Advertorial

Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Digital Illustrator

Kompas.com - 25/07/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Laptop merupakan perangkat digital yang berperan penting dalam menunjang aktivitas bagi para profesional dari berbagai bidang.

Atas peran tersebut, tak heran, saat ini para produsen laptop terus berlomba-lomba untuk menghadirkan perangkat ini di pasaran.

Meski dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, laptop tidak boleh dipilih secara sembarangan. Pasalnya, pemilihan laptop harus disesuaikan dengan profesi agar dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Digital illustrator, misalnya, memerlukan laptop dengan performa yang powerful serta memiliki berbagai fitur penunjang, seperti kualitas layar, desain, ketersediaan fitur layar sentuh, dan dukungan stylus.

Selain itu, mobilitas perangkat juga perlu diperhatikan untuk kemudahan dan kenyamanan saat berkarya.

Agar lebih jelas, berikut adalah empat aspek yang wajib diperhatikan untuk para digital illustrator dalam memilih laptop.

  1. Prioritaskan kualitas layar

Digital illustrator merupakan profesi yang sangat erat dengan dunia visual. Maka dari itu, hal pertama yang harus diperhatikan oleh para digital illustrator saat memilih laptop adalah kualitas layarnya.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan saat memilih laptop yang memiliki layar berkualitas.

Pertama, mencari tahu tentang color gamut atau tingkat reproduksi warna layar.

Bagi digital illustrator, laptop yang digunakan sebaiknya memiliki layar dengan color gamut 100 persen DCI-P3 atau setara dengan 133 persen sRGB. Laptop dengan layar ini dapat menampilkan warna yang lebih kaya.

Kedua, memastikan keakuratan warna layar agar hasil karya memiliki konsistensi warna yang tinggi saat dicetak atau ditampilkan di perangkat lain. Laptop dengan warna yang akurat umumnya telah memiliki sertifikasi tertentu. Contohnya, PANTONE Validated Display yang sudah menjadi standar di berbagai industri.

Ketiga, memastikan laptop dilengkapi dengan fitur yang dapat melindungi kesehatan mata.

Seperti diketahui, sebuah karya biasanya tidak bisa dihasilkan dalam waktu singkat. Kondisi ini kerap mengharuskan digital illustrator berlama-lama berada di depan layar laptop. Jika dibiarkan, kebiasaan tersebut bisa mengganggu kesehatan mata.

Karena itu, digital illustrator sebaiknya memilih laptop dengan fitur yang dapat menjaga kesehatan mata, khususnya untuk pemakaian jangka panjang.

  1. Pilih laptop 2-in-1

Desain laptop umumnya akan memengaruhi pengalaman penggunaan. Khusus untuk digital illustrator, laptop dengan desain 2-in-1 merupakan pilihan paling tepat.

Pasalnya, laptop 2-in-1 memiliki desain convertible yang umumnya dilengkapi fitur layar sentuh serta dukungan penggunaan stylus. Fitur tersebut sangat berguna bagi para digital illustrator dengan mobilitas tinggi.

Selain itu, penggunaan laptop 2-in-1 sangat membantu digital illustrator karena perangkat tersebut dapat menjadi kanvas digital portabel. Jadi, digital illustrator bisa berkarya di mana saja.

Tidak hanya itu, sebagian besar laptop 2-in-1 juga memiliki desain bodi yang lebih ringkas ketimbang laptop clamshell tradisional. Pasalnya, laptop 2-in-1 dirancang secara khusus agar tetap nyaman digunakan di berbagai mode penggunaan, termasuk mode tablet.

Untuk diketahui, bodi laptop 2-in-1 yang berat dan tebal umumnya tidak akan nyaman saat digunakan saat sedang berada pada mode tablet. Oleh karena itu, pilih laptop 2-in-1 yang memiliki bodi ringkas dan ringan.

  1. Memiliki konektivitas modern

Insan kreatif seperti digital illustrator biasanya memiliki perangkat pendukung khusus untuk mempermudah mereka dalam berkarya.

Perangkat pendukung tersebut perlu dihubungkan ke laptop yang digunakan untuk berkarya sehari-hari. Itulah alasan para digital illustrator wajib memilih laptop yang telah dilengkapi dengan konektivitas modern.

Adapun salah satu konektor yang wajib ada adalah port universal serial bus (USB) Type-C dengan dukungan display output dan power delivery charging.

Selain sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan, port tersebut juga dapat memudahkan digital illustrator saat ingin menghubungkan laptop ke monitor eksternal atau mengisi daya menggunakan power bank.

Tidak hanya itu, port USB Type-C juga sangat fleksibel dan dapat dihubungkan dengan berbagai aksesori serta dongle.

