Advertorial

BPK PENABUR Jakarta Terus Berinovasi Memberikan Pendidikan Unggul bagi Peserta Didik

Kompas.com - 19/08/2022, 00:00 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, dunia sedang memasuki era society 5.0 yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology-based). Era ini membawa sejumlah perubahan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan.

Sebagai lembaga pendidikan Kristen di Indonesia, Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR Jakarta turut beradaptasi dalam perubahan yang ada dan secara proaktif melakukan inovasi multidimensional.

Menyikapi perubahan yang ada, BPK PENABUR Jakarta melakukan penambahan infrastruktur di ruang kelas. Salah satunya adalah pemasangan interactive flat panel (IFP) yang digunakan sebagai alat bantu proses belajar mengajar. 

Ketua BPK PENABUR Jakarta Antono Yuwono mengatakan, perkembangan teknologi merupakan hal yang pasti terjadi dan tidak dapat dilawan. Oleh karena itu, BPK PENABUR Jakarta menanggapi perkembangan teknologi dengan menanamkan nilai-nilai iman Kristiani kepada peserta didik.

Upaya tersebut dilakukan dengan memperbarui rencana strategis (renstra), yakni dengan melakukan telaah mendalam terkait pendidikan.

“Hal itu dilakukan dengan menentukan tindakan selanjutnya yang harus dijalankan ketika memasuki tahun pelajaran baru,” ujar Antono dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Antono menambahkan, BPK PENABUR Jakarta terus melakukan pelatihan kepada tenaga pendidik dan kependidikan guna meningkatkan kecakapan serta keandalan sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan menyediakan gedung PENABUR Learning Center (PLC). Menggunakan gedung ini, BPK PENABUR Jakarta mengadakan pelatihan untuk tenaga pendidik dan kependidikan yang dilakukan secara berkelanjutan.

Pelatihan dilakukan dalam rangka mengembangkan kompetensi, baik keterampilan maupun pengetahuan, berlandaskan karakter Kristiani sesuai perkembangan zaman.

Selain itu, untuk menjawab kebutuhan generasi masa kini, BPK PENABUR Jakarta melanjutkan pembaruan dengan mengintegrasikan literasi digital pada setiap mata pelajaran di kelas.

“Kami juga menguji kecakapan literasi digital peserta didik lewat program Digital Quotient Test (DQ Test),” kata Antono.

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Dalam menjalankan proses belajar mengajar, BPK PENABUR Jakarta mengimplementasikan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

BPK PENABUR Jakarta juga melaksanakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat bagi seluruh warga BPK PENABUR Jakarta, baik di sekolah maupun sekretariat.

“Kami menyediakan video edukasi bertajuk 'Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Aktual BPK PENABUR Jakarta' yang dapat dipahami dengan mudah oleh orangtua dan peserta didik,” ujar Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta Kumalasari Onggobawono.

Kumalasari melanjutkan bahwa pada tahun pelajaran 2022-2023, BPK PENABUR Jakarta mulai menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar sesuai arahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Prestasi peserta didik SMPK PENABUR Jakarta pada OSN 2022. DOK. BPK PENABUR Jakarta Prestasi peserta didik SMPK PENABUR Jakarta pada OSN 2022.

Sebagai penyederhanaan Kurikulum 2013, kata Kumalasari, Kurikulum Merdeka Belajar tidak hanya berfokus pada pengembangan hard skills, tetapi juga soft skills peserta didik. Kurikulum ini juga menjadi solusi dari pemerintah dalam menghadapi learning loss akibat pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, BPK PENABUR Jakarta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar pada kategori Mandiri Belajar.

“Pengimplementasian kurikulum tersebut dilakukan dengan menggabungkan kurikulum yang sudah ada di sekolah dan beberapa prinsip dalam Kurikulum Merdeka Belajar,” tuturnya.

Salah satu ciri khas Kurikulum Merdeka Belajar, lanjut Kumalasari, adalah project-based learning. BPK PENABUR Jakarta sendiri telah menerapkan project-based learning dalam proses belajar mengajar sejak beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut dilakukan melalui proyek pembelajaran, baik secara kolaborasi antarmata pelajaran maupun proyek pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara mandiri.

“Sebagai contoh, pada sekolah yang menerapkan program entrepreneurship, proyek pembelajaran kolaborasi berbasis tema menjadi ciri khasnya,” kata Kumalasari.

Prestasi BPK PENABUR Jakarta

Kumalasari melanjutkan bahwa saat ini, lebih dari 30.000 peserta didik mengenyam pendidikan di 79 sekolah BPK PENABUR Jakarta yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Sejak 72 tahun lalu, BPK PENABUR Jakarta telah berkomitmen mendidik dan mengajar setiap peserta didik yang dipercayakan oleh orangtua dengan sepenuh hati serta bertanggung jawab.

Berbagai prestasi, baik akademik maupun nonakademik telah diraih. Bahkan, saat periode awal pandemiCovid-19, peserta didik BPK PENABUR Jakarta tetap mencatatkan prestasi.

“Pada periode Maret 2020 sampai Juni 2022, sebanyak 143 peserta didik BPK PENABUR Jakarta telah meraih prestasi terbaik di tingkat nasional dan internasional,” ujar Kumalasari.

