Advertorial

BNI, Telkomsel, dan MCAS Group Jalin Perjanjian Kerja Sama untuk Sinergi Produk serta Layanan Digital

Kompas.com - 27/06/2022, 21:09 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), dan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS Group) menandatangani perjanjian kerja sama untuk menyinergikan produk serta layanan digital pada Senin (27/6/2022).

Acara penandatangan perjanjian kerja sama itu dihadiri oleh Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Direktur M Cash Mohammad Anis Yunianto, serta jajaran direksi dari ketiga perusahaan. 

Dalam kerja sama tersebut, salah satu jaringan BNI, yakni Agen46, akan mendistribusikan produk dan layanan Telkomsel, seperti kartu SIM, voucer fisik, pulsa, dan paket data.

BNI Agen46 sendiri merupakan mitra dari BNI yang berperan memberikan layanan perbankan kepada masyarakat, seperti Layanan Laku Pandai, Layanan Keuangan Digital, dan Layanan e-Payment.

Hingga saat ini, BNI telah memiliki lebih dari 158.000 jaringan Agen46 yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. Badan usaha milik negara (BUMN) telah melayani lebih dari 175 juta pelanggan dan lebih dari 500.000 jaringan mitra outlet di seluruh Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut, jaringan mitra outlet Telkomsel juga akan menawarkan layanan perbankan BNI kepada masyarakat, seperti melakukan pembukaan rekening nasabah, setoran tunai, dan tarik tunai. 

Sementara itu, MCAS Group akan menyediakan sistem distribusi digital kepada BNI dan Telkomsel. Dengan demikian, kedua perusahaan ini akan semakin tangguh dan terhubung.

MCAS Group bertugas untuk memastikan pendistribusian cross-products dan services antara BNI dan Telkomsel dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah penjualan kartu perdana Telkomsel oleh Agen46 BNI. 

Selain itu, MCAS Group juga memberdayakan ekosistem digitalnya untuk bersinergi dengan BNI melalui kerja sama sharing biller, layanan drop point logistik melalui Agen46 BNI, dan utilisasi IP Bumi Langit pada kartu uang elektronik TapCash.

Ke depan, sinergi tersebut diharapkan dapat membuka aksesibilitas Sistem Ganti Baterai EV Volta yang berkelanjutan. 

Pada kesempatan itu, Royke mengatakan bahwa BNI, Telkomsel, dan MCAS Group memiliki tujuan yang sama dalam transformasi digital dan proses bisnis, mulai dari customer onboarding, in-app customer engagement, modernisasi transaksi dan layanan, hingga pemanfaatan big data.

Oleh karena itu, kerja sama tersebut akan terus berjalan untuk memperluas ekosistem digital di Indonesia. 

“BNI sebagai bank yang memiliki visi menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan juga terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah, khususnya dalam transaksi finansial,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Lebih lanjut, Royke menjelaskan, BNI akan terus melakukan kolaborasi strategis bersama mitra bisnis guna mengakselerasi transformasi digital serta pencapaian bisnis bagi BNI dan mitra bisnis. 

Senada dengan Royke, Hendri mengatakan bahwa kolaborasi bersama BNI dan MCAS Group sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler dalam menghadirkan solusi digital inovatif di berbagai sektor, termasuk perbankan.

Ia pun berharap, kerja sama antara ketiga belah pihak bisa memberi dampak lebih pada kemajuan dan penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif serta berkelanjutan. 

Melalui kolaborasi tersebut, lanjutnya, Telkomsel akan senantiasa mengoptimalkan seluruh aset ekosistem digital yang dimiliki untuk menghadirkan berbagai solusi digital yang dibutuhkan dalam mengakselerasi transformasi digital BNI.

Sebagai contoh, digitalisasi pelayanan pelanggan, akses terintegrasi, dan pemanfaatan big data. Hal ini dapat mampu meningkatkan kapabilitas digital BNI guna menjadi salah satu bank BUMN yang go global

Hendri menambahkan, tujuan kolaborasi juga tidak terbatas pada peningkatan ekosistem digital BNI, tetapi juga Telkomsel dan MCAS Group. Kerja sama antara ketiga pihak merupakan langkah awal untuk bergerak bersama menuju kedaulatan digital, terutama di sektor perbankan.

“Kami pun berharap lebih banyak kolaborasi yang terjalin. Kami juga berterima kasih kepada BNI terhadap kepercayaan pada solusi digital yang kami miliki," katanya. 

Sementara itu, Anis menyampaikan bahwa perseroan bangga dapat turut berkolaborasi dengan kedua perusahaan terkemuka di Indonesia tersebut.

“Sebagai digital enabler, kami selalu memastikan untuk mengiringi setiap inisiasi kerja sama dengan dukungan infrastruktur digital yang masif dan terdepan dari MCAS Group,” ujarnya.

Menurutnya, MCAS Group sepenuhnya yakin dapat mendukung transformasi digital dalam modernisasi bisnis BNI dan Telkomsel untuk dapat go global. 

“Berbagai inisiatif yang kami lakukan, baik dengan BNI maupun Telkomsel, memberikan mutual benefit. Dengan kapabilitas infrastruktur digital yang kami kembangkan dan didukung oleh tim information technology (IT) yang kuat, ke depan, kami akan terus melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan sinergi yang semakin andal dengan banyak pihak ke depannya,” tutur Anis. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.