Advertorial

Waspada Modus Penipuan Hoaks Surat Kenaikan Tarif Transaksi BCA

Kompas.com - 04/08/2022, 12:18 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, modus penipuan yang mengatasnamakan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kian canggih. Salah satu modus penipuan terbaru adalah hoaks ”Surat Resmi Kenaikan Tarif Transaksi”.

Modus tersebut disebarkan oknum penipu melalui berbagai platform, mulai dari WhatsApp, email, hingga media sosial.

Pada modus tersebut, penipu akan mengirimkan surat dengan kop menyerupai surat resmi Bank BCA kepada nasabah.

Surat tersebut berisi informasi bahwa dalam rangka peningkatan layanan, Bank BCA akan menaikkan tarif transaksi antarbank yang semula Rp 6.500 per transaksi, menjadi Rp 150.000 per bulan. Biaya ini akan ditarik secara otomatis dari rekening atau autodebet setiap bulan.

Surat hoaks Surat Resmi Kenaikan Tarif Transaksi mengatasnamakan Bank BCA. DOK. BCA Surat hoaks Surat Resmi Kenaikan Tarif Transaksi mengatasnamakan Bank BCA.

Kemudian, nasabah akan diminta persetujuannya dengan melakukan konfirmasi lewat link yang diberikan. Jika tidak melakukan konfirmasi, nasabah dianggap “setuju” dengan pendebetan tarif baru tersebut.

Penipu mengarahkan nasabah untuk mengklik link palsu tersebut.DOK. Bank BCA Penipu mengarahkan nasabah untuk mengklik link palsu tersebut.

Sebagai informasi, penggunaan link palsu yang tertera dalam email tersebut merupakan modus phising. Dalam link itu, nasabah akan diminta mengisi data pribadi seperti nomor handphone, nomor kartu debit, PIN, dan kode one time password (OTP).

Penipu juga mencantumkan tarif baru yang dapat dipilih untuk meyakinkan nasabah akan tindak kejahatannya, yakni Rp 150.000 atau Rp 6.500.

Penipu dapat mengakses rekening milik nasabah jika nasabah memberikan informasi pribadi.DOK. Bank BCA Penipu dapat mengakses rekening milik nasabah jika nasabah memberikan informasi pribadi.

Setelah semua proses dilakukan, pelaku akan memiliki akses ke akun rekening milik nasabah untuk menguras uangnya.

Waspada penipuan perubahan tarif baru transaksi BCA. DOK. Bank BCA Waspada penipuan perubahan tarif baru transaksi BCA.

Terkait beredarnya surat tersebut, pihak Bank BCA mengimbau nasabah untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan Bank BCA. Terlebih, bagi yang meminta data pribadi.

Kenali nomor resmi BCA

Perlu diketahui, Bank BCA memiliki nomor resmi WhatsApp, yakni 0811 1500 998. Nomor Whatsapp bank BCA sudah memiliki centang hijau yang menandakan nomor ini berasal dari yang akun sudah terverifikasi.

Selain nomor kontak tersebut, bisa dipastikan bahwa nomor itu palsu. Nasabah juga bisa mengecek semua akun resmi media sosial Bank BCA di sini.

Apabila mendapatkan surat mencurigakan yang mengatasnamakan Bank BCA, kamu dapat menghubungi kantor cabang setempat atau melalui HaloBCA 1500888. Kamu juga dapat menghubungi contact center Halo BCA melalui WhatsApp Halo BCA di nomor 0811 1500 998, Twitter @halobca, serta webchatwww.bca.co.id.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai modus penipuan dan akun palsu BCA, kamu bisa cek informasinya di sini.

Jaga selalu kerahasiaan data-data pribadimu. Jangan pernah terjerat oleh bujuk rayu penipu. Yuk, #CariTahuBiarAman #DatamuRahasiamu di www.bca.co.id/awasmodus.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.