Advertorial

Komitmen Pemberdayaan, BRI Dorong Pelaku UMKM Go Digital Lewat Pesta Rakyat Simpedes

Kompas.com - 05/08/2022, 12:46 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Pesero) Tbk atau BRI secara konsisten mendorong pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upayanya adalah menghadirkan layanan perbankan berorientasi customer centric melalui digitalisasi.

Sejalan dengan upaya digitalisasi layanan perbankan, BRI juga melakukan literasi dan pendampingan kepada nasabah serta pelaku UMKM. Bentuk nyata dari langkah tersebut tercermin dalam penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 yang digelar di Lapangan Galuh Mas, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai Jumat (5/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022).

Sebagai informasi, PRS merupakan acara tahunan BRI sebagai wadah pemberdayaan UMKM yang sudah diadakan sejak 2008. Gelaran PRS 2022 sendiri telah berlangsung sejak Juni dan akan berakhir pada Desember. PRS diadakan di 397 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“BRI senantiasa mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas melalui digitalisasi bisnis. Melalui transformasi digital, BRI berupaya untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan perbankan kepada masyarakat dengan lebih mudah dan cepat,” kata Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut, Supari mengatakan bahwa PRS 2022 juga menjadi momentum bagi pelaku UMKM memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas.

BRI, kata Supari, tidak hanya menyediakan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran selama PRS diselenggarakan.

“Pelaku UMKM juga mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha dan kesempatan untuk kolaborasi bisnis,” imbuh Supari.

Sebagai informasi, gelaran PRS terdiri dari enam Pilar. Pertama, Pawai yang dikemas dengan kegiatan literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi serta dimeriahkan dengan pawai budaya.

Kedua, Panggung dengan menampilkan hiburan oleh artis nasional. Ketiga, Pasar dengan menghadirkan 300 UMKM binaan BRI yang akan menampilkan berbagai macam produk yang dijual. Keempat, Panen, yaitu acara undian hadiah Simpedes dan doorprize untuk pengunjung.

Kelima, Pojok X’sis sebagai area pengunjung untuk mengaktualisasikan diri serta menambah pengetahuan dengan berbagai aktivitas seni dan olahraga, literasi digital, pengenalan digital banking experience, serta coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.

Keenam, Peduli, yaitu kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk masyarakat dengan mengadakan cek kesehatan gratis.

Bentuk komitmen BRI terhadap pemberdayaan UMKM pun dilakukan dengan mengembangkan one-stop solution bernama LinkUMKM. Aplikasi ini bisa digunakan pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya. Saat ini, terdapat sekitar 2,3 juta pelaku UMKM yang telah terdaftar dan aktif di aplikasi LinkUMKM.

Untuk layanan digital banking, BRI juga memiliki financial super apps digital banking BRImo yang telah digunakan oleh 18,37 juta pengguna. BRImo menghadirkan solusi holistik layanan keuangan dalam satu genggaman. Oleh karena itu, BRImo semakin digemari nasabah dengan pertumbuhan pengguna yang mencapai 66,3 persen secara year on year (yoy) pada kuartal II-2022.

Selain itu, BRI juga terus melakukan digitalisasi dalam proses bisnis. BRI mengembangkan kecerdasan buatan BRIBRAIN untuk menyimpan, memproses, dan mengonsolidasikan segala informasi dari berbagai sumber.

BRI juga mengembangkan aplikasi digital BRISPOT yang dapat mempercepat sekaligus memperluas akses kredit nasabah.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui link ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.