Advertorial

Terapkan Shared Services di 50 Entitas, Pertamina Percepat Proses Layanan Penunjang Bisnis

Kompas.com - 24/07/2022, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Keberhasilan PT Pertamina (Persero) dalam bersaing di industri minyak dan gas bumi (migas) dunia tak lepas dari transformasi digital yang dilakukannya sejak 2018. Transformasi digital merupakan upaya Pertamina untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi, Pertamina telah membangun sistem operasional digital yang dikenal dengan Shared Services (SS).

Direktur Penunjang Asset PT Pertamina (Persero), Dedi Sunardi, mengatakan SS berfungsi untuk memusatkan operasional terhadap layanan yang bersifat transaksional, repetitif, dan bervolume tinggi.

“SS didesain dengan menerapkan konsep sentralisasi, standardisasi, dan simplifikasi dengan backbone digital serta sistem robotik untuk menghasilkan data yang bernilai tinggi, efisien, serta menghasilkan layanan pelanggan yang berkualitas,” kata Dedi dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (24/7/2022).

Dengan sistem operasional digital SS, Pertamina dapat mempercepat proses bisnis, pengambilan keputusan, serta memberikan ruang pada bisnis utama untuk dapat lebih fokus pada hal yang lebih strategis serta melakukan inovasi berkelanjutan.

“SS Pertamina telah mendorong kinerja perusahaan di semua lini menjadi lebih cepat, produktif, dan efisien,” ujar Dedi.

 Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa penerapan sistem SS telah berhasil mendorong Pertamina meningkatkan efisiensi kegiatan operasionalnya, salah satunya di bidang service asset management dan pemrosesan billing utilities.

“Jika sebelumnya dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu tujuh hari kerja, dengan digitalisasi menjadi satu hari atau automatic same day. Dengan kata lain, terjadi percepatan hingga 700 persen,” papar Dedi.

Untuk diketahui, Pertamina telah menerapkan sistem operasional SS di holding dan 6 subholding, baik di bidang financehuman capitalinformation and communication technologyprocurementasset management, maupun master data operations

Sebagai informasi, SS Pertamina merupakan salah satu SS terbesar di Indonesia. Sejak dibangun pada 2018, SS Pertamina telah memiliki 49 layanan dan telah diimplementasi di lebih dari 50 entitas bisnis.

Untuk mengapresiasi seluruh stakeholder yang mendukung penerapan dan pengembangan SS, Pertamina telah menggelar rangkaian acara Road to SS Forum Pertamina 2022 dengan puncak acara yang akan berlangsung pada Senin (25/7/2022).

“Pertamina akan terus meningkatkan layanan digital di seluruh lini bisnis untuk mendorong ketahanan energi nasional dan mewujudkan aspirasi pemegang saham sebagai top 100 perusahaan dunia versi Global Fortune 500, dengan valuasi 100 miliar dollar AS,” kata Dedi.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.