Advertorial

Catat, Ini 11 Destinasi Wisata untuk Bertemu Satwa Liar di Sydney dan New South Wales

Kompas.com - 11/07/2022, 21:32 WIB

KOMPAS.com – Saat berlibur ke Sydney dan New South Wales, Australia, wisatawan akan disuguhi sejumlah daftar obyek wisata alam panjang dengan akses yang mudah.

Apalagi, bagi wisatawan yang membawa keluarga dan ingin lebih dekat dengan satwa liar khas New South Wales, seperti unta, kanguru dan alpaka.

Berikut, 11 rekomendasi tempat untuk bertemu satwa lokal yang wajib masuk dalam itinerari Anda saat bertandang ke Sydney dan New South Wales.

Lebih dekat dengan alpaka yang lucu

Sarapan dengan alpaka yang ramah dan menggemaskan pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Anda bisa mendapatkan pengalaman tersebut dengan mengunjungi Iris Lodge Alpacas.

Di destinasi yang berlokasi di Central Coast atau berjarak 90 menit perjalanan ke utara Sydney itu, Anda bisa melihat lebih dari 70 alpaka di lokasi peternakan bersertifikasi lingkungan setempat.

Jika berminat bermalam di Hunter Valley, Anda disarankan untuk memilih Starline Alpacas Farmstay yang memiliki pondok keluarga. Anda dapat memberi makan alpaka dengan tangan kapan pun di sana.

Alpaka di Iris Lodge Alpacas. 
Dok. DNSW Alpaka di Iris Lodge Alpacas.

Berjalan-jalan di kebun anggur bersama ilama

New South Wales memang kaya akan budaya. Wilayah ini juga memiliki kebun anggur tertua bernama Hunter Valley yang memperbolehkan pengunjungnya berjalan-jalan bersama ilama.

Aktivitas serupa juga bisa dilakukan di kebun anggur Ben Ean, Anda bisa mengunjungi Fat Cow Cheese Shop atau mendapatkan camilan di toko cokelat.

Safari naik unta di pantai

Menaiki unta sambil menikmati suasana pantai di Oakfield Ranch Camel Rides, Port Stephens, juga patut masuk ke dalam itinerari. Apalagi, Port Stephens memiliki pemandangan cantik saat matahari terbenam.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan safari unta di Port Macquaire dengan tujuan menjelajahi Lighthouse Beach.

Lihat lumba-lumba di sepanjang pantai New South Wales

Berkendara selama 2,5 jam berkendara ke utara Sydney, Anda dapat berhenti di Port Stephens, ibu kota lumba-lumba Australia. Lokasi ini merupakan rumah dari lebih 120 lumba-lumba hidung botol.

Terdapat banyak tempat untuk melihat ratusan lumba-lumba hidung botol sepanjang tahun di lokasi tersebut. Bahkan, Anda dapat melihat lebih dekat mamalia tersebut dengan menaiki kapal pesiar atau berenang bersama mereka.

Di sepanjang pantai selatan, Jervis Bay juga menjadi tempat alternatif yang sangat baik untuk melihat lumba-lumba dan tersedia kapal pesiar untuk mengamati lebih dekat.

Jalan-jalan di kebun anggur bersama ilama. 

Dok. DNSW Jalan-jalan di kebun anggur bersama ilama.

Snorkeling bareng anjing laut

Cagar Alam Pulau Montague di lepas pantai selatan New South Wales adalah salah satu dari sedikit tempat yang terkenal untuk snorkeling bersama anjing laut. Di lokasi ini, Anda dapat melihat paus, penguin kecil, dan spesies burung lain.

Adapun September hingga November merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Montague. Sebab, populasi anjing laut lebih tinggi pada waktu ini.

Selain itu, periode tersebut juga menjadi waktu terbaik untuk melihat paus yang bermigrasi. Jangan lewatkan juga snorkeling di tempat rahasia Montague Island Adventures.

Meneropong migrasi ikan paus

Setiap tahun, lebih dari 30.000 paus melakukan migrasi dari Antartika ke Pasifik pada Mei dan November. Puluhan ribu paus ini berjalan tepat di sepanjang pantai New South Wales melewati Teluk Jervis yang berada di tengah jalur migrasi sepanjang 4.000 kilometer.

Teluk tersebut sering digunakan oleh paus untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan migrasi mereka. Waktu tersebut tepat untuk mengambil teropong untuk mendokumentasikan kebahagiaan mereka. 

Anda juga dapat melihat migrasi paus lebih dekat dari kapal pesiar di Sydney dan Port Stephens.

