Advertorial

Tingkatkan Kegemaran Membaca Generasi Muda, Gramedia dan TikTok Kembali Hadirkan Kampanye #SerunyaMembaca

Kompas.com - 12/07/2022, 14:11 WIB

KOMPAS.com – Minat membaca masyarakat Indonesia mulai meningkat. Berdasarkan hasil survei data indeks bertajuk “Tingkat Kegemaran Membaca Nasional” yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada 2021, skala minat baca masyarakat Indonesia berada dalam kategori sedang, yakni 59,92 dari 100.

Meski demikian, capaian tersebut masih harus ditingkatkan. Karena itu, Gramedia kembali berkolaborasi dengan TikTok menggelar kampanye bertajuk #SerunyaMembaca yang diselenggarakan pada Rabu (6/7/2022) hingga Rabu (13/7/2022). Sebelumnya, kampanye serupa telah digelar pada April 2022 dengan menghadirkan beragam keseruan.

Selain untuk meningkatkan literasi dan minat membaca masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda, gerakan tersebut juga digelar sebagai respons terhadap peningkatan pertumbuhan konten kategori pendidikan.

Lewat kampanye #SerunyaMembaca, Gramedia mengajak pengguna TikTok untuk berbagi konten seputar buku di platform tersebut. Sejumlah agenda seru telah disiapkan untuk memeriahkan kampanye ini, seperti gelaran Live Streaming Session yang sudah berlangsung pada 6-7 Juli 2022, Hashtag Challenge, Book Charity, dan Rak Rekomendasi #SerunyaMembaca.

Pada kompetisi Hashtag Challenge, para peserta ditantang membuat minimal dua konten orisinal berupa video edukatif dan informatif bertema buku, baik itu rekomendasi, pelajaran yang didapat, maupun quotes dari buku yang dibaca.

Selain tema itu, peserta juga dapat membuat konten memasak dengan mengikuti resep dari buku. Setelah dibuat, peserta dapat mengunggah konten ke TikTok menggunakan tagar #SerunyaMembaca.

Adapun pemenang dari kompetisi Hashtag Challenge akan diumumkan pada Sabtu (23/7/2022).

Sebanyak 10 pemenang yang terpilih berkesempatan meraih hadiah hingga total Rp 22 juta. Lalu, bagi 10 pemenang beruntung lainnya akan mendapatkan voucer dari Gramedia sebesar Rp 200.000.

Untuk memaksimalkan upaya peningkatan literasi dan minat baca, Gramedia juga akan menyumbangkan 1.000 buku yang akan didistribusikan kepada anak-anak di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, melalui Taman Bacaan Pelangi.

Masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu. Caranya, dengan melakukan drop buku melalui customer service di 10 toko Gramedia, yakni di Gramedia Matraman, Gramedia Emerald, Gramedia BSD City, Gramedia Harapan Indah, dan Gramedia Bandung Merdeka.

Kemudian, di Gramedia Yogyakarta Sudirman, Gramedia Aceh, Gramedia Tasikmalaya, Gramedia Karawang, dan Gramedia World Cirebon.

Untuk menyemarakkan kampanye #SerunyaMembaca, Gramedia dan TikTok juga menyediakan rak rekomendasi buku khusus dari #SerunyaMembaca di 10 toko Gramedia tersebut. Rekomendasi ini berdasarkan buku-buku yang paling laris terjual pada kompetisi #SerunyaMembaca sebelumnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai rekomendasi buku tersebut, Anda dapat menelusuri tagar #SerunyaBelajar di TikTok. Anda juga bisa mengunjungi langsung toko buku Gramedia untuk melihat lebih banyak rekomendasi buku pada rak #SerunyaMembaca.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.