Advertorial

Kabinnya Lebih Lega dari Perkiraan, LSUV 7-Seater Berikut Ideal Jadi Mobil Keluarga

Kompas.com - 29/07/2022, 18:22 WIB

KOMPAS.comSport utility vehicle (SUV) merupakan salah satu model kendaraan bermotor roda empat favorit masyarakat Indonesia.

Jenis mobil tersebut merupakan penggabungan mobil jeep, pick up, dan sedan. Oleh sebab itu, dengan performa mesin yang mumpuni, SUV dipandang sebagai mobil tangguh yang bisa digunakan di berbagai medan, mulai dari jalan dengan kontur datar hingga bergelombang.

Mobil jenis itu mengusung desain kaki-kaki jangkung yang membuat jarak bodi ke tanah (ground clearance) lebih tinggi. Umumnya, SUV memiliki ground clearance di atas 200 milimeter (mm).

SUV juga menggunakan ban serta pelek berdimensi besar dan tebal. Biasanya, SUV menggunakan pelek minimal 15 inci dengan profil ban yang gemuk.

Profil ban yang digunakan SUV juga memiliki kontur dan alur yang lebih “kotak-kotak”. Hal ini bertujuan agar mobil tidak mudah tergelincir saat melewati medan yang sulit, seperti jalan berpasir atau berlumpur.

Dengan fungsi dan spesifikasi itu, tak heran jika SUV jarang dipilih sebagai mobil keluarga. Terlebih, sejumlah SUV dikenal memiliki luas kabin yang terbatas, khususnya bagi penumpang pada baris ketiga.

Meski demikian, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Salah satu SUV keluaran PT Honda Prospect Motor (HMP), All New Honda BR-V, hadir dengan ruang kabin yang lebih lega, termasuk bagi penumpang pada baris ketiga.

Hal tersebut dirasakan tim redaksi Kompas.com saat melakukan pengujian dari Jakarta menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Selasa (8/3/2022).

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, low sport utility vehicle (LSUV) berkapasitas 7 orang itu memiliki bodi atau dimensi besar. Interiornya pun memiliki kesan elegan dan sporty karena dibalut dengan warna hitam.

Secara umum, interior All New Honda BR-V 2022 dirancang untuk memberikan ruang lapang bagi pengemudi dan penumpang selayaknya mobil multi-purpose vehicle (MPV).

SUV itu memiliki ruang kepala dan kaki yang lega untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang di baris depan.

Perjalanan jarak jauh untuk keluarga

Seperti diketahui, konsumen Indonesia kerap menggunakan mobil untuk berbagai keperluan. Tak hanya untuk mobilitas jarak dekat, seperti bekerja, mengantar anak sekolah, atau hangout di dalam kota. Kendaraan yang dimiliki juga sering dimanfaatkan untuk perjalanan jauh, misalnya saat liburan atau mudik pada hari raya.

Untuk mendukung berbagai keperluan keluarga, All New Honda BR-V menawarkan kenyamanan pada baris kedua dan ketiga. Ruang kabin baris kedua ditunjang dengan ruang kaki lapang, ruang kepala yang nyaman, serta blower air conditioner (AC) di bagian atas. Selain itu, jok pada baris kedua juga sudah dilapisi ornamen kulit.

Interior All New Honda BR-V. Dok. Kompas.com Interior All New Honda BR-V.

SUV tersebut juga sudah dilengkapi dengan 2nd Row Seat Armrest. Sandaran lengan ini dapat memberikan rasa nyaman kepada penumpang saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil tersebut. 

Bahkan, All New Honda BR-V Prestige juga nyaman dipakai bagi pengendara yang membawa anak kecil. Sebab, kursi baris kedua telah dilengkapi International Standards Organization FIX (ISOFIX).

Untuk diketahui, ISOFIX merupakan fitur bawaan mobil untuk menunjang penggunaan child car seat. Dengan demikian, penumpang anak lebih terjamin keselamatannya. SUV tersebut juga dilengkapi dengan fitur keamanan child safety lock agar anak tidak bisa membuka pintu dari dalam saat mobil sedang berjalan ataupun diam.

Saat menempuh rute panjang dari Jakarta menuju Solo, Jawa Tengah (Jateng) sejauh 500 km pada Januari 2022, tim Kompas.com merasa nyaman berada di baris kedua. Joknya pun empuk dan cukup lega.

Sementara itu, baris ketiga All New Honda BR-V secara umum juga dapat ditempati oleh orang dewasa. Hal ini berkat ruang kepala dan kaki yang cenderung lapang. Kemudian, jok di baris ketiga juga dapat di-sliding ke belakang untuk memberikan posisi duduk yang lebih santai sekaligus ruang kepala lebih lapang.

Ruang kargo di belakang All New Honda BR-V juga cukup luas untuk membawa koper atau barang dalam perjalanan jarak jauh.

Bila membutuhkan ruang lebih luas, kursi di baris ketiga bisa dilipat untuk memuat barang sesuai kebutuhan. Bahkan, untuk ruang bermain anak saat perjalanan jarak jauh. Kabin dan bagasi yang dimiliki All New Honda BR-V 2022 pun terluas di kelasnya.

Informasi selengkapnya mengenai All New Honda BR-V dapat Anda temukan pada berikut.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.