Selain konektivitas berupa port, konektivitas nirkabel, seperti wireless fidelity (WiFi) 6, juga perlu diperhatikan saat memilih laptop.

Sebagai informasi, WiFi 6 (802.11ax) merupakan standar WiFi di laptop modern saat ini. Keberadaan WiFi 6 bisa membantu digital illustrator untuk terus terhubung ke internet. Dengan begitu, mereka dapat lebih leluasa berkomunikasi, mencari referensi secara online, dan melakukan update pada aplikasi kreatif yang digunakan.

  1. Performa mumpuni

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan oleh digital illustrator sebelum membeli laptop adalah spesifikasi hardware.

Meski digital illustrator tidak selalu membutuhkan laptop yang dibekali chip grafis terpisah (discrete GPU), mereka tetap membutuhkan prosesor yang bertenaga agar dapat menjalankan aplikasi kreatif dengan lancar.

Selain itu, aspek memori juga harus diperhatikan. Digital illustrator setidaknya membutuhkan random access memory (RAM) berkapasitas 8 gigabita (GB) agar aplikasi kreatif dapat berjalan dengan lancar.

Untuk digital illustrator yang sering melakukan pekerjaan multitasking, kapasitas RAM yang disarankan adalah 16 GB.

Agar kinerja semakin maksimal, laptop yang digunakan pun wajib menggunakan solid-state drive (SSD) dengan kapasitas penyimpanan minimal 256 GB.

Laptop paling tepat untuk digital illustrator

Berdasarkan semua kriteria tersebut, salah satu laptop yang cocok digunakan oleh digital illustrator adalah ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401).

Untuk diketahui, ASUS Zenbook 14 Flip OLED hadir dengan desain 2-in-1 convertible yang sangat fleksibel, serta bodi ringkas dan ringan.

Selain itu, laptop tersebut juga sudah dilengkapi dengan layar ASUS OLED yang merupakan teknologi layar laptop terbaik.

Perbandingan layar laptop pada umumnya dengan ASUS Zenbook 14 Flip OLED. Dok. ASUS Perbandingan layar laptop pada umumnya dengan ASUS Zenbook 14 Flip OLED.

Berkat itu, layar ASUS Zenbook 14 Flip OLED memiliki color gamut 100 persen DCI-P3. Laptop ini juga telah tersertifikasi PANTONE Validated Display dan didukung fitur high dynamic range (HDR) dengan sertifikasi VESA Display HDR 500 True Black.

Tidak hanya itu, layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2 millisecond (ms) yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya.

Laptop tersebut juga dilengkapi fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland. Fitur ini dihadirkan untuk memanjakan mata pengguna.

Tidak hanya sekadar menampilkan visual terbaik, layar ASUS OLED di Zenbook 14 Flip OLED juga telah dibekali dengan fitur layar sentuh atau touchscreen yang dapat mendukung penggunaan stylus.

Fitur tersebut akan berguna bagi digital illustrator sehingga memungkinkan mereka untuk dapat berkarya kapan pun dan di mana pun. Pengguna laptop ini juga tidak perlu membeli stylus tambahan karena sudah tersedia di paket penjualannya.

Dari segi dimensi, ASUS Zenbook 14 Flip OLED hadir dengan desain yang sangat ringkas dan ringan karena memiliki ketebalan sekitar 1,59 sentimeter (cm) dengan bobot 1,45 kilogram (kg).

Meski ringkas dan ringan, performa laptop tersebut sangat cepat karena telah dibekali dengan prosesor Intel Core yang didukung memori LPDDR4, RAM 16 GB, dan penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1 terabita (TB).

Berkat kelebihan tersebut, Zenbook 14 Flip OLED dapat dikatakan menjadi laptop terbaik untuk digital illustrator di era modern.

ASUS merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED dan telah diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan dunia.

ASUS juga merupakan satu-satunya brand laptop yang menghadirkan varian laptop dengan layar OLED terbanyak di Indonesia.

Adapun teknologi ASUS OLED merupakan bagian dari ASUS Innovation, yaitu kumpulan inovasi teknologi terkini, terdepan, dan eksklusif untuk produk ASUS.

ASUS Innovation hadir untuk memastikan pengalaman penggunaan terbaik dari berbagai sisi, mulai dari kenyamanan, peningkatan produktivitas, hingga menjaga kesehatan mata.

Klik tautan berikut untuk mempelajari ASUS Zenbook 14 Flip OLED: Zenbook 14 Flip OLED (UP5401, 11th Gen Intel)?Laptops For Home?ASUS Indonesia.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.