Advertorial

Ini Perbedaan antara iPhone 13 dan iPhone 12 yang Wajib Diketahui

Kompas.com - 09/08/2022, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Ponsel pintar pabrikan Apple, iPhone, merupakan salah satu smartphone yang paling digemari di dunia, termasuk di indonesia.

Kepopuleran iPhone tak lepas dari dukungan sejumlah teknologi berkualitas tinggi yang disematkan di dalamnya, mulai dari dapur pacu hingga kamera.

Dari segi kamera, misalnya, iPhone kerap digadang-gadang sebagai smartphone yang memiliki kamera dengan kualitas terbaik ketimbang smartphone Android.

Karena itu, perangkat tersebut cocok digunakan oleh seseorang yang gemar membuat konten media sosial (medsos).

Seperti diketahui, seri terbaru iPhone yang saat ini beredar di pasar Indonesia adalah iPhone 13.

Sama seperti seri iPhone sebelumnya, iPhone 13 juga terdiri dari beberapa varian, seperti iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max.

Lalu, apa yang membedakan iPhone 13 dengan seri sebelumnya, seperti iPhone 12? Berikut ulasannya.

  1. Desain

Dari sisi desain, tampilan iPhone 13 dapat dibilang cukup mirip dengan pendahulunya. Keduanya memiliki ukuran layar 6,1 inci dengan frame berbahan alumunium dan memiliki sudut yang tegas.

Namun, bagian poni alias notch pada iPhone 13 diklaim 20 persen lebih kecil dari seri sebelumnya.

Perbedaan lain yang cukup kentara dari dua seri iPhone tersebut juga terlihat pada bagian punggung.

Pada iPhone 13, kamera belakang ponsel ini tidak lagi disusun dalam garis vertikal seperti iPhone 12, tetapi diagonal. Meski begitu, kamera belakang kedua smartphone ini masih dilengkapi dengan kamera wide dan ultra wide.

  1. Baterai tahan lama

Dilansir dari situs web resmi Apple, kapasitas baterai iPhone 13, khususnya iPhone 13 Pro dan Pro Max 13, dikatakan lebih besar dan tahan lama hingga 2,5 jam dari seri iPhone 12.

Sementara, baterai iPhone 13 Mini hanya memiliki perbedaan 1,5 jam lebih lama bila dibandingkan iPhone 12 mini.

Adapun penggunaan chipset yang tangguh ditengarai menjadi salah satu penyebab baterai pada iPhone 13 bisa tahan lama.

  1. Fungsi kamera sinematik dan makro

Selain desain dan baterai, perbedaan juga terlihat pada fitur kamera. Pada iPhone 13, Apple menyematkan mode sinematik sehingga dapat merekam video dengan mode portrait dan memiliki fokus otomatis dengan kualitas gambar yang tinggi.

Selain itu, ada juga mode makro fotografi. Mode ini membuat iPhone 13 bisa mengambil video dengan fitur zoom tanpa terlihat blur dan tak kehilangan detail yang diinginkan.

Apple juga menyematkan sensor shift stabilizer untuk meminimalisasi hasil blur pada foto akibat adanya goyangan saat pengambilan gambar.

  1. Kapasitas memori hingga 1 TB

Kelebihan utama lain yang dimiliki oleh iPhone 13 adalah kapasitas penyimpanan yang sangat besar, yakni hingga 1 terabita (TB).

Namun, kapasitas memori tersebut hanya dimiliki iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Dengan kapasitas tersebut, kamu jadi tidak perlu menghapus atau memindahkan aneka foto dan video dari ponsel.

Kapasitas memori tersebut juga dapat membantu kamu untuk menyimpan berbagai video demi kepentingan konten.

  1. Harga

Sebagai produk keluaran terbaru, harga yang disematkan pada iPhone 13 jelas memiliki perbedaan dengan pendahulunya.

Untuk harga, iPhone 13 regular saat ini ada di kisaran Rp 11 juta-Rp 15 jutaan. Perbedaan ini didasari kapasitas memori yang ada pada masing-masing ponsel.

Misalnya, iPhone 13 dengan kapasitas memori 128 gigabita (GB). Smartphone ini merupakan seri iPhone 13 dengan harga terendah.

Sementara, bagi yang ingin membeli seri iPhone 13 Pro Max, siapkan saja kocek, mulai dari Rp 15 juta-Rp 22 jutaan.

Untuk iPhone 13 Mini, seri ini memiliki harga di kisaran Rp 9 juta-Rp 14 jutaan. Adapun varian iPhone 13 Mini dengan kapasitas memori 256 GB dihargai Rp 11 jutaan.

Itu tadi beberapa perbedaan antara iPhone 13 dan 12. Berkat kelebihan yang dimiliki iPhone 13, tak heran jika smartphone tersebut lebih mencolok dan diminati banyak orang.

Bagi yang tertarik membeli atau menjual iPhone 13, kamu bisa mendapatkannya di platform e-commerce, seperti Shopee.

Seperti diketahui, Shopee adalah platform belanja online yang akan memberimu pengalaman transaksi jual beli secara mudah, aman, dan cepat.

Melalui Shopee, kamu juga dapat menikmati beragam promo menarik, seperti gratis ongkos kirim (ongkir), diskon, dan cashback. Tunggu apa lagi? Yuk, beli iPhone 13 di Shopee.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.