Advertorial

Tak Hanya Lebih Sehat, Memasak Sendiri Juga Berikan 3 Manfaat Berikut

Kompas.com - 23/07/2022, 21:10 WIB

KOMPAS.com – Salah satu upaya penerapan gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan memasak sendiri. Dengan menyiapkan makanan sendiri, Anda bisa memastikan semua bahan yang digunakan dalam keadaan segar. Selain itu, kehigienisan peralatan masak dan makan yang digunakan juga dapat dipastikan.

Anda pun bisa menyesuaikan proses memasak sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kesehatan Anda dan keluarga. Sebagai contoh, bagi penderita kolesterol tinggi, Anda dapat mengolah makanan dengan mengukus atau merebus.

Tidak hanya lebih sehat, memasak makanan sendiri rupanya juga memberikan beragam manfaat lain. Simak ulasan berikut.

  1. Mempererat hubungan sosial

Kreativitas dan emosi positif yang timbul saat memasak dapat mempererat hubungan sosial, misalnya dengan keluarga.

Aktivitas tersebut dinilai dapat memberikan kebahagiaan ketika seseorang menyajikan masakannya kepada orang lain. Begitu pula sebaliknya, seseorang yang diberikan masakan akan merasa spesial.

Memasak bersama juga dapat menumbuhkan kebiasaan saling membantu. Lewat memasak pula, anggota keluarga bisa saling belajar manajemen konflik.

  1. Meredakan stres

Meski terkesan ribet, memasak ternyata bisa mengurangi tingkat stres. Dilansir dari laman BBC, Rabu (3/2/2021), beberapa peneliti dari National Institutes of Health menemukan bahwa orang dewasa memiliki lebih banyak emosi positif ketika melakukan kegiatan yang kreatif, salah satunya memasak.

Salah seorang peneliti yang terlibat, Nicole Farmer, mengatakan bahwa gerakan fisik selama memasak, seperti memotong atau menguleni, dapat meredakan stres dan kecemasan.

  1. Lebih hemat

Jika dibandingkan membeli makanan dari luar, memasak makanan sendiri dapat menghemat anggaran belanja. Anda juga dapat membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan bahan makanan dengan lebih hemat dan tanpa keluar rumah sekalipun belanja di pasar, misalnya di Pasar Baru Cicalengka, Bandung, Jawa Barat.

Untuk bisa berbelanja di pasar tersebut, Anda dapat mengakses toko online Pasar Baru Cicalengka di marketplace Tokopedia.

Sebagai informasi, Pasar Baru Cicalengka Official Store menyediakan berbagai kebutuhan pokok, mulai dari sayur dan buah, hingga makanan ringan.

Yuk, mulai memasak makanan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa dibeli Pasar Baru Cicalengka di Tokopedia.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.