Advertorial

Rayakan HUT Ke-77 RI, Pemkot Surabaya Adakan Beragam Lomba Unik dan Nonton Bareng

Kompas.com - 18/08/2022, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Republik Indonesia (RI) tengah memperingati kemerdekaannya yang ke-77 tahun. Selama dua tahun pandemi Covid-19, perayaan kemerdekaan harus dilaksanakan secara terbatas, termasuk di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Setelah situasi pandemi mulai terkendali, semarak kemerdekaan di Kota Surabaya kembali meriah. Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia dapat dilihat mulai dari pernak-pernik warna merah putih, dekorasi, hingga umbul-umbul, yang menghiasi setiap wilayah serta jalan-jalan protokol Kota Pahlawan. 

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah mengimbau warga agar memasang dan mengibarkan bendera Merah Putih serentak mulai 1-31 Agustus 2022. Selain itu, warga juga diajak untuk memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, dan baliho untuk menyemarakkan kemerdekaan Indonesia.

Imbauan itu ia sampaikan melalui surat edaran (SE) dan dengan pengeras suara yang terpasang di sejumlah traffic light Kota Surabaya.

“Kami ambil semangat dari perayaan kemerdekaan, yaitu semangat gotong-royong, semangat kebersamaan yang tidak boleh pudar, dan tetap terjaga di Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Eri menambahkan, untuk menggugah semangat kemerdekaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bahkan membagikan 13.884 bendera Merah Putih secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Eri bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya juga terjun langsung membagikan bendera Merah Putih ke rumah warga di Kecamatan Tambaksari, Rabu (10/8/2022). Bahkan, pembagian bendera Merah Putih di Kota Pahlawan ditinjau langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang datang ke lokasi pada Minggu (14/8/2022).

“Surabaya ini adalah Kota Pahlawan. Oleh karena itu, kita harus mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan,” ujar Eri. 

Menurutnya, mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa tidak sekadar memasang bendera Merah Putih ketika HUT Republik Indonesia, tetapi dapat dilakukan dengan cara yang lain, yaitu saling gotong royong dan tolong-menolong antar-sesama umat manusia.

“Oleh sebab itu, kami turun bergandengan tangan dan bergotong-royong dengan Forkopimda, serta rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) Sebab, membangun Kota Surabaya harus seperti apa yang telah diajarkan oleh pahlawan kita, yaitu dengan kebersamaan dan gotong-royong,” ucapnya.

Menurut Eri, filosofi membagikan bendera Merah Putih adalah untuk membakar semangat warga Kota Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan. Ia menambahkan, makna kemerdekaan saat ini bukan soal melawan penjajah, melainkan cara melawan kemiskinan, anak putus sekolah, kebodohan, dan pengangguran.

 “Saya yakin, dengan gotong-royong, kita bisa melawan itu semua. Saya yakin, dengan bergerak bersama, kita punya kekuatan ketika menyelesaikan sebuah masalah,” tuturnya.

Perayaan Hari Kemerdekaan di Kota Surabaya semakin meriah dengan beragam lomba dan kegiatan yang diadakan Pemkot. Beragam lomba itu tak hanya ditujukan bagi perangkat daerah (PD) di lingkup pemkot, tetapi juga untuk masyarakat Surabaya.

Perayaan Hari Kemerdekaan di Kota Surabaya semakin meriah dengan beragam lomba dan kegiatan yang diadakan Pemkot. Beragam lomba itu tak hanya ditujukan bagi perangkat daerah (PD) di lingkup pemkot, tetapi juga untuk masyarakat Surabaya. Dok. Pemkot Surabaya Perayaan Hari Kemerdekaan di Kota Surabaya semakin meriah dengan beragam lomba dan kegiatan yang diadakan Pemkot. Beragam lomba itu tak hanya ditujukan bagi perangkat daerah (PD) di lingkup pemkot, tetapi juga untuk masyarakat Surabaya.

Sejumlah kegiatan lomba yang digelar di antaranya Lomba Penulisan Blog dan Lomba Video Kemeriahan Hari Kemerdekaan yang dapat diikuti masyarakat umum. Pendaftaran kedua kategori lomba tersebut dilakukan secara online mulai 1-31 Agustus 2022.

