Advertorial

4 Hal Wajib Dipertimbangkan Sebelum Beli Smart TV, Jangan Asal Pilih!

Kompas.com - 19/07/2022, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Membeli alat elektronik untuk rumah tangga, seperti televisi pintar (smart TV) jelas bukan perkara mudah.

Pasalnya, memilih TV harus melalui pertimbangan yang matang. Terlebih, TV akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

Adapun hal yang kerap membuat calon pembeli kebingungan adalah banyaknya jenis smart TV yang tersedia di pasaran dengan model dan spesifikasi yang berbeda. 

Idealnya, ada empat hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli smart TV.

  1. Ukuran

Ukuran TV merupakan salah satu hal penting yang wajib Anda pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan membeli perangkat tersebut.

Pasalnya, ukuran TV berkaitan dengan ruangan serta jumlah orang yang akan menontonnya. Jika Anda akan menempatkan TV di ruangan dengan jarak pandang berada di kisaran 150-180 cm, smart TV berukuran 43 inci jadi pilihan ideal.

  1. Resolusi

Bila ingin memiliki smart TV dengan gambar yang tajam, Anda perlu memperhatikan resolusi layar. Semakin tinggi resolusi, maka semakin tinggi pula piksel dan kualitas gambar yang ada pada TV tersebut.

Setidaknya pilihlah smart TV yang dilengkapi dengan layar Full-HD, Ultra-HD (4K), atau bahkan 8K. Layar televisi dengan resolusi tersebut dapat menampilkan gambar lebih kaya warna dan detail.

  1. Audio

Audio merupakan salah satu elemen penting dari smart TV. Kualitas audio yang baik dapat berpengaruh pada tingkat kepuasan penonton.

Untuk mengetahui kualitas audio, Anda dapat melakukan pengecekan melalui watt audio yang ada pada alat tersebut.

Semakin tinggi watt audio pada TV, maka semakin keras pula volume TV tersebut. Umumnya, TV berkelas premium memiliki speaker berwatt tinggi dengan audio jernih dan keras.

Kemudian, ada juga beberapa fitur audio yang disematkan, seperti Dolby Audio atau Surround Sound.

Untuk lebih puas lagi, maka pilihlah smart TV yang sudah dilengkapi dengan speaker system seperti Soundbar yang mampu menghasilkan suara lebih menggelegar, sehingga menonton tv berasa seperti di bioskop.

  1. Garansi dan Layanan Purnajual

Sebelum membeli smart TV, Anda harus mempertimbangkan garansi serta kualitas layanan purnajual termasuk jaringan pusat layanan yang mudah dijangkau.

Produk smart TV PLD 43BAG9953 dari Polytron yang didukung tampilan Full HD 1920 x 1080. 

Dok. Polytron Produk smart TV PLD 43BAG9953 dari Polytron yang didukung tampilan Full HD 1920 x 1080.

Dari sekian banyak produk yang ada di pasaran, salah satu produk yang bisa menjadi rekomendasi adalah smart TV PLD 43BAG9953 dari Polytron. smart TV ini sudah dibekali dengan garansi 5 tahun termasuk panel LED. Begitu juga dengan layanan purnajual atau pusat layanan Polytron yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, sehingga Anda akan terasa nyaman dan bebas khawatir.

Polytron PLD 43BAG9953 adalah TV pintar yang memiliki sistem operasi Android dan pastinya sudah mendukung siaran digital (DVB-T2).

Dari segi resolusi, layar Polytron pintar tersebut mendukung tampilan Full-HD 1920 x 1080. Teknologi digitalintelligent picture enhancement (DIPE) yang tersemat pada perangkat ini pun membuat gambar dan warna yang ditampilkan terlihat lebih detail serta tajam. Bingkai layarnya juga tipis karena mengusung konsep frameless design.

Pengalaman menonton pun semakin menyenangkan dengan kehadiran speaker soundbar dan subwoofer yang dapat memproduksi suara menggelegar.

Pencinta tayangan streaming juga semakin dimanjakan karena Polytron PLD 43BAG9953 sudah terkoneksi dengan berbagai platform online streaming, seperti Youtube, Netflix, dan Disney+ Hotstar. Makin lengkap dengan gratis akses Premium Content Mola selama 12 bulan dan Vidio Platinum selama 3 bulan. Dengan begitu, pilihan tontonan semakin beragam.

Soal konektivitas, Polytron PLD 43BAG9953 didukung sejumlah fitur, seperti wireless fidelity (Wi-Fi), mobile screen mirroring, Bluetooth, Ethernet RJ45 Port, 3 HDMI input, 2 USB input dalam format movie, MP3, JPEG, dan Txt. Perangkat ini juga mampu menjalankan Google Assistant dengan remote Bluetooth. Cukup katakan yang Anda cari, Google akan menemukannya.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.