Advertorial

Asus Vivobook 13 Slate OLED, Laptop Sekaligus Tablet Kekinian dengan Layar OLED

Kompas.com - 01/07/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, hiburan digital sudah menjadi bagian dari kehidupan modern. Menikmati musik dari aplikasi streaming atau menonton film menggunakan layanan berbasis internet merupakan hal yang lumrah.

Hal tersebut dapat dikatakan salah satu bentuk transformasi digital, yaitu ketika berbagai layanan tradisional beralih ke dalam bentuk digital yang dapat diakses kapan dan di mana saja.

Meski demikian, menikmati beragam bentuk hiburan digital tentu membutuhkan perangkat komputasi. Hal yang perlu diketahui, tidak semua perangkat komputasi dirancang untuk menyajikan hiburan digital secara optimal. Sebab, kebanyakan perangkat komputasi, seperti laptop, dirancang untuk bekerja.

Oleh sebab itu, Vivobook 13 Slate OLED (T3300) tampil beda dari laptop pada umumnya. Laptop besutan Asus ini dirancang khusus bagi pengguna untuk menikmati hiburan digital.

Mengusung desain detachable, Vivobook 13 Slate OLED merupakan laptop dengan bodi dan keyboard yang dapat dilepas.

Desain tersebut membuat Vivobook 13 Slate OLED menjadi laptop yang fleksibel dan cocok untuk pengguna yang gemar menikmati portal hiburan.

Super ringkas dan fleksibel untuk berbagai kegiatan

Pada dasarnya, Vivobook 13 Slate OLED lebih tepat disebut sebagai sebuah tablet modern dengan sistem operasi Windows 11. Penyebutan ini cocok karena perangkat mempunyai desain bodi yang ringkas.

Bodi utamanya memiliki berat 780 gram, jauh lebih ringan ketimbang laptop pada umumnya. Hal ini membuat Vivobook 13 Slate OLED nyaman saat digunakan sebagai tablet.

Detachable stand cover untuk penyangga tampilan portrait. 

Dok. Asus Detachable stand cover untuk penyangga tampilan portrait.

Untuk menunjang kenyamanan, Vivobook 13 Slate OLED memiliki dua aksesori yang sangat penting, yaitu detachable keyboard dan stand cover. Keduanya merupakan aksesori yang dapat mengubah Vivobook 13 Slate OLED menjadi perangkat komputasi multifungsi yang fleksibel untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Sesuai dengan namanya, detachable keyboard merupakan aksesori yang membuat Vivobook 13 Slate OLED dapat digunakan layaknya sebuah laptop. Aksesori ini terhubung menggunakan koneksi langsung melalui pogo pin dan telah dilengkapi dengan magnet sehingga mudah untuk dilepas-pasang.

Selain itu, detachable keyboard untuk Vivobook 13 Slate OLED juga dilengkapi dengan touchpad guna memudahkan navigasi saat menggunakan perangkat.

Sementara itu, detachable stand cover berfungsi untuk membuat Vivobook 13 Slate OLED dapat berdiri dan digunakan sebagai laptop. Aksesori yang satu ini memiliki engsel yang dapat dibuka hingga 170 derajat, posisi yang nyaman untuk menggambar menggunakan stylus.

Detachable stand cover juga dapat digunakan agar Vivobook 13 Slate OLED bisa berdiri tegak dengan orientasi portrait. Dengan demikian, pengguna tidak perlu kesulitan mencari penyangga saat ingin menggunakan laptop dalam portrait. Menariknya, kedua aksesori inti tersebut telah disediakan dalam paket penjualan Vivobook 13 Slate OLED.

Dengan begitu, pengguna tidak hanya bisa menggunakan Vivobook 13 Slate OLED sebagai tablet untuk menikmati hiburan, tetapi dapat digunakan untuk menunjang produktivitas.

Fitur lengkap

Selain detachable keyboard dan stand cover, Vivobook 13 Slate OLED juga memiliki sistem operasi serta beragam fitur lain yang umumnya ada pada laptop.

Untuk sistem operasi, perangkat tersebut menggunakan Windows 11 yang banyak ditemukan pada laptop.

Kemudian, dari sisi fitur, Vivobook 13 Slate OLED memiliki dua port USB 3.2 Gen2 Type-C yang dapat digunakan untuk transfer data, mengisi daya, dan menghubungkan perangkat ke monitor eksternal.

Untuk mengisi daya, Vivobook 13 Slate OLED dapat menggunakan powerbank melalui port USB Type-C. Adaptor charger-nya juga memiliki ukuran yang mungil dan portabel sehingga mudah untuk dibawa bepergian.

Layar Vivobook 13 Slate OLED dapat dilepas dan menjadi tablet. 

Dok. Asus Layar Vivobook 13 Slate OLED dapat dilepas dan menjadi tablet.

Terlebih, charger USB Type-C juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membawa dua charger.

Fitur selanjutnya yang tidak kalah penting adalah konektivitas nirkabel. Vivobook 13 Slate OLED telah dilengkapi dengan teknologi wirelss fidelity (WiFi) 6. Teknologi WiFi generasi terbaru ini menawarkan kecepatan transfer data yang lebih baik dan sinyal stabil.

Bahkan, Asus menyematkan Asus WiFi Master di Vivobook 13 Slate OLED. Teknologi ini memungkinkan Vivobook 13 Slate OLED terkoneksi ke WiFi access point dengan kualitas sinyal terbaik secara otomatis. Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengganti koneksi WiFi secara manual.