Sementara, di lingkup internal, Pemkot Surabaya juga mengadakan beragam lomba antarinstansi yang digelar pada 9-15 Agustus 2022. Beberapa lomba yang digelar adalah Lomba Voli Campuran, Lomba Tenis Meja, Lomba Hadang Putri, Lomba Estafet Tradisional, Lomba Panjat Pinang, Lomba Gebuk Bantal, Lomba Rias, dan Lomba Tarik Tambang antar-Forkopimda Surabaya.

Pemkot Surabaya juga mengadakan pesta rakyat di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Sabtu, (13/8/2022). Eri dan Forkopimda Surabaya hadir dan menjadi salah satu peserta beregu Lomba Tarik Tambang.

Pemkot Surabaya juga mengadakan pesta rakyat di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Sabtu, (13/8/2022). Eri dan Forkopimda Surabaya hadir dan menjadi salah satu peserta beregu Lomba Tarik Tambang. Dok. Pemkot Surabaya Pemkot Surabaya juga mengadakan pesta rakyat di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Sabtu, (13/8/2022). Eri dan Forkopimda Surabaya hadir dan menjadi salah satu peserta beregu Lomba Tarik Tambang.

“Jadi, lomba ini adalah semangat untuk terus berkorban dengan berkobar-kobar untuk kemerdekaan Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Lomba Perahu Layar yang memperebutkan Piala Wali Kota Surabaya juga digelar di Pantai Kenjeran. Setidaknya ada 37 tim yang berasal dari nelayan sekitar ikut serta memeriahkan lomba tersebut.

“Ini sangat luar biasa. Tahun depan, insyaallah akan kami lakukan lebih besar lagi dari tahun ini. Saya lihat semangat teman-teman meriah dan luar biasa,” ungkapnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu berharap, filosofi semangat kemerdekaan dapat diterapkan oleh jajarannya dalam melayani masyarakat Kota Surabaya. Dengan begitu, setiap permasalahan yang ada di Surabaya dapat diselesaikan.

“Inilah yang saya harapkan sebenarnya. Semangat kebersamaan yang bisa diterapkan dalam lingkup kita sebagai pemerintah,” ucap Eri.

Nonton bareng dan fashion show

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora) Surabaya Wiwiek Widayati menjelaskan, Lomba Perahu Layar merupakan salah satu event tahunan yang ditawarkan Pemkot sebagai destinasi wisata di Kota Surabaya.

“Jadi, lomba perahu layar (merupakan) salah satu (atraksi) yang memang kami tawarkan sebagai destinasi wisata,” kata Wiwiek.

Tak hanya lomba perahu layar, kegiatan menarik lain juga digelar Pemkot Surabaya dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan di Surabaya, yaitu peluncuran Lomba Film Pendek dan acara Nonton Bareng Koesno di XXI Tunjungan Plaza (TP) 1 Surabaya, Minggu (14/8/2022. 

Koesno berkisah tentang perjalanan presiden pertama RI saat menempuh pendidikan di Kota Surabaya,” jelas Wiwiek.

Kegiatan menarik lain adalah, fashion show yang juga kembali digelar di Kompleks Balai Pemuda dengan tema "Busana Perjuangan", Senin (15/8/2022). Kemudian, ada juga tasyakuran dan doa bersama oleh Pemkot Surabaya untuk mengenang jasa para pahlawan yang diselenggarakan pada Selasa (16/8/2022).

Pemkot Surabaya menggelar Upacara Peringatan HUT RI di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (17/8/2022). Upacara tersebut, kata Wiwiek, juga diikuti masyarakat, baik yang datang langsung ke balai kota maupun online melalui Zoom.

Sebagai acara puncak, Pemkot Surabaya akan membuka Pameran Surabaya Great Expo (SGE) di Grand City Convention and Expo Kota Surabaya, Rabu (24/8/2022).

“Semua kegiatan ini (tujuannya) adalah untuk meramaikan HUT Ke-77 RI,” kata Wiwiek.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com