Advertorial

Semarak HUT Ke-77 RI, Gubernur Kepri Bagi 2.000 Bendera Merah Putih di Kabupaten Karimun

Kompas.com - 14/08/2022, 17:56 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad membagikan 2.000 bendera merah putih pada saat kunjungan (kunker) sekaligus pelepasan peserta Jelajah Wisata Karimun di Panggung Putri Kemuning Coastal Area, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Minggu (14/8/2022). Penyerahan bendera dilakukan secara simbolis kepada sepuluh orang perwakilan penerima.

Sebagai informasi, pembagian bendera tersebut merupakan dukungan terhadap Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Gerakan ini ditujukan kepada gubernur dan bupati atau wali Kota se-Indonesia dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Ansar mengatakan, gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Kepri merupakan upaya pemerintah untuk menumbuhkan kesadaran bela negara, rasa cinta tanah air, dan meningkatkan nasionalisme di masyarakat.

"Dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia. Selama bulan kemerdekaan (bendera) akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutur Ansar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Ansar melanjutkan, dengan adanya pembagian bendera, diharapkan masyarakat dapat mengibarkan bendera merah putih di kediamannya masing-masing selama bulan kemerdekaan.

Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih juga masih akan dilakukan Ansar di kota dan kabupaten Kepri lainnya, mulai dari Kota Tanjungpinang hingga Kabupaten Bintan yang akan dijalankan pada pekan depan.

Sebagai informasi, sebelumnya Pemprov Kepri melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Adi Prihantara telah menyurati seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Provinsi Kepri.

Melalui surat tersebut, Pemprov Kepri mengajak seluruh OPD berpartisipasi dalam pengumpulan bendera merah putih berukuran tertentu ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kepri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com