Advertorial

Butuh Dana Tunai Mudah dan Cepat? Begini Cara Ajukan Pinjaman di Inafina.com

Kompas.com - 18/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), baik motor maupun mobil, kerap menjadi jaminan untuk mengajukan pinjaman kepada perusahaan pembiayaan saat kondisi mendesak.

Cara tersebut dinilai menguntungkan bagi para debitur karena pinjaman dapat diproses dalam waktu cepat dan tidak bertele-tele ketimbang meminjam pada orang terdekat. Privasi peminjam pun lebih terjaga.

Salah satu situs pembiayaan yang banyak dipilih masyarakat untuk menggadaikan BPKB motor atau mobil adalahinafina.com.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa 16/8/2022), inafina.com sudah menjadi rujukan masyarakat untuk meminjam dana sejak 2015.

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, inafina.com mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam melayani nasabah. Dengan begitu, nasabah dapat menemukan solusi pada platform yang tepat ketika mengalami masalah finansial.

Saat ini, produk andalan inafina.com dengan pengajuan terbanyak adalah gadai BPKB motor dan gadai BPKB mobil. Sebagai instrumen jaminan, BPKB sendiri memiliki dua sisi penting, yakni praktis dan ekonomis.

Adapun menggadaikan BPKB motor dan mobil di inafina.com memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya masyarakat tak perlu melalui tahapan Bank Indonesia (BI) checking (S&K berlaku), pencairan dana besar, bunga rendah, serta dapat memproses pajak mati dan BPKB atas nama orang lain.

Beberapa perusahaan mitra Inafina juga bisa memproses pinjaman kurang dari sehari, menerima plat kendaraan daerah, menerima kendaraan bermotor tahun tua, dan sudah bermitra dengan banyak perusahaan leasing terkemuka.

Gadai BPKB motor dan mobil 

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, inafina.com tak hanya menawarkan fasilitas pinjaman dengan BPKB kendaraan tahun muda saja, tetapi juga kendaraan usia lama atau tua. 

Adapun khusus kendaraan usia lama, inafina.com hanya menerima kendaraan yang berpelat nomor Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Untuk kategori motor, kendaraan usia lama yang diterima inafina.com berkisar antara 2009 sampai 2011. Sementara, untuk kategori mobil adalah 1997.

Kemudahan tersebut dihadirkan inafina.comkarena tak banyak situs pembiayaan yang menerima pengajuan kendaraan tahun lama. Di sisi lain, tak sedikit pula nasabah dengan kendaraan tersebut memerlukan dana tunai mendesak.

Daripada menjual kendaraan tersebut dengan harga rendah, gadai BPKB motor di inafina.com bisa menjadi solusi tepat untuk mendapatkan dana.

Untuk diketahui, inafina.com merupakan fasilitator antara konsumen dan perusahaan leasing resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, seluruh perusahaan leasing resmi mitra inafina.com juga telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya lebih terjamin.

Adapun seluruh tahapan, mulai dari survei hingga pencairan hanya dilakukan oleh perusahaan leasing resmi yang menjadi mitra inafina.com.

Pengajuan pinjaman melalui inafina.com juga lebih mudah dan cepat karena dapat dilakukan melalui smartphone tanpa harus keluar rumah.

Syarat dan ketentuan pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan gadai BPKB motor dan gadai BPKB mobil, baik pajak berstatus mati, BPKB atas nama orang lain, maupun pengajuan atas nama perusahaan, inafina.com bisa jadi pilihan.

Untuk mengajukan pinjaman, khususnya BPKB atas nama perusahaan, pastikan menyantumkan surat pelepasan hak.

Tujuannya, untuk memastikan kendaraan tersebut sudah menjadi milik Anda pribadi dan bukan hasil curian atau penipuan.

Ketentuan berikutnya adalah nasabah yang mengajukan gadai BPKB melalui inafina.com harus berusia antara 21 tahun sampai 55 tahun.

Terkait usia kendaraan, Anda bisa mengajukan jaminan BKPB mobil paling tua keluaran 2000 untuk pelat nomor khusus Jabodetabek dan 2009 untuk pelat nomor selain Jabodetabek.

Sementara itu, pada sepeda motor, Anda bisa menjaminkan BPKB kendaraan dengan usia tertua 2009-2011 khusus pelat Jabodetabek dan 2013 untuk pelat di luar Jabodetabek.

Syarat berikutnya, Anda harus berstatus sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap, baik hasil dari gaji atau profit usaha.

Hal ini merupakan syarat dasar sebelum mengajukan pinjaman karena nasabah wajib membayar angsuran setiap bulan sesuai tenor yang telah dipilih.

Tak hanya itu, inafina.comjuga menerima pengajuan dana tunai dengan jaminan BPKB status pajak mati maksimal empat tahun (kendaraan tahun muda) dan dua tahun (kendaraan tahun tua).

BPKB atas nama orang lain atau perusahaan masih dapat diproses cepat, bahkan dibantu oleh leasing dari mitra inafina.com untuk balik nama (BN) dan perpanjang pajak.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan calon nasabah terdiri dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) nasabah dan pasangan bila statusnya sudah menikah, fotokopi Kartu Keluarga (KK), serta BPKB dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), baik asli maupunsalinan.

Selain itu, slip gaji atau ID card, rekening koran, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi wirausaha, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), ataupun akta.

Nah, itulah informasi seputar pengajuan gadai BPKB diinafina.com. Mudah bukan? Ajukan sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.