Advertorial

Unpar Buka Jalur Seleksi Khusus Tanpa Tes, Berikut Syarat dan Jadwal Lengkapnya

Kompas.com - 04/08/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka Jalur Seleksi Khusus Tanpa Tes bagi calon mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2022/2023. Pendaftaran melalui jalur tersebut dibuka hingga Jumat (19/8/2022).

Calon mahasiswa bisa mendaftar secara online dengan mengisi formulir di situs web sesuai petunjuk yang tertera.

Melalui jalur tersebut, calon mahasiswa tidak perlu mengikuti tes. Pasalnya, proses seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat dan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Adapun biaya pendaftaran pada jalur tersebut sebesar Rp 250.000 untuk program sarjana dan Rp 150.000 untuk Program Diploma III Jurusan Manajemen Perusahaan.

Calon mahasiswa dapat memilih hingga tiga program studi (prodi). Akan tetapi, Prodi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional, dan Arsitektur tidak boleh dijadikan pilihan ketiga.

8 program peminatan baru Unpar
Pada penerimaan tahun ajaran 2022/2023, Unpar menawarkan 8 program peminatan baru untuk menjawab tantangan zaman sekaligus memanfaatkan peluang di tengah persaingan dunia kerja yang ketat. Program baru tersebut menyesuaikan dengan peminatan teranyar di dunia kerja untuk mengasah skill set mahasiswa. 

Adapun 8 program peminatan baru itu adalah Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Integrated Arts, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan. 

Kedelapan program peminatan terbaru Unpar dapat menjadi pilihan calon mahasiswa untuk mengikuti perkembangan zaman. Sebab, generasi muda perlu memilih bidang yang berhubungan dengan kebutuhan terkini di tengah persaingan dunia kerja yang ikut berubah.

Syarat dan tahapan pendaftaran
Unpar menerapkan sejumlah syarat khusus pada prodi tertentu. Hal ini perlu diperhatikan calon mahasiswa sebelum memilih prodi.

Pertama, Prodi Teknik Kimia. Syarat bagi calon mahasiswa prodi ini adalah tidak buta warna dengan melampirkan bukti Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata.

Kedua, Prodi Ilmu Hubungan Internasional. Jika mendaftar prodi ini, calon mahasiswa wajib menyertakan motivation letter yang ditulis dalam bahasa Inggris. 

Ketiga, Prodi Arsitektur. Mahasiswa yang mendaftar di prodi ini wajib mengirimkan hasil gambar sesuai dengan soal dan ketentuan yang diberikan. 

Kemudian, saat mendaftar, calon mahasiswa juga wajib menyertakan beberapa berkas pendaftaran. Berkas tersebut adalah fotokopi rapor SMA kelas X dan XII yang telah dilegalisasi oleh kepala sekolah. 

Selanjutnya, calon mahasiswa juga harus menyertakan akta kelahiran dan sertifikat perolehan UTBK bagi yang mengikuti UTBK. Bagi siswa yang berijazah Paket C, wajib menyerahkan fotokopi ijazah beserta rapor kelas 1 hingga 3 yang telah dilegalisasi saat mendaftar.

Berkas lain yang harus dilengkapi adalah surat keterangan lulus atau fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi saat mendaftar ulang.

Calon mahasiswa juga diharapkan membuat motivation letter dengan tema “Mengapa Saya Memilih Unpar dan Alasan Ingin Studi pada Program Studi yang Dipilih”. Artikel ditulis tangan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan maksimal 500 kata. 

Khusus pilihan Prodi Ilmu Hubungan Internasional, motivation letter harus ditulis dalam bahasa Inggris. 

Biaya pendaftaran melalui teller bank atau anjungan tunai mandiri (ATM) pada Selasa (26/7/2022) hingga Sabtu (20/8/2022).

Pada periode tersebut, calon mahasiswa juga sudah bisa mengunggah berkas pendaftaran, input nilai rapor, dan cetak bukti pendaftaran. Pencetakan kartu ujian Jalur Seleksi Khusus juga dapat dilakukan pada periode yang sama.

Hasil seleksi calon mahasiswa akan diumumkan pada Kamis (25/8/2022) melalui situs web pmb.unpar.ac.id atau www.unpar.ac.id. Jika dinyatakan lolos seleksi, calon mahasiswa dapat melanjutkan studi sebagai mahasiswa Unpar.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dapat melakukan daftar ulang pada Kamis (25/8/2022) hingga Selasa (30/8/2022). 

Adapun pelunasan biaya studi bagi calon mahasiswa yang lolos dapat dilakukan para periode yang sama dengan daftar ulang. 

Proses inisiasi dan adaptasi mahasiswa baru secara offline akan dilakukan pada Rabu (7/9/2022) hingga Jumat (9/9/2022). Awal perkuliahan mahasiswa baru Unpar semester ganjil tahun akademik 2022/2023 dimulai pada Senin (12/9/2022).

Informasi penerimaan calon mahasiswa baru bisa diakses melalui pmb.unpar.ac.id atau melalui email Unpar admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2042004, dan WhatsApp dengan nomor +6281570100000 (hanya untuk pesan teks). 

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.