmati kemegahan Gunung Merapi.

Meski demikian, keindahan Yogyakarta tak cuma itu saja. Kota ini juga memiliki deretan tempat wisata dengan pemandangan alam yang menawan. Saat musim liburan tiba, kamu wajib mengunjunginya.

Berikut Kompas.com rangkumkan tiga tujuan wisata dengan pemandangan alam yang indah di Yogyakarta.

  1. Geblek Menoreh View

Penggemar wisata kuliner dan alam wajib menyambangi Geblek Menoreh View. Destinasi yang terletak di Pamonosutan, Kembang, Pronosutan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, ini merupakan angkringan modern dengan konsep semi-outdoor yang buka setiap hari mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

Saat tiba di sana, wisatawan akan menemukan deretan meja dan kursi yang ditata rapi di tepian sawah. Kamu bisa menempati meja dan kursi tersebut untuk menikmati suguhan penganan khas Kulon Progo, yaitu geblek, sembari menikmati pemandangan sawah dan Bukit Menoreh.

Untuk diketahui, geblek merupakan penganan terbuat dari tepung tapioka dan bawang putih. Jajanan ini mirip seperti cireng. Hanya saja, geblek disajikan dengan bumbu kacang, sedangkan cireng dengan bumbu rujak.

Adapun beberapa menu lain yang tersedia adalah bakwan, sate ati, sate usus, sate telur puyuh, tempe mendoan, dan pisang goreng.

  1. Obelix Hills

Jika ingin berlibur di tempat wisata perbukitan dan bersuhu udara dingin, Obelix Hills wajib kamu sambangi.

Terletak di Dusun Klumprit I, Kelurahan Wukirharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Obelix Hills berbeda dengan wisata perbukitan lain di Yogyakarta. Pasalnya, bukit ini memiliki bebatuan purba yang masih asli.

Suasana syahdu dengan pemandangan senja yang menawan dari destinasi itu dapat memberi kenyamanan tersendiri bagi wisatawan yang singgah ke sana.

Obelix Hills memiliki lebih dari 30 spot foto gratis yang bisa dieksplorasi. Salah satu spot andalan di sana adalah The Edge yang tepat berada di tepi jurang dengan latar hamparan pepohonan. Selain itu, ada pula sky-deck berlantai kaca sehingga pengunjung bisa melihat jurang di bawahnya.

  1. Pinus Pengger

Bergeser ke Kabupaten Bantul, kamu bisa menikmati keindahan panorama alam yang indah saat malam hari tiba di Pinus Pengger. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kawasan Hutan Pinus Pengger merupakan tempat wisata yang instagramable. Beragam spot foto dengan latar lampu kota yang indah dapat kamu temukan di sana.

Adapun spot foto dengan susunan ranting pohon dalam berbagai bentuk, seperti bulat, hati, dan segitiga menjadi tempat favorit wisatawan di Pinus Pengger.

Jika ingin mendapat hasil bidikan foto yang keren, pastikan kamu singgah ke sana saat malam hari. Meski begitu, usahakan datang lebih awal, yakni jelang waktu maghrib untuk mengambil nomor antrean foto terlebih dahulu.

Nah, itulah tiga tempat wisata dengan panorama alam yang menawan di Yogyakarta. Agar liburan terasa menyenangkan, sebaiknya booking hotel dari jauh-jauh hari untuk bermalam di Yogyakarta. Dengan begitu, kamu tak perlu repot cari penginapan dadakan setiba di Kota Pelajar.

Supaya lebih mudah dan praktis, kamu bisa memesan hotel di Yogyakarta melalui Tokopedia. Platform e-commerce ini menawarkan berbagai pilihan hotel, mulai dari hotel bujet dengan kisaran harga Rp 150.000 hingga hotel bintang lima, seperti Grand Mercure Yogyakarta.

Di Tokopedia, kamu bebas memilih hotel sesuai bujet yang kamu miliki. Caranya pun mudah. Kamu cukup menggunakan fitur filter dan mengaturnya berdasarkan rentang harga terendah dan tertinggi sesuai preferensi.

Kamu juga bebas memilih hotel berdasarkan tipe akomodasi, seperti hotel, apartemen, vila, hostel, guest house, cottage, dan perkemahan.

Bagaimana, mudah bukan? Segera booking hotel untuk liburan di Yogyakarta melalui Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.