Lebih dekat dengan hiu dan ikan pari

Sehari di Irukandji Shark dan Ray Encounters pasti akan mengubah pandangan Anda tentang hiu dan pari. Terletak di Anna Bay, Port Stephens, pengunjung dapat mengenal lebih dekat hewan liar tersebut di ekosistem yang aman. Pelajari tentang pentingnya ekosistem laut dari pemandu yang berpengetahuan luas.

Snorkeling bersama kura-kura

Anda dapat melihat dari dekat penyu hijau di Byron Bay, New South Wales. Jenis penyu ini termasuk yang terbesar di dunia dengan panjang lengannya mencapai lebih dari satu meter.

Penyu hijau dapat berenang di bawah air selama lebih dari 5 jam sebelum kembali muncul ke permukaan. Ini adalah waktu yang tepat untuk snorkeling bersama penyu. Anda dapat melakukannya di Teluk Byron sepanjang tahun.

Snorkling bersama penyu hijau. 

Dok. DNSW Snorkling bersama penyu hijau.

Naik kuda di hutan atau pantai

Saat berada di Byron Bay, jangan lewatkan tur menunggang kuda dengan Zephyr Horses melalui hutan. Kemudian, Anda bisa menyambangi pantai saat matahari terbit atau terbenam.

Anda dapat merasakan pengalaman menunggang kuda atau kuda poni di Glenworth Valley di Central Coast. Lokasi ini merupakan pusat berkuda terbesar di New South Wales dengan lebih dari 200 kuda untuk dipilih.

Melihat kanguru di alam liar

Dua pengalaman ikonik menjelajah Australia dirangkum secara manis di New South Wales. Pengunjung dapat menikmati pantai sekaligus melihat kanguru bermain di tempat yang sama.

Spot tersebut berada di Emerald Beach, Coffs Coast, tempat terbaik menanti matahari terbenam dan menyambutnya di awal hari.

Kanguru liar juga dapat ditemui saat berkemah di Pebbly Beach yang berada di jantung Murramarang National Park. Anda juga dapat melihat kanguru di alam liar di Hunter Valley dengan latar belakang kebun anggur yang luas.

Kanguru di alam liar. Dok. DNSW Kanguru di alam liar.

Mengadopsi koala

Salah satu satwa lokal ikonik Australia adalah koala. Anda dapat lebih dekat dengan satwa ini di berbagai taman margasatwa di Sydney dan sekitarnya.

Sebagai informasi, Koala terdaftar sebagai hewan yang rentan punah karena habitat yang terus berkurang, penyakit bawaan, dan faktor alam lain. Untuk itu, beberapa institusi di New South Wales berinisiatif menyelamatkan, merehabilitasi, dan melepasliarkan koala kembali ke alamnya.

Salah satu tempat gratis yang bisa dimasukkan dalam itinerary bermain bersama koala ada di Port Macquarie Koala Hospital. Di konservasi tersebut, pengunjung juga dapat “mengadopsi” koala-koala untuk membantu perawatannya.

Itulah tadi rekomendasi tempat untuk melihat satwa lokal di Sydney dan New South Wales. Selain itu, Anda juga bisa bertemu hewan Australia di Taronga Zoo. Kebun binatang yang menghadap ke Pelabuhan Sydney ini menawarkan pilihan menginap semalam di Wildlife Retreat dan Roar and Snore.

Anda dapat bergabung dengan penjaga kebun binatang dan pemandu untuk melihat lebih dekat hewan.

Selain satwa lokal, masih banyak daftar obyek wisata di Sydney dan New South Wales. Jadi, pesanlah tiket Singapore Airlines sekarang dan temukan harga menarik lainnya di sini agar bisa menikmati pengalaman seru tersebut.

Jika sudah punya tiket Singapore Airlines untuk penerbangan ke Sydney tetapi terhalang pasca-pandemi Covid-19? Atur ulang lagi saja dengan kebijakan Complimentary Rebooking untuk memesan ulang penerbangan yang sudah terjadwal tanpa biaya.

Anda juga dapat mentransfer bagasi atau kursi tambahan yang sudah dibeli ke penerbangan baru. Layanan tersebut berlaku untuk tiket yang diterbitkan hingga 31 Juli 2022.

Dengan mengubah jadwal penerbangan, itu berarti masih ada waktu untuk mendaftar menjadi member KrisFlyer. Loyalty program dari Singapore Airlines Group ini menawarkan berbagai kemudahan bagi para anggotanya.

Kumpulkan lagi miles-nya dengan terbang bersama Singapore Airlines dan Scoot ke Australia, belanja, menyewa kendaraan, bahkan menginap di hotel. Member KrisFlyer juga akan menjadi yang pertama mengetahui tentang penawaran eksklusif dari Singapore Airlines dan merchant mitra. Buruan daftar di sini.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.