Advertorial

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Aspek Teknologi Layar Laptop yang Harus Diperhatikan Pencinta Film

Kompas.com - 01/07/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Transformasi digital telah membuat aktivitas hiburan, seperti menonton film, bisa dinikmati oleh semua orang kapan dan di mana pun. Pasalnya, sebelum layanan streaming online hadir, pergi ke bioskop merupakan satu-satunya cara untuk menonton film terkini dengan kualitas suara dan visual baik.

Kini, melalui layanan streaming online yang bisa diakses lewat laptop, semua orang bisa menikmati berbagai film berkualitas tinggi dengan mudah.

Sebagai informasi, laptop modern memiliki keunggulan tersendiri untuk digunakan sebagai “bioskop portabel”. Selain ukuran dan bentuknya yang ringkas sehingga mudah dibawa bepergian, laptop modern juga memiliki ukuran layar besar. Oleh karena itu, pengalaman menonton film bisa makin menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua laptop dibekali layar yang memberikan kenyamanan saat menonton film. Sebab, masih banyak laptop yang dirancang hanya untuk bekerja sehingga tidak bisa menampilkan konten film dengan optimal.

Bagi pencinta film yang ingin membeli laptop, perhatikan lima aspek layar berikut agar pengalaman menonton makin maksimal.

  1. Tingkat reproduksi warna tinggi

Tingkat reproduksi warna atau color gamut pada layar laptop merupakan faktor terpenting yang harus diperhatikan oleh pencinta film. Sebab, aspek ini menentukan jumlah warna yang bisa ditampilkan pada layar.

Perlu diketahui, semakin banyak warna yang bisa ditampilkan, film akan terlihat lebih jelas dan imersif. Apalagi, warna sangat berpengaruh pada mood serta detail film.

Perbandingan color gamut 

Dok. Asus Perbandingan color gamut

Saat ini, terdapat banyak jenis color gamut yang disematkan pada laptop, seperti sRGB dan DCI-P3. Khusus pencinta film, direkomendasikan membeli laptop dengan color gamut 100 persen DCI-P3.

Adapun 100 persen DCI-P3 setara dengan 133 persen sRGB. Oleh karena itu, DCI-P3 memiliki tingkat reproduksi warna yang lebih banyak ketimbang sRGB.

Selain itu, DCI-P3 juga merupakan standar color gamut yang digunakan oleh industri film. Dengan demikian, tampilan film di layar laptop dengan color gamut 100 persen DCI-P3 akan sesuai dengan kualitas asli film.

  1. Warna akurat

Kaya warna saja tidak cukup jika ingin menikmati pengalaman menonton film yang berkualitas melalui laptop. Layar laptop juga harus memiliki teknologi yang dapat menampilkan warna dengan akurat.

Pasalnya, tampilan warna yang tidak akurat bisa merusak berbagai detail visual yang ada di dalam sebuah film. Anda juga tidak bisa menikmati film sesuai keinginan pembuat film jika warna yang ditampilkan di layar tidak akurat.

Salah satu cara untuk melihat tingkat akurasi warna adalah dengan memastikan laptop telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Sertifikasi ini menandakan bahwa layar laptop telah melalui proses kalibrasi warna di pabrik secara akurat berdasarkan standar PANTONE. Untuk diketahui, standar ini telah banyak digunakan di berbagai industri.

  1. Memiliki fitur HDR

High dynamic range (HDR) merupakan fitur yang memungkinkan film atau video dapat ditampilkan dengan kontras warna yang tinggi. Dengan fitur ini, penonton dapat menikmati kualitas visual yang mirip seperti kondisi sebenarnya.

Adapun salah satu keunggulan fitur HDR adalah menampilkan warna hitam sempurna. Hal ini tidak dapat dihadirkan di layar laptop biasa.

Fitur HDR 

Dok. Asus Fitur HDR

Penggunaan panel organic light emitting diode (OLED) merupakan salah satu cara untuk menampilkan warna hitam sempurna. Setiap piksel pada layar OLED merupakan lampu LED dengan ukuran sangat kecil yang dapat dinyalakan dan dimatikan sesuai kebutuhan.

Hal tersebut membuat OLED dapat menampilkan warna hitam yang sempurna dengan kontras warna tinggi sesuai dengan spesifikasi fitur HDR.

Selain itu, layar OLED juga tidak memiliki lapisan backlight seperti pada layar berpanel in-plane switching (IPS) atau twisted nematic (TN).

Tak hanya dukungan OLED, Anda juga perlu memastikan laptop yang dibeli sudah mengantongi sertifikasi Vesa DisplayHDR 500 True Black untuk mendapatkan pengalaman sinematik terbaik.

  1. Response time cepat

Salah satu spesifikasi layar yang kerap diabaikan adalah response time, yaitu kecepatan layar dalam menampilkan frame tampilan berikutnya. Response time cepat memungkinkan tampilan visual bergerak cepat sehingga gambar tampil secara lebih tajam dan detail.

Response time cepat pada laptop 

Dok. Asus Response time cepat pada laptop

Dengan demikian, Anda tidak akan melewatkan berbagai detail yang ditampilkan dalam film. Teks berjalan pun tidak akan sulit terbaca. Agar lebih optimal, sebaiknya, pilih laptop dengan response time kurang dari 1 millisecond (ms).

  1. Layar yang bisa menjaga kesehatan mata

Menonton film di layar laptop dengan kualitas visual terbaik memang seru. Namun, jika dilakukan terlalu lama, hal ini bisa berdampak negatif pada kesehatan mata. Sebab, layar perangkat komputasi, seperti laptop, memancarkan radiasi sinar biru.

Meski demikian, saat ini, telah terdapat layar yang dapat mengurangi tingkat pancaran radiasi sinar biru sehingga lebih aman untuk kesehatan mata. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir ketika harus menggunakan laptop dalam jangka waktu yang panjang.

Jika Anda mencari layar laptop yang memiliki semua kualifikasi yang sudah disebutkan, Asus OLED adalah jawabannya. Sebab, teknologi layar laptop tersebut memiliki semua aspek yang membuat para pencinta film dapat menikmati kualitas visual terbaik. Tak hanya itu, layarnya pun aman untuk kesehatan mata.

Laptop yang menggunakan layar Asus OLED dibekali dengan teknologi color gamut 100 persen DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi Vesa DisplayHDR 500 True Black.

Selain itu, response time layar Asus OLED juga hanya 0,2 ms yang jauh lebih cepat ketimbang layar laptop lain. Lalu, layar laptop ini juga dilengkapi dengan fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland. Semua spesifikasi tersebut hadir untuk memanjakan mata.

Asus juga merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED yang diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan di dunia.

Kelebihan lainnya, Asus juga merupakan satu-satunya brand yang menghadirkan varian laptop dengan layar OLED terbanyak di Indonesia yang dibanderol di bawah Rp 10 juta.

Kini, semua orang bisa menikmati hiburan digital dengan kualitas visual terbaik melalui laptop dengan teknologi layar Asus OLED.

Sebagai informasi, Asus OLED merupakan bagian dari Asus Innovation, yaitu kumpulan inovasi teknologi terkini, terdepan, dan eksklusif untuk produk Asus. Hadir di seluruh jajaran laptopnya, Asus Innovation memastikan pengalaman penggunaan terbaik bagi pelanggan yang meliputi berbagai sisi, mulai dari kenyamanan, peningkatan produktivitas, hingga kesehatan mata.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Asus OLED, silakan kunjungi tautan ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.