Advertorial

Favorit di Kampung Inggris, Titik Nol English Punya Biaya Kursus Lebih Ekonomis

Kompas.com - 16/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Cakap berbahasa Inggris menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki setiap orang di era globalisasi. Tak hanya untuk belajar dan bekerja, kemampuan berbahasa Inggris juga dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, seperti menggunakan gawai dan media sosial.

Di Indonesia, ada tempat yang cukup populer sebagai pusat belajar bahasa Inggris, yakni Kampung Inggris yang berada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Di sana, terdapat ratusan lembaga kursus yang didatangi ribuan siswa setiap bulannya.

Salah satu lembaga kursus favorit di Kampung Inggris adalah Titik Nol English yang berdiri sejak 2017. Titik Nol English membantu siswa sekolah menengah atas (SMA) hingga dewasa untuk belajar bahasa Inggris dari dasar, baik untuk keperluan sehari-hari maupun persiapan tes TOEFL dan IELTS.

Sebelum pandemi Covid-19, ada lebih dari 400 siswa yang belajar di Titik Nol English setiap bulannya. Namun, jumlah siswa turun menjadi sekitar 200 per bulan di masa pandemi Covid-19.

Merespons kondisi tersebut, Titik Nol English beradaptasi dengan mengubah aktivitas pembelajaran menjadi serbadigital. Alhasil, lembaga ini mampu melayani ribuan siswa per bulan secara daring.

Pada Agustus 2022, lebih dari 20.000 siswa telah selesai belajar di Titik Nol English. Bahkan, ratusan di antaranya berkesempatan belajar dan bekerja di luar negeri.

Selain itu, banyak alumnus Titik Nol English yang berhasil mendapatkan beasiswa-beasiswa bergengsi, seperti beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Fulbright.

Lokasi kursus bahasa Inggris Titik Nol English di Kampung Inggris, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa TimurDok. Titik Nol English Lokasi kursus bahasa Inggris Titik Nol English di Kampung Inggris, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Demi mencapai keberhasilan, Titik Nol English berkomitmen untuk menjaga kualitas pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memiliki pengajar yang berkompetensi dan berkualitas.

Sebagai informasi, persyaratan pertama untuk menjadi pengajar di Titik Nol English adalah memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 580 atau sertifikat IELTS dengan skor minimal 7.

Selain itu, para calon pengajar juga wajib menyelesaikan program pelatihan khusus pengajar bahasa Inggris. Dengan demikian, mereka tidak hanya fasih dalam berbahasa Inggris, tetapi juga memiliki kemampuan mengajar yang baik.

Kurikulum dan metode pengajaran di Titik Nol English juga terus dievaluasi secara berkala. Evaluasi tersebut dilakukan berdasarkan tiga kriteria utama, yaitu kesesuaian dengan tujuan dan standar, kelengkapan, serta relevansi pembelajaran.

Hal lain yang juga membuat Titik Nol English menjadi favorit di Kampung Inggris adalah biaya kursus yang lebih ekonomis. Sebagai contoh, untuk mengikuti program IELTS Preparation di lembaga ini biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 1,4 juta untuk 1 bulan dengan total durasi 120 jam belajar atau setara Rp 11.666 per jam.

Biaya tersebut jauh lebih murah dibandingkan program persiapan IELTS di lembaga lainnya.

“Kami memang berkomitmen melayani pasar menengah ke bawah yang selama ini kurang tersentuh lembaga-lembaga bahasa Inggris besar,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Titik Nol English Samuel Evans Ketaren dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Keunggulan lain Titik Nol English adalah lokasinya yang strategis, yaitu dekat dengan minimarket, tempat ibadah, ATM Center, pusat kuliner, dan klinik kesehatan.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.