Advertorial

HUT ke-23 PP Polri, Kepala BP Batam Terima Anugerah Bintang Bhakti Tri Dharma Nararya

Kompas.com - 30/06/2022, 20:45 WIB

KOMPAS.com - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mendapatkan tanda penghargaan Bintang Bhakti Tri Dharma Nararya dalam rangkaian acara syukuran hari ulang tahun (HUT) ke-23 Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PP Polri). 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ketua Umum Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri di Grand Ballroom Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (30/6/2022).

Bambang mengatakan, Rudi mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai berjasa atas inovasi dan semangat juang dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Batam, Kepulauan Riau.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Rudi yang saat ini memimpin dan membangun Batam.

“Kepala BP Batam berkontribusi besar memberikan dukungan bagi PP Polri di Batam," kata Bambang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Lebih lanjut, Bambang menilai bahwa Batam telah mencapai kemajuan pesat di bawah kepemimpinan Rudi. Hal ini terlihat dari pembenahan yang dilakukan pada aspek luar dan dalam serta kebijakan yang berdampak positif pada Batam.

“Batam berpengaruh besar untuk NKRI karena letaknya strategis. Kepala BP Batam telah membuat kebijakan yang mendukung hal tersebut,” ujarnya.

Selain Rudi, ada tiga tokoh lain yang juga mendapatkan penghargaan Bintang Bhakti Tri Dharma Nararya, yakni Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) (Purnawirawan) Imam Sudjarwo, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Basaria Panjaitan, serta Edi Yosfi.

Bambang melanjutkan ucapan terima kasih kepada semua tokoh yang dianugerahi Bintang Bhakti Tri Dharma Nararya. Para tokoh tersebut dinilai telah membangun dan berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas PP Polri di tengah masyarakat.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi bersama Ketua Umum PP Polri Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri. DOK. BP Batam Kepala BP Batam Muhammad Rudi bersama Ketua Umum PP Polri Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri.

Mantan Kapolri periode 2008-2010 itu menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan melalui proses evaluasi dan monitoring dengan melihat sepak terjang, karya nyata, dan peran sosial para penerima penghargaan di masyarakat luas.

Sementara itu, Rudi mengatakan bahwa apa yang dilakukannya termotivasi atas semangat juang para purnawirawan yang tidak pernah berhenti dan terbatas usia sehingga patut untuk diteladani.

“Semangat untuk membangun Batam juga mesti dimaknai dengan cara serupa. Semua pihak harus bergandengan tangan dan berjuang untuk kemajuan Batam," ujar Rudi.

Untuk diketahui, Rudi menjadi figur sentral bagi perkembangan dan kemajuan BP Batam. Menjabat sebagai kepala BP Batam, ia ibarat nahkoda yang bertanggung jawab kepada seisi kapal sekaligus memandu perjalanan untuk berlabuh pada satu tujuan, yakni Batam menjadi lebih unggul dan berdaya saing.

Pria yang juga merupakan Wali Kota Batam itu terus bergerak dengan inovasi pembangunan di bidang infrastruktur, baik pengembangan transportasi darat, laut, maupun udara. Berkat daya juangnya, Rudi berhasil membuat investasi Batam melesat pada masa pandemi Covid-19.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi. 

DOK. BP Batam Kepala BP Batam Muhammad Rudi.

Bahkan, capaian pertumbuhan ekonomi Batam mencapai 4,75 persen pada 2021. Angka ini lebih tinggi ketimbang pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,69 persen dan Kepri sebesar 3,43 persen.

Seiring dengan visi Indonesia Emas 2045, Rudi berharap, upaya pembangunan Batam dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini berada pada angka 3,5 persen.

Untuk diketahui, pada acara sama, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo turut memberikan sambutan.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.