Advertorial

Berikan Modal untuk UMKM, PNM Raih Penghargaan Merdeka Award 2022

Kompas.com - 01/07/2022, 14:31 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berhasil meraih penghargaan Merdeka Award 2022 dalam kategori “Program Pemberdayaan UMKM”. Penghargaan ini diterima langsung oleh Executive Vice President I PNM Sasono Hartanto di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Penghargaan tersebut diberikan pemerintah sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja PNM yang unggul dalam kontribusi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), memberikan sumbangsih, dan menjadi inspirator untuk kemajuan negeri.

Sasono Hartanto pun menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan pemerintah.

PNM, kata Sasono, secara konsisten memberikan tiga modal kepada UMKM, yakni modal finansial, intelektual, dan sosial,.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, PNM memberikan modal finansial melalui pembiayaan usaha produktif. Lalu, modal intelektual diberikan melalui pendampingan, seperti pelatihan, serta pembagian informasi dan pengalaman.

Sementara, modal sosial diberikan lewat fasilitas yang membangun hubungan antarnasabah sehingga membentuk jaringan usaha kolektif. Fasilitas ini diberikan PNM untuk mempercepat pertumbuhan usaha nasabah.

“Penghargaan tersebut menjadi pendorong semangat bagi kami, Insan PNM, untuk memberikan yang terbaik bagi UMKM demi memajukan ekonomi kerakyatan melalui tiga modal itu,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Sebagai informasi, hingga Kamis, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 132,32 triliun kepada 12 juta nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Saat ini, PNM memiliki 3.386 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM). Adapun kantor layanan ini melayani usaha mikro dan kecil (UMK) di 34 provinsi, 443 kabupaten atau kota, dan 5.640 kecamatan di seluruh Indonesia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.