Advertorial

Kiprah Relawan Bakti BUMN dalam Menaikkan Kelas UMKM di Rumah BUMN Klungkung Bali

Kompas.com - 16/08/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama PT Pertamina (Persero) meresmikan Rumah BUMN di Klungkung, Bali.

Kehadiran tumah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bali.

Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kehadiran Rumah BUMN Klungkung.

Edi berharap, Rumah BUMN Klungkung bisa menjadi wadah bagi para mitra binaan BUMN dalam mengembangkan usaha sekaligus membantu mereka untuk go digital agar dapat naik kelas.

“Saya juga mengapresiasi Pertamina yang telah menginisiasi Rumah BUMN Klungkung. Kami melihat hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kami pun berharap masyarakat mendapat manfaat sebesar-besarnya, terutama dalam menciptakan program pemasaran UMKM yang baik,” ujar Edi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Sebagai informasi, peresmian Rumah BUMN Klungkung juga diisi dengan kegiatan bimbingan dan edukasi dari Relawan Bakti BUMN untuk pelaku UMKM melalui Kelas Digital Marketing dan Social Media.

Lewat kegiatan tersebut, para pelaku UMKM yang hadir diharapkan dapat semakin memahami dan menguasai bidang pemasaran digital, terutama soal perkembangan teknologi informasi dalam menjalankan usaha.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan sesi praktik pembuatan akun media sosial (medsos) bagi UMKM yang belum go digital dan go online.

Tak hanya itu, pelaku UMKM juga dibantu para relawan untuk mempelajari teknik pengambilan foto produk untuk keperluan digital marketing dan konten medsos.

“Relawan Bakti BUMN merupakan program yang diinisasi oleh Kementerian BUMN. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para pegawai BUMN seluruh Indonesia untuk terlibat secara langsung dan memberikan baktinya membangun Indonesia melalui program TJSL,” jelas Eko.

Eko menambahkan, program tersebut juga merupakan salah satu pilar untuk meningkatkan tanggung jawab BUMN. Dengan begitu, para pegawai bisa semakin memahami peran Bakti BUMN dalam memberikan pemahaman dan manfaat yang besar untuk masyarakat.

Vice President Corporate Social Responsibilityand SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kegiatan edukasi tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemasaran digital pelaku UMKM.

Terlebih, para relawan telah terjun langsung memberikan bimbingan dan edukasi kepada pelaku UMKM dalam hal pemasaran digital.

"Mereka mengadakan kelas dalam platform digital, seperti fotografi dan medsos, agar produk mereka (UMKM) menjadi lebih baik dan menarik untuk diunggah di medsos. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan mereka tentang pemasaran digital,” ujar Fajriyah.

Sementara itu, salah saeorang Relawan Bakti BUMN dari PT Taspen (Persero) sekaligus narasumber pada kegiatan edukasi, Nabila, mengatakan bahwa dirinya sangat antusias dalam menyampaikan materi dan berbagai informasi terkait digital marketing.

"Saya menyampaikan materi mengenai digital marketing dan para pelaku UMKM sangat antusias sekali. Kami mendefinisikan apa yang dibutuhkan oleh UMKM, seperti tentang cara melakukan pemasaran secara digital,” kata Nabila.

Kegiatan edukasi tersebut pun mendapat respons positif dari para peserta yang hadir. Salah satunya, datang dari pelaku UMKM Bali Nature, Komang Wati.

Komang yang menjalankan usaha produk kecantikan berbahan dasar kelapa mengaku sangat terbantu serta mendapatkan banyak keuntungan dan informasi dalam upaya menjalankan usaha yang dimiliknya.

"Saya senang sekali mengikuti kegiatan ini. Materi yang didapat juga sangat penting. Kami diajarkan tentang cara menghasilkan foto yang bagus untuk di-upload ke medsos. Ini sangat bagus karena semua sekarang serba-online, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Jadi, ini sangat membantu dan memotivasi sekali,” ucap Komang.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.