Advertorial

Ini Barang Jadul yang Masih Digunakan sampai Sekarang

Kompas.com - 21/07/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Gempuran modernisasi teknologi tidak lantas membuat sejumlah barang jadul hilang peminatnya. Hampir setiap rumah atau anggota keluarga memiliki barang tersebut. 

Banyak alasan barang-barang jadul masih diminati, selain masih berfungsi, benda tersebut biasanya punya nilai histori dan kenangan. Tak hanya itu, menggunakan barang-barang jadul juga akan memberikan kesan classy bagi penggunanya. Tak heran jika keberadaannya bertahan hingga sekarang.

Berikut beberapa barang jadul yang masih eksis hingga kini. Bahkan, beberapa barang masih ada yang diproduksi karena banyaknya permintaan akan penggunaan benda tersebut.

  1. Vespa klasik

Vespa keluaran era 1960-an menjadi salah satu jenis sepeda motor klasik yang masih diminati hingga kini. Selain orang tua, peminatnya juga berasal dari kalangan anak muda.

Adapun alasan mereka menyukai skuter asal Italia itu karena desainnya yang retro dan ikonik, serta memiliki kapasitas mesin yang tergolong besar. 

Tak hanya itu, menggunakan Vespa klasik juga kerap mengajarkan makna solidaritas dan toleransi. Penggunanya bisa memperluas relasi dengan bergabung ke dalam komunitas kendaraan tersebut. 

Ilustrasi mengendarai vespa. Dok. Piaggio Ilustrasi mengendarai vespa.

Terdapat sejumlah alasan mengapa kendaraan klasik dari produsen asal Italia, Piaggio, begitu diminati. Sebut saja, desain retro yang unik, cocok digunakan segala kalangan, dan punya kapasitas mesin yang tergolong besar.

  1. Kamera analog

Di tengah maraknya penggunaan kamera digital, minat terhadap penggunaan kamera analog yang masih menggunakan film seluloid atau klise memang relatif menurun.

Namun, masih terdapat sebagian orang yang menggunakan kamera analog, mulai dari kolektor hingga fotografer komersial.

Meski begitu, layaknya vespa klasik, kamera analog pun mulai dicari banyak orang. Terutama, oleh fotografer yang ingin menghasilkan karya dengan nuansa otentik dan jadul.

  1. Piringan hitam (vinyl)

Pencinta musik pasti mengetahui tentang vinyl atau piringan hitam. Pemutar musik tersebut terus menunjukkan tren peningkatan dalam beberapa tahun belakangan.

Untuk diketahui, piringan hitam muncul sekitar tahun 1880-an. Benda ini adalah media untuk mendengarkan musik pertama di dunia.

Vinyl memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan media lain, seperti kaset atau compact disk (CD) yakni tidak bisa dibajak, kualitas mastering orisinal, dan terus mengalami kenaikan harga.

Atas alasan tersebut, tak heran jika keberadaan vinyl terus diproduksi oleh perusahaan rekaman hingga saat ini.

  1. Cat Vinilex

Vinilex dari Nippon Paint adalah cat berbasis air atau water-based dengan kualitas Jepang pertama di Indonesia. Keberadaan cat ini sudah hadir di Indonesia sejak 1960-an dan masih eksis hingga saat ini.

Sebagai cat berbasis air, Vinilex dari Nippon Paint jadi produk populer lantaran mudah diaplikasikan ke dinding tembok dan memberikan garansi hasil bagus.

Cat Vinilex dari Nippon Paint. Dok. Nippon Paint Cat Vinilex dari Nippon Paint.

Selain itu, Vinilex juga sangat populer karena lebih cepat kering, ekonomis, dan ramah lingkungan.

Saat ini, Vinilex menyediakan pilihan cat tinting hingga 10,000 pilihan warna dan enam rangkaian produk sebagai solusi untuk semua permukaan, tampilan, dan fungsi.

Vinilex menyediakan pilihan cat tinting hingga 10.000 pilihan warna. Dok. Nippon Paint Vinilex menyediakan pilihan cat tinting hingga 10.000 pilihan warna.

Adapun rangkaian tersebut merupakan bentuk inovasi dari Nippon Paint agar dapat selalu memberikan produk terbaik untuk masyarakat Indonesia sekaligus bentuk adaptasi terhadap dinamika zaman.

Rangkaian inovasi tersebut adalah Vinilex cat water-based yang merupakan cat legendaris dan andalan sejak 1960, Vinilex Silver-Ion atau cat antikuman yang efektif lindungi keluarga berkat kandungan Silver-Ion, serta Vinilex Gloss Cat dengan tampilan mengkilap, antinoda, dan mudah dibersihkan.

Kemudian, Vinilex Ceiling White yang merupakan cat plafon atau gipsum dengan daya tutup sangat baik dan putih cemerlang, Vinilex Exterior atau cat eksterior tahan sikat 2.000 kali sehingga anti-pudar dan tahan cuaca, serta Vinilex Pro 1000 atau cat interior ekonomis berkualitas dengan daya tahan yang sangat baik.

Bagi yang ingin mendapatkan produk Vinilex dari Nippon Paint, Anda bisa mencarinya di toko material terdekat.

Untuk diketahui, saat ini, Vinilex Series telah tersedia di lebih dari 6000 toko di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lokasi toko Nippon Paint, silakan klik tautan ini.

Anda juga dapat melakukan konsultasi terkait masalah tembok dan pemilihan produk dengan menghubungi Whatsapp Care Nippon Paint di nomor 0811-1283-028.

Sementara, untuk pembelian khusus wilayah Jabodetabek, silakan cek etalase Official Store Tokopedia Nippon Paint di tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com