Prestasi peserta didik SDK PENABUR Jakarta pada OSN 2022. DOK. BPK PENABUR Jakarta Prestasi peserta didik SDK PENABUR Jakarta pada OSN 2022.

Kemudian, pada tahun pelajaran 2022-2023, lanjut Kumalasari, peserta didik BPK PENABUR Jakarta kembali mencetak prestasi di ajang olimpiade bergengsi tingkat nasional dan internasional.

Sebanyak 19 peserta didik BPK PENABUR Jakarta meraih medali penghargaan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022, International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 2022, International Physics Olympiad ke-52 pada 2022, International Olympiad Tuymaada ke-29 2022, International Economics Olympiad (IEO) ke-5 2022, dan International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34 pada 2022.

Internalisasi nilai-nilai BPK PENABUR Jakarta

Selain membekali peserta didik untuk memiliki ilmu yang unggul, para pendidik BPK PENABUR Jakarta juga turut mendorong internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K) bagi peserta didik.

Pengurus dan Ketua PSB BPK PENABUR Jakarta Tahun Pelajaran 2023-2024 Dedy Budiman mengatakan bahwa PKBN2K diimplementasikan dalam setiap aktivitas, baik yang berbasis kelas, komunitas, maupun kultur.

Sebagai contoh, BPK PENABUR Jakarta mengimplementasikan budaya ToMaT, yakni Tolong, Maaf, Terima Kasih.

Selain itu, program Dare to Care yang diimplementasikan pada jenjang taman kanak-kanak (TK) juga bermanfaat menumbuhkan karakter sesuai kebutuhan setiap individu peserta didik.

Tak hanya mengembangkan pembelajaran unggul, lanjut Dedy, peserta didik di BPK PENABUR Jakarta pun dididik untuk belajar berbagi kepada sesama. Hal ini dilakukan dengan cara turut mengambil bagian dalam berbagai kegiatan pelayanan.

“Program yang dilakukan, misalnya, peserta didik menyisihkan sebagian uang sakunya untuk disalurkan bagi pendidikan anak-anak lain yang membutuhkan melalui program Sahabat Masa Depan atau pelayanan lain yang dikoordinasi oleh para pendidik,” ujar Dedy.

Dedy melanjutkan bahwa pada Agustus 2022, BPK PENABUR Jakarta membuka pendaftaran bagi peserta didik pada tahun pelajaran 2023-2024 mendatang.

Adapun launching program Penerimaan Siswa Baru (PSB) bertajuk “PENABUR X-Travaganza” dengan tagar #JadiLebihBaik itu diselenggarakan pada Sabtu (20/8/2022) pukul 08.00-10.00 WIB.

Acara tersebut akan diselenggarakan dan disiarkan langsung dari Sekolah Dasar Kristen (SDK) 1 PENABUR Kompleks Samanhudi melalui saluran YouTube BPK PENABUR Jakarta.

Dedy menjelaskan bahwa PENABUR X-Travaganza berarti pertunjukan luar biasa. Dalam hal ini, pihaknya ingin menyampaikan kepada masyarakat, khususnya orangtua calon siswa, bahwa BPK PENABUR Jakarta tidak sekadar memberikan pendidikan bermutu. Namun, juga menekankan peserta didik untuk #JadiLebihBaik dalam semua aspek, yakni Iman, Ilmu, dan Pelayanan.

“#JadiLebihBaik dalam Iman berarti peserta didik dibentuk untuk memiliki karakter unggul berdasarkan iman Kristen. #JadiLebihBaik dalam Ilmu lewat berbagai prestasi gemilang yang dicapai peserta didik hingga saat ini. #JadiLebihBaik dalam Pelayanan, mengajak peserta didik untuk mau melayani, dan dapat berdampak di masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Antono melanjutkan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan untuk memaksimalkan penerimaan calon peserta didik semata.

Namun, juga memberikan informasi selengkapnya kepada orangtua dan calon peserta didik mengenai pendidikan yang diberikan oleh BPK PENABUR Jakarta.

Menurutnya, BPK PENABUR Jakarta ingin orangtua dan calon peserta didik dapat memahami aspek Iman, Ilmu, dan Pelayanan yang menjadi payung bagi sistem pembelajaran di BPK PENABUR Jakarta.

“Selain itu, orangtua dan calon peserta didik juga harus mengetahui berbagai perubahan dan penyempurnaan yang dilakukan oleh BPK PENABUR Jakarta,” ujar Antono.

Sebagai informasi, gelaran PENABUR X-Travaganza akan mengadakan talk show yang menghadirkan Antono Yuwono, Dedy Budiman, alumni BPK PENABUR Jakarta Pendeta Yuswantori dan Celine Regina, serta perwakilan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari BPK PENABUR Jakarta, Sarnida.

BPK PENABUR Jakarta membuka pendaftaran bagi peserta didik pada tahun pelajaran 2023-2024. DOK. BPK PENABUR Jakarta BPK PENABUR Jakarta membuka pendaftaran bagi peserta didik pada tahun pelajaran 2023-2024.

Kegiatan tersebut semakin meriah dengan penampilan penyanyi lagu rohani Kristen Adi Chandra dan penampilan dari peserta didik TKK 1 PENABUR serta SDK 1 PENABUR.

Bagi yang ingin mendaftarkan anaknya di BPK PENABUR Jakarta, orangtua dapat mengunjungi laman https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.