Advertorial

Optimal Layani Masyarakat, Pertamina Call Center 135 Sabet 10 Penghargaan Skala Global

Kompas.com - 16/08/2022, 17:54 WIB

KOMPAS.com – Layanan kontak konsumen Pertamina, Pertamina Call Center 135 (PCC 135), dianugerahi 10 penghargaan dalam ajang Global Contact Center Award-Asia Pacific Region 2022. Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan di wilayah Asia Pasifik yang dinilai memiliki layanan contact center terbaik.

Sebagai informasi, Global Contact Center Award-Asia Pacific Region 2022 digelar di Nusa Dua, Bali, pada 25-29 Juli 2022. Penghargaan ini menilai kinerja contact center secara keseluruhan, yakni yang menunjukkan komitmen kepada staf, pelanggan, dan memastikan bahwa layanannya sejalan dengan tujuan perusahaan.

Dari 10 kategori dalam penghargaan tersebut, PCC 135 berhasil meraih tujuh penghargaan Gold, yaitu untuk Best Customer Service Professional, Best Customer Loyalty Program, Best Use of Social Media Best Use of Self-Service Technology, Best Operational Manager, Best Supervisor, dan Best Analyst.

Kemudian, PCC 135 mendapat tiga penghargaan Silver untuk kategori Best Organizational CX, Best Contact Center, dan Best Public Services Center.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan, penghargaan tersebut adalah bukti bahwa Pertamina selalu memberikan layanan yang optimal dan memenuhi kebutuhan informasi kepada konsumen.

“Pelayanan terhadap konsumen selalu jadi prioritas kami. Prestasi ini kembali membuktikan bahwa kinerja dan kualitas layanan Pertamina Call Center 135 semakin prima dan telah diakui dunia. Kami turut bersyukur dapat berkontribusi dan membawa harum nama Indonesia,” kata Irto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Untuk informasi, PCC 135 melayani konsumen melalui berbagai kanal komunikasi, yaitu voice atau telepon, video call, media sosial, dan email.

Irto menjelaskan, PCC 135 juga terus melakukan terobosan dan inovasi agar dapat melayani kebutuhan informasi masyarakat secara optimal.

Inovasi yang dilakukan PCC 135 di antaranya dengan menghadirkan Pertamina Delivery Service (PDS), yaitu layanan pesan antar produk BBM, Bright Gas, pelumas, dan produk Bright Store kepada masyarakat. Dok. Pertamina Inovasi yang dilakukan PCC 135 di antaranya dengan menghadirkan Pertamina Delivery Service (PDS), yaitu layanan pesan antar produk BBM, Bright Gas, pelumas, dan produk Bright Store kepada masyarakat.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjalankan penugasan dari pemerintah untuk mendistribusikan energi kepada masyarakat hingga ke pelosok negeri, katanya, layanan PCC 135 menjadi tulang punggung dan garda terdepan saluran komunikasi serta layanan informasi bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan masyarakat. 

"Untuk itu, kami terus berupaya untuk berinovasi menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,” tambah Irto.

Irto menjelaskan, langkah inovasi yang dilakukan PCC 135 di antaranya dengan menghadirkan Pertamina Delivery Service (PDS), yaitu layanan pesan antar produk BBM, Bright Gas, pelumas, dan produk Bright Store kepada masyarakat.

Layanan tersebut bisa dipesan melalui PCC 135, situs web PDS135, dan aplikasi MyPertamina. PCC 135 juga telah terintegrasi dengan aplikasi MyPertamina.

“PCC 135 juga menghadirkan lingkungan kerja inklusif dan penyetaraan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas. Terdapat enam agen PCC 135 yang merupakan penyandang disabilitas. Hal ini juga merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan pendekatan environmental, social, and governance (ESG),” ujar Irto.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.