Advertorial

Unpar Buka Penerimaan Jalur Khusus UTBK 2022, Ketahui Syaratnya

Kompas.com - 24/06/2022, 14:37 WIB

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi khusus menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Seleksi jalur UTBK itu akan memberi kemudahan bagi calon mahasiswa tanpa perlu tes dan proses seleksi. Sebab, calon mahasiswa bisa mendaftar ke UNPAR hanya berdasarkan nilai UTBK yang diperoleh dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Calon mahasiswa yang telah mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 dapat mengikuti program tersebut hingga Selasa (19/7/2022).

Sebagai informasi, seleksi khusus Jalur UTBK terbuka tersebut untuk semua program studi (prodi) dan program peminatan Strata 1 (S1) dan Diploma 3 (D3).

Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran melalui laman pmb.unpar.ac.id. Mereka yang memenuhi kriteria dan persyaratan nilai UTBK akan langsung dinyatakan lulus seleksi untuk melanjutkan studi di Unpar.

Adapun biaya pendaftaran program seleksi jalur UTBK Unpar untuk jenjang S1 sebesar Rp 250.000, sedangkan jenjang D3 sebesar Rp 150.000.

Calon mahasiswa dapat memilih sampai tiga pilihan program studi (prodi). Untuk diketahui, Prodi Manajemen, Hukum, Hubungan Internasional, serta Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ketiga.

Selain itu, mahasiswa yang ingin mendaftar di Prodi Teknik Kimia dan Teknik Elektro harus memenuhi persyaratan khusus, yakni tidak buta warna. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata.

Calon mahasiswa yang berminat masuk Unpar melalui jalur nilai UTBK pun mesti menyiapkan beberapa berkas yang harus di-upload. Berikut rinciannya.

  • Fotokopi akta kelahiran
  • Sertifikat perolehan hasil UTBK serta surat keterangan lulus jurusan sekolah menengah atas (SMA) atau legalisasi ijazah SMA untuk siswa yang bersekolah di sekolah internasional. Bagi siswa yang bersekolah di sekolah internasional harus sudah memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA) jika lolos seleksi.
  • Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisasi ijazah beserta fotokopi rapor kelas 10 hingga 12.
  • Menyertakan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro dan fotokopi rapor kelas 10-12 yang telah dilegalisasi.

Calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi jalur UTBK Unpar dapat mendaftar melalui laman Unpar di pmb.unpar.ac.id. Peserta bisa mengikuti langkah-langkah pengisian yang ada.

Jadwal pelaksanaan jalur seleksi UTBK Unpar

Calon mahasiswa yang ingin masuk Unpar melalui jalur seleksi khusus UTBK harus mengetahui rincian jadwal pendaftarannya. Berikut jadwal lengkapnya.

  • Pendaftaran peserta melalui website pmb.unpar.ac.id dilakukan mulai 20 Juni sampai 19 Juli 2022 paling lambat pukul 15.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB).
  • Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan mulai 20 Juni sampai 20 Juli 2022 paling lambat pukul 15.00 WIB.
  • Unggah berkas pendaftaran, input nilai UTBK, serta cetak bukti pendaftaran mulai 20 Juni sampai 20 Juli 2022 paling lambat pukul 15.00 WIB.
  • Ujian gambar khusus calon mahasiswa yang memilih Prodi Arsitektur dan esai atau karya khusus calon mahasiswa yang memilih Integrated Arts pada Prodi Filsafat, secara online pada 22 Juli 2022.
  • Pengumuman hasil seleksi UTBK dapat dicek di pmb.unpar.ac.id mulai pukul 18.00 WIB pada 28 Juli 2022.
  • Pembayaran biaya studi bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru pada 1 Agustus 2022 sampai 20 Agustus 2022
  • Unggah berkas daftar ulang calon mahasiswa baru pada 1 Agustus 2022 - 21 Agustus 2022.
  • Awal perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 dilakukan pada 12 September 2022 sesuai kalender akademik

Hadirkan delapan program baru

Guna menjawab tantangan zaman sekaligus memanfaatkan peluang di tengah ketatnya persaingan kerja, Unpar menawarkan delapan program peminatan teranyar. Calon mahasiswa yang mengambil program ini akan dibekali skill set mumpuni sebagai jawaban kebutuhan terkini.

Adapun program peminatan tersebut, yaitu Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Integrated Arts, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan.

UNPAR menyadari bahwa ketatnya persaingan dunia kerja tak hanya membuka peluang untuk gelar sarjana, tapi juga studi peminatan lain.

Program peminatan teranyar dari UNPAR ini dapat menjadi pilihan untuk menjawab kepentingan zaman. Generasi muda perlu memilih bidang yang berhubungan dengan kebutuhan terkini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program peminatan baru dari Unpar dan informasi terkait jalur khusus UTBK, Anda dapat mengunjungi laman pmb.unpar.ac.id.

Anda juga bisa mendapatkan informasi melalui Layanan Informasi PMB Unpar dengan mengirimkan pesan pada e-mail admisi@unpar.ac.id. Informasi juga bisa didapat secara langsung melalui nomor telepon (022) 2032655, akun Instagram @unparofficial, serta akun Line @unpar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com