Advertorial

Lewat Bedah Rumah dan Intervensi Gizi, Pertamina Jalankan Program Bapak Asuh Anak Stunting di Medan dan Deli Serdang

Kompas.com - 09/07/2022, 10:13 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) menghadirkan bedah rumah dan intervensi gizi spesifik kepada 40 Kepala Keluarga (KK) di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Hal tersebut Pertamina lakukan untuk mendukung kesehatan keluarga dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pemenuhan gizi,

Vice President Corporate Social Responsibility ang Small Medium Entreprise Partnership Program (CSR & SMEPP) Management Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, bedah rumah dan intervensi gizi spesifik bagi keluarga beresiko stunting merupakan bagian dari program Bapak Asuh Anak Stunting.

Pertamina, kata Fajriyah, menjalankan program Bapak Asuh Anak Stunting bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkataan Darat (AD) .

"Terdapat total 40 rumah di wilayah Kota Medan maupun di Kabupaten Deli Serdang yang akan direnovasi, terutama di bagian sanitasinya agar masyarakat yang memiliki anak stunting ini dapat tumbuh dengan sehat," ujar Fajriyah dalam keterangan persnya kepada Kompas,com.

Hal tersebut dikatakan Fajriyah saat menghadiri acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 di Lapangan Merdeka Medan pada Kamis, (7/7/2022).

Ia menjelaskan, Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Pembangunan Berkelanjutan. Program Bapak Asuh Anak Stunting ini mendukung tujuan SDGs nomor tiga tentang Peningkatan Kualitas Kesehatan Keluarga.

"Program tersebut juga merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Sehat Anak Tercinta dan Ibu (Sehati) untuk mendukung kesehatan pemenuhan gizi keluarga, yang sejalan dengan target pemerintah guna mengakselerasi penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024," ucap Fajriyah.

Fajriyah menyatakan, Pertamina juga telah berkontribusi dalam memberikan akses posyandu dan edukasi kesehatan gizi ibu dan anak.

Hal tersebut, lanjut Fajriyah, Pertamina berikan kepada 33.222 penerima manfaat, 16.587 balita yang mendapatkan penanganan dan penambahan gizi, 163 balita stunting mendapat perawatan gizi, 143 posyandu mendapatkan program Pertamina Sehati, 1.476 jiwa mendapatkan akses air bersih dan 470 KK mendapatkan akses fasilitas penunjang PHBS.

Ia berharap kontribusi ini dapat membantu masyarakat di Medan dan Deli Serdang sehingga penerima bantuan bisa mendapatkan akses terhadap sanitasi yang bersih dan pertumbuhan anak-anak penerima bantuan menjadi lebih baik.

"Kami harapkan juga program Bapak Asuh Anak Stunting ini bisa kami replikasi di daerah lainnya di Indonesia," ujarnya.

Sebagai informasi, penyerahan bantuan bedah rumah dan intervensi gizi spesifik bagi keluarga beresiko stunting dilakukan secara simbolis oleh Fajriyah didampingi Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Putut Andriatno kepada penerima bantuan pada Rabu (6/7/2022).

Pada kesempatan itu, Putut mengatkan bahwa Pertamina Patra Niaga juga berperan aktif di dalam program Bapak Asuh Anak Stunting dan memberi bantuan kepada keluarga-keluarga kurang mampu.

"Saya harap masyarakat ikut serta mendukung keberlangsungan bisnis Pertamina sehingga Pertamina ke depan terus maju dan bisa tetap lebih berkontribusi untuk masyarakat," kata Putut.

Salah satu penerima bantuan, Erlina mengatakan, dirinya sangat senang dan bersyukur atas bantuan yang diberikan Pertamina. Ini karena sebelum menerima bantuan, kondisi rumahnya sangat mengkhawatirkan. Apalagi saat hujan, rumahnya terkadang bisa tenggelam.

"Rumah saya kalau hujan tenggelam makanya saya tutup pakai terpal biar gak masuk hujan. Saya sangat berterima kasih kepada Pertamina yang telah membantu rumah saya dan anak saya," kata Erlina yang tinggal di Belawan Bahari ini.

Sementara itu, Lurah Belawan Bahari, Sonang sangat mengapresiasi program Pertamina tersebut. Ia berharap kedepannya Pertamina semakin sukses.

"Atas nama warga Belawan Bahari kami mengucapkan terima kasih kepada Pertamina atas kepeduliannya kepada warga. Semoga Pertamina semakin sukses ke depannya," ucap Sonang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com