Vivobook 13 Slate OLED juga dibekali dengan dua kamera. Adapun kamera depan menggunakan sensor beresolusi 5 megapiksel (MP). Sementara itu, kamera belakangnya memiliki sensor dengan resolusi 13 MP. Spesifikasi teknis kedua kamera ini bahkan melebihi laptop pada umumnya.

Dilengkapi layar Asus OLED

Salah satu keunggulan utama Vivobook 13 Slate OLED terdapat pada layar. Laptop detachable ini telah menggunakan layar berteknologi Asus OLED.

Berbeda dengan teknologi layar lain, Asus OLED menyediakan solusi lengkap dengan memberikan kualitas visual terbaik.

Sebagai informasi, Asus OLED telah mengantongi berbagai sertifikasi yang membuktikkan layar Asus OLED memiliki kualitas layar kelas profesional.

Salah satunya, layar Asus OLED menggunakan panel organic light-emitting diode (OLED). Hal ini membuat layar memiliki struktur yang berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel in-place switchin (IPS).

Layar Asus OLED terdiri dari jutaan lampu berukuran sangat kecil sehingga tidak menggunakan lapisan backlight. Struktur tersebut memiliki kelebihan, yaitu reproduksi warna yang sangat akurat, khususnya untuk warna hitam. Sebab, absennya backlight membuat layar Asus OLED mampu menampilkan warna hitam yang sempurna.

Salah satu kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut.

Layar Asus OLED memiliki color gamut DCI-P3 100 persen. Artinya, layar Asus OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3. Cakupan warna layar ini lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop.

Dengan cakupan warna yang luas, DCI-P3 juga dapat diandalkan oleh industri perfilman. Pasalnya, color gamut DCI-P3 mampu membuat detail dalam film tampil dengan baik.

Tampilan belakang Asus Vivobook 13 Slate OLED. 
Dok. Asus Tampilan belakang Asus Vivobook 13 Slate OLED.

Asus OLED juga telah dikalibrasi sejak awal untuk memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. Tidak tanggung-tanggung, layar Asus OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Dengan demikian, Vivobook 13 Slate OLED dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya bergantung pada layar dengan tingkat akurasi warna yang tinggi.

Asus OLED juga konsisten dalam menghadirkan kualitas visual. Salah satunya, layar Asus OLED dapat mempertahankan kualitas visual, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski disetel pada tingkat kecerahan yang rendah.

Contohnya, pada tingkat kecerahan 11 persen layar Asus OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100 persen. Konsistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini membuat video dan film yang ditampilkan memiliki kualitas yang sama dengan layar bioskop.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Asus OLED adalah kemampuan untuk menampilkan gambar bergerak secara lebih detail. Berkat response time yang cepat, yaitu hanya 0,2 milisecond (ms). Dengan begitu, gambar bergerak, seperti animasi, video, atau film, dapat ditampilkan secara lebih detail dan tajam.

Response time yang sangat cepat juga berguna saat melakukan editing video. Asus OLED dapat menampilkan detail video yang lebih baik dan minim efek motion blur. Menonton film penuh aksi pun menjadi lebih nyaman.

Salah satu efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik, seperti laptop, adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, Asus OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancaran radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual.

Asus OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi ini menegaskan bahwa kemampuan Asus OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka.

Intinya, Asus OLED merupakan teknologi layar terbaik yang bisa Anda dapatkan di sebuah laptop untuk menikmati hiburan digital.

Dibekali audio berkualitas

Fitur lain yang perlu diketahui dari Vivobook 13 Slate OLED adalah kualitas audionya. Untuk sebuah laptop sekaligus tablet dengan bodi ringkas, Vivobook 13 Slate OLED tampil dengan sistem quad-speaker yang mampu menciptakan suara yang lantang.

Vivobook 13 Slate OLED juga dibekali dengan teknologi SmartAMP. Teknologi tersebut memungkinkan sistem audio yang lebih lantang sekaligus menjaga kualitas suara dari efek distorsi. Dengan demikian, suara akan tetap jernih meski pada volume maksimal.

Agar pengalaman menikmati hiburan digital semakin imersif, Asus membekali Vivobook 13 Slate OLED dengan teknologi audio Dolby Atmos. Kombinasi sistem quad-speaker dengan teknologi Dolby Atmos membuat Vivobook 13 Slate OLED dapat menghadirkan suara dengan efek spasial yang kaya, mirip seperti di bioskop.

Daya tahan baterai panjang

Vivobook 13 Slate OLED tidak bisa dikatakan sebagai tablet atau laptop detachable mumpuni untuk menikmati hiburan digital jika tidak memiliki daya tahan baterai yang irit. Laptop ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 50 Watt-hours (Whrs) serta ditenagai oleh prosesor quad-core dari Intel yang memiliki tingkat konsumsi daya yang efisien.

Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10, Vivobook 13 Slate OLED mampu digunakan untuk memutar video hingga lebih dari 8 jam. Waktu yang cukup untuk melakukan maraton berbagai film trilogi ternama.

Tidak hanya itu, Vivobook 13 Slate OLED juga andal sebagai laptop penunjang aktivitas sehari-hari.

Selain telah dibekali RAM LPDDR4X sebesar 8 gigabita (GB) dan penyimpanan PCIe Gen3 SSD sebesar 256 GB, Vivobook 13 Slate OLED juga dapat digunakan untuk kebutuhan pekerjaan ringan selama lebih dari 9 jam. Hal ini berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test di mode Modern Office.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com