Advertorial

Mudahnya Menemukan Peluang Trading dengan Tools Acuity

Kompas.com - 15/08/2022, 19:39 WIB

KOMPAS.com - Bagi seorang investor, berita seputar ekonomi dan pasar keuangan merupakan sumber terkuat dan akurat yang dapat dipakai untuk menentukan keputusan saat trading.

Berita tersebut dapat berupa berita utama, komentar analis, serta informasi terkini terkait suasana market yang sesungguhnya. Dengan memahami suasana pasar saat ini, trader dapat memprediksi perilaku pasar secara akurat.

Sayangnya, menganalisis suatu berita membutuhkan waktu. Sementara, tak semua trader memiliki waktu luang untuk melakukan hal tersebut. Untuk menyiasati hal tersebut, trader dapat menggunakan trading tool.

Salah satunya adalah Acuity yang hadir sebagai inovasi yang dapat memudahkan trader untuk mengidentifikasi peluang pasar.

Mengenal Acuity lebih dekat

Seorang trader profesional sudah tak asing dengan tools, seperti Acuity. Ini merupakan trading tools unik pertama di Indonesia yang secara khusus berfokus pada analisis fundamental yang dibutuhkan oleh seorang trader.

Adapun cara kerja tools tersebut adalah menganalisis sentimen pasar dengan mengirimkan sinyal trading secara real time.

Acuity dirilis oleh para veteran dari Wall Street Journal dan Dow Jones pada 2013. Dilengkapi teknologi big data, Acuity memiliki lebih dari 32.000 aset yang dapat menganalisis 5 juta artikel atau berita seputar finansial setiap hari serta 43 juta data poin setiap detik.

Tak heran dengan kemampuannya tersebut. Sebab, Acuity menggunakan teknologi canggih bernama natural language processing (NLP). Teknologi dari cabang artificial intelligence (AI) ini memiliki kemampuan untuk mengukur sentimen dan menentukan bagian terpenting dari bahasa alami yang ditulis serta diucapkan oleh manusia.

Istilah NLP mungkin asing di telinga awam, tetapi sebenarnya istilah ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, pada fitur penerjemah di media sosial atau Google Translate. Basis teknologi tersebut juga dipakai untuk keakuratan tata bahasa teks di Microsoft Word, serta personal assistant, seperti Siri.

Dengan teknologi NLP, Acuity dapat menganalisis jutaan artikel berita online yang berkaitan dengan pasar keuangan setiap harinya. Hal ini dapat membantu trader agar tetap up-to-date dalam membuat keputusan transaksi berdasarkan informasi dan data.

Trading menjadi lebih mudah

Acuity mengubah cara pandang trader untuk memantau berita dan kalender. Aktivitas yang selama ini dianggap tidak efisien itu, kini disajikan menarik secara visual dan intuitif.

Sistem pada Acuity akan memvisualisasikan data dalam bentuk indikator yang akan memberikan perspektif dinamika perubahan pasar.

Dengan Acuity, Anda dapat melakukan transaksi untuk berbagai produk berjangka, seperti foreign exchange (forex), indeks saham, logam mulia, serta komoditas lain melalui komputer atau laptop.

Tools tersebut juga memiliki berbagai fitur menarik. Simak ulasannya sebagai berikut.

  1. News, economic calendar, dan sentiment data dalam satu terminal

Anda bisa menemukan berita dan event ekonomi yang berdampak pada portofolio dengan cepat melalui filter berita dan peristiwa. Pahami bagaimana sentimen di kalangan investor global memengaruhi harga dengan fitur Sentiment Data. Anda juga dapat mengakses semua itu secara langsung di MetaTrader 4.

  1. Mudahnya menentukan keputusan dengan fitur Market Alerts

Anda tak perlu khawatir ketinggalan peluang. Pasalnya, fitur Market Alerts dari Acuity dapat membantu trader menemukan persepsi market yang unik berdasarkan sentimen berita.

Dengan tingkat kepercayaan dan jangka waktu yang bisa disesuaikan, Acuity mampu memberikan ide pada trader untuk merencanakan posisi keluar ataupun masuk.

  1. Trading langsung dari Research Terminal

Setelah membuat keputusan, saatnya trader manfaatkan fungsi Trade Ticket di Research Terminal yang mengombinasikan berita, data kalender makro ekonomi, serta sentimen berita dalam visual yang menarik. Dengan demikian, Anda dapat bertransaksi secara cepat dan mudah.

Trade Ticket di Research Terminal.DOK. Valbury Trade Ticket di Research Terminal.

Cara instal Acuity di aplikasi Valbury MetaTrader

Di Indonesia, Anda dapat menikmati berbagai fitur Acuity dengan menjadi nasabah PT Valbury Asia Futures. Valbury telah menjalin kemitraan dengan Acuity sejak 2019. Selain itu, perusahaan ini juga menjadi pelopor pialang yang menggunakan trading tools berdasarkan analisis fundamental di Indonesia.

Cara instalasinya pun cukup mudah. Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil di laptop atau komputer. Berikut panduan instalasi EA Acuity di Valbury MT4.

Pertama, daftar akun live di Valbury. Unduh trading platform MT4 serta plugin EA Acuity melalui Client Area.

Kedua, buka file hasil unduhan dan klik Install.

Ketiga, ikuti langkah selanjutnya hingga muncul jendela Finish.

Keempat, setelah berhasil, akan muncul menu baru di Expert Advisor dalam aplikasi MT4, yakni Acuity Trading Widgets.

Kelima, klik dua kali, lalu akan muncul jendela baru. Klik Ok dan Acuity Anda siap digunakan.

Mudah bukan? Saatnya Anda menangkap peluang trading dengan bantuan tools terbaik dari Valbury Asia Futures. Daftar akun di aplikasi Valbury sekarang. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna App Store dan Play Store.

Disclaimer: Artikel ini bukanlah saran investasi. Perdagangan berjangka memiliki peluang dan risiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, pahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.