Advertorial

Baik untuk Pencernaan Si Kecil, Berikut 3 Fakta tentang Susu Sapi A2

Kompas.com - 24/08/2022, 11:06 WIB

KOMPAS.com – Belum banyak yang tahu bahwa protein yang terkandung dalam susu sapi terdiri dari dua jenis, yakni A1 dan A2. Walaupun sama-sama protein, keduanya memiliki perbedaan yang bergantung pada genetik sapi. Sebab, kedua protein itu dihasilkan dari jenis sapi yang berbeda.

Jika ditarik sejarahnya, pada awalnya, hanya terdapat protein A2 dalam susu sapi. Namun, seiring berjalannya waktu, terjadi mutasi genetik pada sapi perah sehingga muncul protein A1. Terjadinya mutasi tersebut membuat produksi susu sapi jenis A1 semakin banyak.

Belakangan, susu sapi yang hanya mengandung protein A2 mulai banyak diteliti manfaatnya, terutama untuk kenyamanan pencernaan.

Namun selain ramah pencernaan, terdapat fakta lainnya tentang susu sapi A2 yang tak kalah penting. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih dalam terkait susu sapi A2.

  1. Hanya terdapat pada 30 persen sapi di dunia

Saat ini, protein A2 hanya terdapat pada sapi-sapi tertentu. Populasi jenis sapi tersebut terbilang sedikit, yakni hanya 30 persen dari total sapi di dunia. Biasanya, sapi yang menghasilkan susu A2 berasal dari bangsa Bos indicus.

Dilansir dari Disnakkewan NTB, sapi dari bangsa Bos indicus pada mulanya terdapat di India. Saat ini, jenis sapi tersebut sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia, utamanya di daerah beriklim tropis.

  1. Ramah untuk pencernaan Si Kecil

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu keutamaan dari susu sapi A2 adalah sifatnya yang baik untuk pencernaan anak.

Dalam ulasan bertajuk “Beta-casein Proteins and Infant Growth and Development” yang ditulis Michele J Sadler dan Nicholas Smith pada 2013, asam amino pada rantai ke-67 dari sapi A2 adalah proline.

Dengan jenis asam amino tersebut, tidak terdapat senyawa yang memicu inflamasi pada saat proses pemecahan protein. Oleh karena itu, susu A2 menjadi lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan gangguan pencernaan.

  1. Membantu pertumbuhan, perkembangan, dan sistem imun

Dilansir dari laman PPID IPB, Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Ronny Rachman Noor, MRurSc, mengatakan bahwa susu sapi A2 mengandung kalsium yang tinggi.

Seperti diketahui, kalsium merupakan nutrien yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perkembangan tulang dan gigi, terutama pada anak. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi susu sapi A2, Si Kecil akan mendapat tambahan asupan untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Selain itu, susu sapi A2 juga mengandung vitamin A yang tinggi. Pada tubuh, nutrien ini berperan sebagai antioksidan yang bisa memperkuat sistem imun.

Itulah fakta dan penjelasan keunggulan susu sapi A2. Seperti kelebihan yang telah diuraikan sebelumnya, susu tersebut dapat membantu mendukung tumbuh kembang anak lewat kandungannya.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.