Advertorial

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Bupati Kediri Jalin Kerja Sama dengan USAID

Kompas.com - 24/07/2022, 16:32 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Kediri terus berupaya menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) melalui berbagai program. Salah satunya adalah program Momentum Private Healthcare Delivery (MPHD).

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menjelaskan program tersebut dijalankan bersama dengan United States Agency for International Development (USAID). Kerja sama ini diyakini mampu membuat upaya penurunan angka kematian ibu dan anak semakin optimal.

Saat ini, program MPHD berfokus pada peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan di rumah sakit swasta di Kabupaten Kediri. Melalui cara ini, peran rumah sakit swasta untuk menekan AKI dan AKB diharapkan dapat terus meningkat.

Oleh karena itu, bupati yang akrab disapa Mas Dhito ini meminta dinas kesehatan untuk terus menjalin kerja sama dengan rumah sakit swasta serta fasilitas layanan kesehatan lainnya, seperti puskesmas dan klinik.

“Saya minta dinas kesehatan buat semacam perjanjian kerja sama dengan rumah sakit swasta untuk menurunkan AKI dan AKB,” kata Mas Dhito dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (24/7/2022).

Di samping itu, Mas Dhito menegaskan perlunya sosialisasi program tersebut ke berbagai fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Kediri. Tujuannya agar upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama.

Sebagai informasi, sepanjang tahun ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri telah mencatat jumlah angka kematian ibu sebanyak 6 orang dan angka kematian bayi mencapai 58 jiwa. 

Sementara itu, Penanggung Jawab Program MPHD Jawa Timur (Jatim), Meytha Nurani, menjelaskan Kabupaten Kediri merupakan salah satu wilayah sasaran pengembangan program tersebut untuk fase kedua.

“Di Kabupaten Kediri sendiri sasaran (MPHD) ada di tiga rumah sakit swasta, tiga klinik, dan tiga bidan praktik mandiri,” jelasnya.

Meytha berharap upaya bersama Pemerintah Kabupaten Kediri dapat menekan angka kematian ibu dan bayi.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.